5 Game Open World yang Bisa Dimainkan di PC Low End


Beberapa game open world ini ternyata mampu dimainkan di PC yang spesifikasinya sangat-sangat low end.

Game PC Open World

Bermain game di PC bisa dibilang seperti pisau bermata dua. Di satu sisi gamer bisa mendapatkan pengalaman yang sangat imersif sedangkan di sisi lain gamer bisa memainkan game itu dengan sangat tidak nyaman.

Jika memainkan game di PC, gamer harus membaca dengan jelas spesifikasi untuk game yang ditawarkan. Jika tidak jeli, kalian nanti bisa salah dan pada akhirnya game yang sudah kalian beli tidak bisa kalian mainkan dengan nyaman.

BACA JUGA: Spesifikasi Plants Vs Zombies: Battle for Neighborville Diumumkan

Salah satu genre game yang biasanya meminta spesifikasi berat adalah open world. Hal ini dikarenakan sistem bakal melakukan rendering yang cukup berat karena open world, pada umumnya memiliki map yang luas sehingga membutuhkan source yang kuat juga untuk sistem kalian.

Tapi tenang, sejauh ini ada beberapa game bergenre open world yang bisa kalian mainkan dengan nyaman di PC low end. Apa saja kira-kira? Berikut daftarnya!

Note: Low di sini benar-benar low karena mampu dimainkan di sebuah laptop yang bahkan menggunakan grafis bawaan prosesor contoh: Intel HD 3000.

Retro City Rampage DX

Retro City Rampage DX merupakan salah satu game open world yang cukup menarik untuk dimainkan. Ya, game ini bisa membawa kalian ke manapun dan melakukan apapun yang kalian suka. Di Steam, game yang dirilis pada tahun 2014 ini menyajikan banyak sekali misi menarik, fitur kustomisasi, dan gameplay yang solid.

Game ini memang masih diperkuat grafis 8-bit, tapi jika berbicara soal kualitas, Retro City Rampage DX menyajikan kualitas yang cukup dahsyat. Lebih dari 60 misi utama, 50 kendaraan yang bisa dibajak, serta 25 senjata yang bisa dimiliki ada di game ini.

game open world

Grand Theft Auto III

Salah satu game yang membawa nama Grand Theft Auto akhirnya disegani oleh para gamer. Ya, game ini membawa Grand Theft Auto ke level yang berbeda di mana sebelumnya, game ini digarap dengan sudut pandang dari atas.

Tapi di versi ketiga ini, Rockstar Games memilih untuk meluncurkannya dengan kamera 3 dimensi.  Di Steam, game ini mendapatkan review sangat positif dari 4.611 gamer. Untuk urusan gameplay dan cerita, Grand Theft Auto sangat luar biasa.

Game ini membutuhkan sistem yang sangat low end di mana gamer bisa memainkan game ini hanya dengan prosesor Pentium 3 dengan kartu grafis yang juga low end.

game open world

The Elder Scroll III: Morrowind

The Elder Scroll III: Morrowind merupakan salah satu game open world terbaik yang pernah dibuat. Game ini bisa dibilang punya kualitas yang hampir setara dengan Skyrim. Game ini menyajikan cerita serta peta dunia yang cukup luas untuk dieksplorasi.

BACA JUGA: 6 Peta Call of Duty Paling Ikonik yang Pernah Ada, Mana Pilihan Kalian?

Setidaknya, meskipun diperuntukan untuk PC low end, game ini menyajikan gameplay yang cukup panjang karena setidaknya ada 80 jam tambahan gameplay yang bisa dinikmati oleh gamer. Selain itu, Bethesda Games Studios selaku developer juga memberikan tambahan beberapa musuh untuk nantinya dikalahkan oleh gamer. Musuh baru tersebut meliputi, beruang, serigala, Lich Lords, Goblins, Ice Minions, dan Spriggans.

game open world

Fallout 3: Game of the Year Edition

Fallout 3 merupakan sebuah game fenomenal yang akhirnya berhasil mendapatkan penghargaan Game of the Year. Game ini menyajikan kebebasan bagi kalian yang suka menggunakan mod. Ada banyak sekali mod yang bisa kalian coba.

Selain itu, game ini punya gameplay yang cukup unik di mana kalian bisa menamatkan game ini tanpa harus membunuh musuh yang berkeliaran! Untuk versi Game of the Year Edition, Fallout 3 menambahkan sejumlah konten seperti, Operation: Anchorage, The Pitt, Broken Steel, Point Lookout, Mothership Zeta.

Meski tergolong masuk kategori sebagai game open world yang dahsyat, kenyataannya game ini masih bisa dimainkan di spek yang sangat-sangat low end.

game open world

Kingdom of Amalur: Reckoning

Game open world yang cukup keren di masa lalu. Ya, Kingdom of Amalur: Reckoning menyajikan jalan cerita yang benar-benar dahsyat. Di game ini kita bisa melakukan kustomisasi dengan jalan cerita yang benar-benar dahsyat.

Game ini juga menyajikan banyak wilayah untuk dieksplorasi dengan rataan 35 jam gameplay untuk menyelesaikan cerita utamanya saja. Meski tergolong sebagai game open world untuk PC low end, game ini tetap menyajikan kualitas visual yang sangat mumpuni loh.

game open world

Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.