Deretan 5 Game Kickstarter Terbaik yang Pernah Dibuat

Lewat Kickstarter mereka berhasil membuat game berkualitas yang laris manis di pasaran. Apa saja game itu?


game kickstarter terbaik
Vella (left) and Shay (right) are the main characters of Broken Age: Act I, a game funded through Kickstarter.

Kickstarter sudah ada dalam waktu yang sangat lama, mungkin sudah lebih dari satu dekade. Buat yang belum tahu, Kickstarter adalah perusahaan kepentingan publik dari Amerika yang berbasis di Brooklyn, New York. Kickstarter adalah platform crowdfunding atau pengumpulan dana yang berfokus pada kreativitas.

BACA JUGA: 5 Rahasia yang Menantang untuk Dibuka Pemain dalam Game

Kickstarter memiliki misi untuk membantu mewujudkan sebuah proyek kreatif yang dananya terbatas. Salah satu yang menggunakan Kickstarter adalah para developer indie yang pendanaannya tak begitu banyak. Lewat Kickstarter mereka berhasil membuat game berkualitas yang laris manis di pasaran.

Penasaran? Kira-kira apa saja game Kickstarter terbaik yang pernah dibuat? Kami telah mengumpulkan daftarnya! Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Divinity: Original Sin

Game yang satu ini mendapatkan penilaian yang cukup tinggi di Metacritic yaitu sekitar 87. Divinity; Original Sin adalah prekuel dari seri Divinity Series. Sang pencipta dari game ini yaitu Larian Studios menggunakan Kickstarter agar mendapatkan keuntungan besar. Ternyata benar, game ini mampu membuat para gamer tertarik memainkannya.

Hal yang membuat para gamer mengakui kualitas dari game ini adalah karena Divinity: Original Sin berhasil melakukan modernisasi terhadap genre RPG di game tersebut. Belum lagi adanya fitur single dan multiplayer yang membuatnya semakin seru.

Di tahun 2015 game ini mendapatkan patch sehingga game lebih sempurna dari sisi voice act. Kesuksesan Divinity: Original Sins berlanjut di mana Divinity: Original Sins 2 berhasil melampaui pendahulunya.

2. Hollow Knight

Salah satu game Metroidvania terbaik yang pernah dibuat. Game ini menyajikan dunia yang sangat luas untuk dieksplorasi ditambah dengan musuh yang susah untuk dilawan membuat mekanisme dari game ini makin sedap. Tapi yang paling menarik adalah visualisasi dari game ini jadi yang paling menarik untuk genre Metroidvania di masa sekarang.

BACA JUGA: Stage Awal Video Game Paling Menantang untuk Dilalui

Game ini juga diakui kualitasnya oleh para penggemar PC. Tapi yang membuatnya meledak adalah ketika game tersebut dirilis di Nintendo Switch. Satu lagi, yang suka dengan berbagai konten rahasia serta tantangan, kalian benar-benar harus memainkan Hollow Knight.

3. Pillars of Eternity

Obsidian Entertainment beberapa tahun lalu melakukan hal seperti yang dilakukan Larian Studios terkait Divinity. Apa itu? Ya, mereka mengembangkan sebuah game yang memiliki basis dari game lainnya. Terinspirasi dari Baldur Gate, Obsidian akhirnya membuat game RPG berjudul Pillars of Eternity.

Bermula dari studio kecil yang menggunakan Kickstarter, Obsidian sukses dengan Pillars of Eternity. Kualitasnya yang memang sangat baik akhirnya membawa Obsidian kepada nasib yang lebih baik. Betul, Microsoft mengamati studio itu kemudian tak lama setelah itu Microsoft mengakuisisi studio tersebut.

Di Metacritics, Pillars of Eternity mendapatkan rating 89 yang artinya sangat baik.

4. Shovel Knight

Salah satu game Kickstarter terbaik yang pernah dibuat. Game ini mendapatkan nilai 90 di Metacritics yang membuatnya sangat layak untuk dimainkan. Shovel Knight bisa dibilang menjadi salah satu ikon kesuksesan dari game indie. Shovel Knight dirilis pada tahun 2014 di PC, Wii U, PlayStation, dan 3DS. Kesuksesannya membuat banyak game indie yang memasukan cameo game tersebut.

Developer bernama Yacht Club Games harus diakui memang jenius dalam mengembangkan game tersebut. Game ini memiliki gameplay 2D side-scrolling dengan grafis 8-bit. Selain itu, developer juga memberikan konten tambahan yang bisa didapatkan gamer secara gratis. Salah satunya adalah co-op mode.

Berkat kualitasnya yang mumpuni dan juga berbagai fitur keren di dalamnya, game ini dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa karena dipuji oleh banyak kritikus dan reviewer besar.

5. Broken Age

Broken Age adalah game petualangan point and click yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio bernama Double Fine. Game ini dirilis untuk berbagai platform seperti PlayStation, Xbox, PC, dan Android. Sebagai sebuah game indie, sudah jelas bahwa Broken Age menggunakan Kickstarter untuk mengumpulkan modal.

Mereka mulai didanai oleh Kickstarter pada bulan Februari 2012. Bahkan pada awalnya, bujet yang dipatok hanyalah US$400.00. Tapi karena kekuatan kickstarter, game ini mendapatkan dana hingga US$3,45 juta yang tentunya menjadi dana yang sangat banyak.

Bahkan saat itu karena dana yang dikumpulkan sangat banyak dan singkat, Broken Age dianggap sebagai game dengan pendanaan publik terbanyak. Pembuatan game tersebut dicatat dan didokumentasikan lewat serial dokumenter episodic yang diproduksi oleh 2 Player Productions.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.