10 Game Eksklusif Nintendo Switch yang Wajib Kamu Miliki di Koleksimu


Dalam artikel ini kami akan memberikan 10 rekomendasi game eksklusif Nintendo Switch yang wajib kamu miliki di koleksimu.

10 Game Nintendo Switch

Salah satu daya tarik memiliki Nintendo Switch adalah game eksklusif yang bisa kamu temukan. Nintendo punya banyak IP atau seri original yang hanya dirilis di console Nintendo. Beberapa di antaranya juga cukup khas dia iconic mulai dari Mario sampai seri Fire Emblem. Tapi setelah empat tahun rilis, Nintendo Switch tentu punya cukup banyak game eksklusif yang bisa kamu beli. Pertanyaannya, game mana yang sebaiknya kamu miliki?

Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan 10 rekomendasi game eksklusif Nintendo Switch yang wajib kamu miliki di koleksimu.

1. Super Mario Odyssey

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-mario-odyssey

Tidak afdol rasanya jika kita membahas game Nintendo tanpa menyebutkan seri Mario. Nintendo Switch sendiri sebenarnya punya banyak game yang punya judul Mario. Tapi jika kamu mencari game platformer, maka Super Mario Odyssey adalah pilihanmu.

Super Mario Odyssey sekali lagi membawamu ke dunia platforming tiga dimensi. Kamu akan dibawa ke berbagai macam tempat mulai dari pantai, dasar laut, hingga kota metropolitan. Tugasmu tentu saja melewati berbagai rintangan di setiap level, serta mengumpulkan berbagai macam collectible tersembunyi. Selain itu, di game ini kamu juga punya teman baru berbentuk topi ajaib yang mengizinkanmu melakukan manuver platforming baru yang belum pernah ada sebelumnya.

2. The Legend of Zelda: Breath of The Wild

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-zelda-botw

The Legend of Zelda: Breath of The Wild adalah salah satu game pertama yang diperkenalkan di Nintendo Switch. Tidak seperti game seri Zelda pada umumnya, Breath of The Wild membawamu ke dunia yang benar-benar terbuka. Kamu tetap harus menemukan dan membasmi Ganondorf. Tapi jika sebelumnya linier, kali ini dunia terbuka untuk kamu jelajahi.

Kamu bebas melakukan apapun dan menjelajahi Hyrule sesuka hati. Ke manapun kamu pergi dan tempat apapun yang kamu kunjungi selalu memiliki hal baru, entah itu musuh, puzzle, atau hal menarik lain. Singkatnya, game ini memberikanmu pengalaman berpetualang tanpa batasan.

3. Animal Crossing: New Horizons

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-acnh

Untuk kamu yang mencari game yang santai dan tidak memberikanmu tuntutan apapun, Animal Crossing: New Horizons adalah pilihan terbaikmu. Game ini mengajakmu menghuni sebuah pulau bersama berbagai penghuni lain, dan hidup sebagai salah satu penduduknya. Kamu akan melakukan berbagai kegiatan harian seperti memancing, menanam bunga, dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Sekilas, Animal Crossing: New Horizons terlihat membosankan karena kamu tidak melakukan kegiatan yang signifikan. Tapi tujuan game ini memang bukan memberikanmu misi atau cerita, tetapi sebuah tempat untuk rileks dan melepaskan diri dari kepenatan dunia nyata. Animal Crossing: New Horizons berusaha memberikan pengalaman tersebut dengan membawamu ke sebuah pulau yang indah dan bisa kamu desain sendiri.

4. Super Smash Bros. Ultimate

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-smash-ultimate

Tentu saja Nintendo akan menghadirkan game Smash di console terpopulernya saat ini. Jika dibandingkan dengan pendahulunya di WiiU, Super Smash Bros. Ultimate terasa lebih cepat, tapi tidak terlalu cepat sehingga sulit diikuti terutama oleh pemain baru. Tidak hanya itu, game ini juga tetap punya berbagai mode permainan sehingga bisa dinikmati oleh pemain kompetitif maupun casual.

Satu hal yang membuat Super Smash Bros. Ultimate sedikit spesial adalah jumlah karakter yang dihadirkan. Game ini menghadirkan semua karakter yang pernah hadir di seri Smash. Selain itu game ini juga menghadirkan berbagai macam karakter yang baru pertama kali muncul di seri Smash. Kapan lagi kamu bisa melihat Sephiroth dari Final Fantasy VII berjibaku dengan Steve dari Minecraft di sebuah arena pertarungan Pokemon?

Baca juga: Super Smash Bros. Ultimate, Layak Beli atau Tidak?

5. Splatoon 2

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-splatoon-2

Seri Splatoon juga kembali di Nintendo Switch dengan sekuel terbarunya, yaitu Splatoon 2. Sekuel ini tetap punya ciri khas Splatoon, yaitu shooter di mana kamu adu tembak menggunakan pistol cat atau senjata lain yang mengeluarkan cat. Tidak hanya itu, game ini juga punya gaya visual yang sangat stylish, dan musik yang keren.

Splatoon 2 memberikan mekanisme dan pengalaman bermain yang kurang lebih mirip. Kamu bisa bermain secara kompetitif menghadapi pemain lain dan membuat karaktermu punya pakaian yang bergaya. Tapi jika kamu bukan pemain kompetitif, kamu bisa menikmati cerita single player yang membawakan kisah dan karakter baru.

6. Fire Emblem: Three Houses

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-fe3h

Seri Fire Emblem kembali hadir dengan judul baru di Nintendo Switch. Kali ini kamu akan menjadi seorang tentara bayaran yang kemudian diangkat menjadi seorang guru di sebuah akademi. Kamu harus memilih satu dari tiga kelas, masing-masing dipimpin oleh penerus kerajaan di wilayah besar. Sebagai guru, tugasmu adalah membimbing mereka di kelas serta di medan perang. Tapi sebagai penerus dari pemimpin kerajaan besar, ketiga ketua kelas di akademi ini ditakdirkan untuk bertikai.

Fire Emblem: Three Houses membawa pengalaman khas seri Fire Emblem, yaitu combat turn-based dengan sistem RPG berbasis kelas, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tapi yang membuat Fire Emblem: Three Houses berbeda dari game lain di genre yang sama adalah ceritanya yang penuh intrik dan karakter-karakternya yang sangat menarik.

Baca juga: Review Fire Emblem: Three Houses, Game Dengan Perpaduan Yang Sulit Dilupakan

7. Xenoblade Chronicles 2

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-xenoblade-2

Xenoblade Chronicles 2 membawa cerita yang benar-benar baru dan independen dari pendahulunya yang pertama kali rilis di Nintendo Wii. Kamu akan mengendalikan Rex, seorang penyelam dan pemburu harta karun yang secara tidak sengaja terlibat dalam perburuan sebuah pusaka. Menariknya, pusaka ini bukan hanya berbentuk senjata, tapi makhluk humanoid yang akan membantumu bertarung sepanjang perjalananmu.

Xenoblade Chronicles 2 membawa beberapa formula yang menjadi ciri khas seri Xenoblade. Tapi beberapa aspek penting seperti combat dan sistem upgrade karakternya juga sangat baru dan berbeda. Ini tentu memberikan pengalaman yang unik, apalagi mengingat Xenoblade Chronicles pertama juga mendapatkan remaster di Nintendo Switch belum lama ini.

8. Astral Chain

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-astral-chain

Hingga artikel ini rilis, Platinum Games mungkin belum merilis Bayonetta 3. Tapi sebagai gantinya, mereka merilis satu seri baru bernama Astral Chain. Meskipun punya mekanisme yang berbeda, game ini tetap memberikan pengalaman ala Platinum Games: action yang luwes dan sistem combat yang unik.

Di Astral Chain, kamu mengendalikan seorang polisi dari pasukan khusus di sebuah dunia futuristik. Tidak seperti polisi pada umumnya, kamu punya senjata unik yaitu mengendalikan makhluk hidup bernama Legion. Kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis Legion, masing-masing dengan kekuatan uniknya sendiri.

9. Ring Fit Adventure

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-RFA

Untuk kamu yang ingin menggunakan Nintendo Switch untuk berolahraga, kamu sebenarnya punya banyak opsi. Tapi dari semua opsi, Ring Fit Adventure adalah yang paling lengkap (sekaligus paling mahal). Alasannya adalah kamu harus menggunakan satu controller holder terpisah bernama Ring-Con untuk bisa bermain.

Ring Fit Adventure memadukan game RPG dengan olahraga. Layaknya game RPG, kamu akan berpetualang melalui sebuah area dengan berlari. Kamu juga akan bertemu musuh, dan caramu mengalahkan musuh-musuh ini adalah dengan melakukan berbagai gerakan senam lantai atau gerakan olahraga lainnya.

10. Bravely Default 2

game-eksklusif-nintendo-switch-terbaik-bravely-default-2

Terakhir adalah game yang sebenarnya baru akan rilis di bulan Februari 2021 nanti, tapi saya rasa layak direkomendasikan. Alasannya adalah game ini akan jadi pilihan utama untuk kamu yang suka JRPG klasik. Tapi meskipun berkiblat pada genre klasik, game ini tetap punya sentuhan unik terutama di sistem job dan combat-nya.

Bravely Default 2 dijanjikan akan memiliki sistem turn-based combat, tapi dengan satu aspek unik yaitu Bravely dan Default. Kedua aspek tersebut membuat perhitungan dalam combat jadi sedikit lebih berbeda dibanding JRPG klasik pada umumnya. Selain itu berbagai job dengan keunikan dan kekuatannya tersendiri juga membuat strategi combat di game ini jadi lebih unik.


Tentu saja, selain 10 game di atas Nintendo Switch punya banyak game eksklusif lain yang bisa kamu temukan. Jika daftar di atas tidak sesuai dengan seleramu, kunjungi Nintendo Switch eShop untuk mencari game yang kamu inginkan.


Kaoru

Hmmm...