Beberapa Game Keren yang Diundur Peluncurannya di 2020


Kabar mengejutkan di industri game di mana ada cukup banyak game yang diundur dengan waktu yang beragam. Bahkan ada yang sampai lima bulan!

diundur

Tahun 2020 harus diakui sebagai tahun yang cukup aneh di mana ada banyak sekali developer yang memundurkan jadwal game mereka. Memang hal ini cukup wajar karena game-game yang meluncur di tahun 2020 adalah game menarik. Kemungkinan diundurnya jadwal ini karena developer ingin memberikan yang terbaik untuk gamer agar tak dikritik parah dan akhirnya bisa bersaing dengan game-game lainnya.

BACA JUGA: Kualitasnya Teruji, Ini 5 Game Gratis Terbaik yang Ada di Steam – Part 2

Tapi sialnya, bukan hanya satu dua game saja namun mayoritas game keren di tahun 2020 diundur jadwalnya. Bahkan ada yang memundurkannya hingga lima bulan! Karena saking banyaknya, Gimbot bakal memberikan rincian mengenai beberapa game yang memundurkan jadwalnya di tahun 2020.

Berikut adalah rangkumannya.

Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 sejauh ini adalah game terakhir yang mengumumkan pengunduran jadwalnya di tahun 2020. Game ini bahkan memundurkan jadwalnya hingga lima bulan lamanya dari 16 April menjadi 17 September 2020. Tentu saja pengunduran jadwal ini menjadi salah satu yang cukup membuat gamer kecewa. Tapi CD Projekt Red selaku developer mengatakan dengan memundurkan jadwal ini, mereka menjanjikan jika game ini benar-benar lengkap dan bisa dimainkan dengan sempurna.

“Kami memindahkan peluncuran dari game ini ke 17 September 2020. Kami saat ini berada pada tahap di mana permainan selesai dan dapat dimainkan, tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan. Night City sangat besar – penuh dengan cerita, konten, dan tempat untuk dikunjungi, tetapi karena skala dan kerumitan dari semuanya, kita membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pengujian, perbaikan, dan pemolesan,”

Bahkan tak cuma itu, karena ambisi yang tinggi soal game ini, mereka lebih memilih untuk menunda peluncuran demi kesempurnaan semua konten dan produknya.

“Kami ingin Cyberpunk 2077 menjadi pencapaian puncak kami untuk generasi ini dan menunda peluncuran adalah harga yang harus dibayar untuk mencapai kesempurnaan,” tutur CD Projekt Red.

The Last of Us Part 2

Menjadi salah satu game legendaris yang meluncur di era console PlayStation 3, The Last of Us menjadi salah satu game yang cukup ditunggu sekuelnya. Akhirnya Naughty Dog meluncurkan pengumuman mengenai The Last of Us 2 yang disambut dengan suka cita.

Tapi sayangnya, game ini mengalami pengunduran jadwal yang semula meluncur pada 21 Februari menjadi 29 Mei. Game ini mundur tiga bulan di mana alasannya sama seperti Cyberpunk 2077 yakni untuk memolesnya agar lebih sempurna. Hal ini diumumkan oleh Direktur Kreatif The Last of Us 2, Neil Druckmann.

Final Fantasy VII Remake

Salah satu JRPG legendaris dan berkualitas di masa lalu. Ya, Final Fantasy VII Remake merupakan salah satu game yang paling ditunggu di tahun 2020. Berbeda dibandingkan pendahulunya, Final Fantasy VII Remake benar-benar dirombak total hingga gamer akan menemukan cita rasa gameplay kekinian dengan jalan cerita ikonik seperti di masa lalu.

Untungnya pengunduran jadwal rilis dari game ini tak begitu lama. Semula Square Enix meluncurkan game ini pada 3 Maret 2020. Namun kemudian diundur hingga 10 April 2020. Menurut Produser Yoshinori Kitase, game ini diundur karena Square Enix butuh waktu beberapa minggu untuk memoleskan game yang satu ini.

BACA JUGA: Wajib Dicoba! Inilah 5 Game Stealth Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC

Dari trailer yang sudah ditampilkan, game ini memang cukup luar biasa baik dari segi gameplay dan visualnya yang begitu hidup.

Marvel Avengers

Beberapa hari sebelum pengunduran jadwal rilis Final Fantasy VII Remake, Crystal Dynamics mengumumkan bahwa Marvel Avengers juga mengalami pengunduran jadwal rilis yang semula meluncur pada 15 Mei 2020 menjadi 4 September 2020.

Game superhero ambisius ini bakal diterbitkan oleh Square Enix. Entah apa alasan dari pengunduran jadwal ini. Yang jelas ketika pertama kali diumumkan, game ini mendapatkan banyak kritikan khususnya dari segi visual yang diklaim tak mencirikan sebagai game yang layak untuk console saat ini dan terlihat seperti game PlayStation 2.

Selain itu kritik juga datang terkait model karakternya yang tak serupa dengan wajah-wajah di Marvel Cinematic Universe.

Trio Ubisoft (Watch Dogs Legion, Rainbow Six: Quarantine, Skull and Bones)

Banyaknya kritik serta kegagalan untuk game Ghost Recon Breakpoint membuat Ubisoft seperti berpikir untuk takut gagal. Ya, Breakpoint mendapatkan kritik negatif dari kritikus dan juga gamer yang menjadikannya salah satu game paling mengecewakan di tahun 2019.

Tak mau terulang, beberapa minggu setelah kegagalan Breakpoint memukau gamer, Ubisoft langsung mengambil langkah serius dengan memundurkan tiga game mereka yang bakal rilis 2020 yaitu Watch Dogs: Legion, Rainbow Six: Quarantine, dan Skull and Bones.

Watch Dogs: Legion bakal dimundurkan dalam waktu yang belum ditentukan. Awalnya game ini bakal dimundurkan ke Oktober 2020 namun kemudian Ubisoft merevisinya bahkan menurutnya bisa saja game ini mundur hingga 2021.

Untuk Rainbow Six Quarantine sendiri, game ini bakal diundur lebih dari bulan April tentunya. Rainbow Six: Quarantine dimundurkan demi membuat pengalaman optimal bagi gamer menurut Presiden dari Ubisoft, Yves Guillemot.

Terakhir adalah penundaan Skull and Bones yang juga tidak diketahui sampai kapan. Yang jelas, Skull and Bones telah dimundurkan satu tahun padahal game ini dijadwalkan bakal rilis pada tahun 2018. Namun game ini tak kunjung dirilis hingga 2019 berakhir dan justru bakal rilis ke tahun 2020 namun dengan tanggal yang belum jelas.

Namun jangan harapkan game ini meluncur lebih cepat dari 1 April 2020.

DOOM Eternal

Game first person shooter paling revolusioner di industri gaming. Ya, DOOM Eternal telah mengalami beberapa kali penundaan yang terakhir adalah game ini bakal dirilis pada 22 November 2019. Tapi sayangnya, id Software selaku developer mengumumkan pengunduran game ini satu bulan sebelum game ini dirilis.

Ya, DOOM Eternal bakal diundur hingga 20 Maret 2020. Semoga game ini tetap konsisten dan tidak ada pengunduran lagi tentunya.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.