Wajib Dicoba! Inilah 5 Game Stealth Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC


Stealth menjadi mekanisme yang cukup menjanjikan ketika digarap dengan sempurna. Beberapa game telah membuktikan diri menjadi game stealth terbaik yang pernah diracik.

Game Stealth PC Terbaik

Stealth sejatinya merupakan sebuah mekanisme yang cukup unik di industri game. Mekanisme ini memungkinkan kita untuk bergerak secara diam-diam demi menghindari berhadapan dengan musuh secara langsung. Mekanisme ini disempurnakan hingga akhirnya muncul istilah Stealth Kill atau membunuh lawan secara diam-diam.

BACA JUGA: Game Horor Klasik yang Terkenal Paling Menyeramkan di PlayStation 2!

Tanpa terlihat musuh dan tanpa ketahuan, Gimbot bisa katakan bahwa stealth adalah sebuah seni. Kita harus memikirkan banyak opsi untuk mengeksekusinya dengan mulus sehingga bermain stealth memiliki sensasi tersendiri bagi kita.

Di PC, ada beberapa game dengan mekanisme stealth yang cukup sempurna untuk dimainkan. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya.

Mark of the Ninja

Klei Entertainment harus diakui sebagai sebuah developer yang cukup cerdas dalam mengembangkan Mark of the Ninja. Ya, ini merupakan game stealth yang digarap dengan sangat bagus meskipun hanya berbentuk platformer 2D. Tapi untuk sensasi stealth, Mark of the Ninja adalah juaranya.

Di game ini penerangan, suara, dan tempat bersembunyi menjadi elemen utama yang sangat penting. Hal ini dikarenakan karena untuk menghajar musuh, kalian harus melihat bayangan target sebelum mengeksekusinya. Terdapat cukup banyak senjata yang bisa membantumu untuk mengeksekusi seperti pisau dan bom asap misalnya.

Uniknya, dalam membunuh lawan, kalian hanya butuh tiga hingga empat combo saja. Hal ini bisa dilakukan berulang kali nantinya. Membunuh lawan yang sama? Tak masalah selama kalian tidak ketahuan.

Menggunakan visual 2D juga menjadikan kalian harus berpikir seakurat mungkin untuk bisa mengeksekusi teknik stealth. Harus diakui juga bahwa Mark of the Ninja merupakan salah satu yang terbaik terkait game stealth 2D yang ada di PC.

Hal ini dibuktikan dengan diberikannya nilai sempurna oleh Destructoid, Giant Bomb, dan Hyper Magazine. Selain itu dari 11 ribu gamer di Steam memberikan catatan super positif terkait game ini.

Beli Mark of the Ninja di Sini

Alien: Isolation

Alien Isolation harus diakui merupakan salah satu game horor terbaik yang pernah ada. Bahkan game ini juga dianggap sebagai salah satu game terbaik di tahun 2014. Lantas apa yang membuat game ini begitu keren khususnya di PC? Jawabannya karena elemen stealth yang diberikan cukup dahsyat.

Ya, di game ini kalian harus mengendap-endap dan jangan sampai menarik perhatian Xenomorph. Karena jika ketahuan, Xenomorph bisa mem membunuh kalian dengan mudah. Alien: Isolation harus diakui mampu menciptakan kengerian murni dengan mekanisme-nya ini.

BACA JUGA: 5 Penjahat Paling Jahat di Seluruh Seri Assassin’s Creed

Yang lebih susah adalah semua gerak dan langkah Xenomorph sama sekali tidak bisa diprediksikan karena polanya selalu berubah. Lantas bagaimana caranya mengeksekusi aksi stealth dengan baik? Caranya adalah dengan memperhatikan sebuah radar yang menandakan firasat kalian.

Di game ini, suara bising adalah salah satu hal mengerikan. Kenapa? Berlari bisa membuat Xenomorph menangkap kalian bahkan membuat ekornya menembus perut sang karakter utama!

Beli Alien: Isolation di Sini

Hitman

Bukan rahasia lagi jika Hitman adalah salah satu game stealth terbaik yang pernah ada. Ya, game ini menceritakan soal perjalanan seorang pembunuh bernama Agen 47. Dia merupakan agen khusus yang tugasnya hanya satu yaitu membunuh setiap targetnya dengan cara apapun.

Ketika Square Enix meluncurkan game ini dalam format episodic, banyak yang menyambutnya dengan tangan terbuka. Enam episode dari game ini sangat luar biasa bahkan di dalamnya, ada seabrek tantangan yang siap menyambut gamer. Di tahun 2016, Hitman menjadi salah satu game terbaik.

Hitman menawarkan sejumlah hal luar biasa termasuk salah satunya adalah kombinasi menantang untuk mengeksekusi pembunuhan. Dalam aksinya, ada beberapa perintah yang cukup unik misalnya saja membunuh koki dengan wajan sambil mengenakan pakaian pesulap selama lima menit tanpa ketahuan.

Tantangan-tantangan aneh seperti ini bakal kalian sering jumpai di game Hitman. Namun tantangan ini bersifat opsional karena sejatinya, tak ada batasan seperti apa di dalam Hitman dalam mengeksekusi lawan. Semua bebas! Itulah yang membuat Hitman begitu ikonik dan menjadi salah satu yang terbaik di PC sebagai game stealth.

Beli Hitman di Sini

Splinter Cell: Chaos Theory

Splinter Cell merupakan sebuah game yang selalu mengandalkan pencahayaan dan suara. Kedua hal tersebut dieksekusi semaksimal mungkin di Splinter Cell: Chaos Theory yang membuatnya menjadi salah satu game stealth terbaik di PC. Bahkan pada masanya, Splinter Cell: Chaos Theory dianggap sebagai salah satu game stealth yang paling inovatif.

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengeksekusi musuh, mulai dari mengambil informasi dengan menodong lawan, menariknya dari setiap sudut gelap, hingga bergelantungan di atas plafon untuk mematangkan leher mereka.

Suasana stealth di game ini diperkuat dengan kacamata infra merah yang membuat ciri khas tersendiri buat sang karakter utama, Sam Fisher. Dengan kacamata khusus ini, kalian bisa beraksi maksimal di ruangan yang sangat gelap sekalipun.

Di game ini yang cukup menyita perhatian adalah di mana gamer bisa bermain co-op bersama teman. Bahkan beberapa tindakan stealth bisa dilakukan secara bersamaan dengan teman kalian yang membuatnya begitu realistis.

Beli Splinter Cell: Chaos Theory di Sini

Dishonored

Dishonored merupakan sebuah game aksi petualangan yang menjadikan stealth sebagai daya tarik utama. Game ini dikembangkan oleh Arkane Studios dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks. Game ini mengambil kota industri fiksi yaitu Dunwall yang dilanda sebuah wabah.

Selain unsur stealth-nya yang begitu memukau, Dishonored juga punya kualitas yang mumpuni dari segi cerita di mana gamer menjadi seorang bernama Corvo Attano yang ingin melakukan balas dendam kepada orang yang ingin menggulingkannya di masa lalu.

Selain ceritanya digarap dengan serius, misi di Dishonored juga menjadi daya tarik utama di mana hampir mayoritas misi membuat kalian harus melakukan pilihan. Cara untuk menyelesaikan misi cukup luas di mana gamer bisa bermain stealth tanpa batas atau bermain frontal untuk menghancurkan musuh. Meskipun Corvo ingin membalas dendam, namun ada pilihan di mana gamer bisa melumpuhkan lawan tanpa mematikannya.

Kota bernama Dunwall sendiri diilhami oleh London dan Edinburgh akhir abad ke-19 yang membuat kota ini memang memiliki sentuhan klasik seperti dua kota di atas. Dishonored mendapatkan ulasan positif dari berbagai pihak dan menjadi salah satu game stealth terbaik yang pernah diproduksi.

Beli Dishonored di Sini


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.