Test Kesabaran! Ini 5 Puzzle Paling Menantang di Video Game

Beberapa video game dengan puzzle ini cukup bikin kalian kerepotan dan butuh kesabaran ekstra.


Game dengan Puzzle Menantang

Puzzle merupakan salah satu bagian yang cukup berpengaruh dalam perjalanan video game dari masa ke masa. Beberapa game bahkan sangat bergantung dengan puzzle yang ada untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pemainnya. Di masa lalu, puzzle dalam game digarap dengan luar biasa bahkan kesulitannya terkesan tak manusiawi.

BACA JUGA: 5 Fakta Menarik dari Joel The Last of Us yang Perlu Kamu Tahu

Gamer dipaksa berpikir keras demi menyelesaikan puzzle-puzzle yang tersedia. Namun kini, mekanisme puzzle mengalami degradasi yang cukup terasa di mana di era teknologi sudah sangat luar biasa dan para developer lebih memfokuskan diri dengan visual dan cerita dibandingkan menggarap puzzle yang sulit seperti dulu.

Bicara mengenai puzzle, dalam industri game setidaknya ada beberapa puzzle yang sangat memorable dalam video game. Puzzle ini memberikan tantangan ekstra bagi gamer untuk menyelesaikannya. Kami sudah mengumpulkan setidaknya lima daftar puzzle paling menantang di video game. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya.

1. Water Temple Puzzle – The Legend of Zelda: Ocarina Time

puzzle

Buat para penggemar The Legend of Zelda, kalian pasti ingat salah satu stage yang cukup memorable bernama Water Temple. Di sini kalian akan berhadapan dengan tantangan serius mulai dari musuhnya sampai kepada puzzle-nya yang sulit. Bahkan ada beberapa bagian Water Temple yang berbahaya untuk dilewati.

Menurut para penggemar, hampir keseluruhan bagian dari Water Temple adalah puzzle. Lantas apa saja kesulitan yang membuat kalian repot untuk melintasi Water Temple? Pertama, di sini kalian harus pandai untuk menaikan atau menurunkan ketinggian air untuk mencapai berbagai area yang ada. Yang kedua, kalian harus menghindari tekanan di dalam air plus pada satu titik wajib menggunakan Iron Boots agar tidak mengambang ke permukaan.

Selain itu, di wilayah ini kalian akan minim mendapatkan pemberitahuan sehingga berpotensi mengalami kebingungan dengan apa yang harus dilakukan. Karena banyak yang mengeluh, sutradara dan desainer permainan, Eiji Aonuma menyatakan permintaan maaf secara publik tahun 2009.

Akhirnya, The Legend of Zelda: Ocarina Time mendapatkan update untuk versi 3DS di mana update ini membuat Water Temple lebih mudah untuk diselesaikan.

2. Test Chamber 18 – Portal

puzzle

Portal merupakan salah satu game Valve yang cukup sukses. Di sini gamer akan berpetualang sambil menghadapi berbagai tantangan yang ada. Untuk membuat permainan semakin meriah, Valve memberikan beberapa puzzle. Tapi, tidak semua puzzle ramah terhadap gamer karena ada satu puzzle di Test Chamber 18 yang bakal membuat kalian kesal dan frustrasi.

Beberapa gamer yang memainkan Portal mengatakan jika bisa menyelesaikan Test Chamber 18, maka kalian sudah menguasai tiap-tiap mekanisme di game ini. Test Chamber 18 mengharuskan kalian punya pemikiran visioner, cekatan, plus punya akurasi yang baik. Di sini gamer harus mencapai titik-titik tertentu dengan syarat harus mendapatkan beberapa kubus.

BACA JUGA: 5 Fitur PlayStation 4 yang Wajib Hadir di PlayStation 5

Untuk mendapatkan kubus itu, gamer harus punya akurasi yang baik agar kubus tersebut bisa menahan sebuah tombol yang memunculkan beberapa platform. Setelah itu, kalian tinggal naik ke beberapa platform dengan cepat, membuat portal baru dengan timing yang pas, dan melakukan lompatan terakhir untuk sampai ke tujuan akhir.

Di sini, mayoritas gamer akan gembira setelah menyelesaikannya karena tantangan yang begitu berat.

3. Hand of Midas – Tomb Raider

Puzzle yang sebenarnya simpel namun akan jadi susah dan buat pusing jika kalian tidak mengerti maksudnya. Biasanya dalam sebuah puzzle di video game, kalian bakal dipaksa untuk menginjak sesuatu benda atau apapun yang nantinya akan membuka sebuah jalan baru. Namun Palace Midas di Tomb Raider 1, itu semua tidak berlaku.

Game platformer aksi yang satu ini justru tidak memperbolehkan gamer menyentuh tangan patung Midas yang bisa mengubah segalanya jadi emas. Menginjak tangan tersebut, kalian mati. Namun mayoritas gamer pasti akan lompat ke tangan tersebut dengan anggapan tangan tersebut akan jadi tumpuan untuk melompat ke platform selanjutnya.

Padahal, kita hanya perlu mengubah beberapa barang yang kita miliki untuk menjadi emas. Setelah itu kita hanya harus mencari platform lain dan melanjutkan perjalanan. Intinya adalah tidak pernah menyentuh tangan sang Midas. Banyak yang tertipu dengan puzzle sederhana ini dan karena ikonik di masa lalu, puzzle ini dihadirkan kembali di Tomb Raider Anniversary.

4. The Piano Puzzle – Silent Hill

The Piano Puzzle

Silent Hill merupakan sebuah game horor yang mampu memberikan pengalaman luar biasa kepada gamer di masa lalu. Selain karena visual, cerita, dan juga mekanisme permainannya, Silent Hill diingat oleh gamer karena menghadirkan berbagai puzzle yang bikin pusing kepala. Salah satu yang cukup merepotkan adalah Piano Puzzle.

Di sini gamer harus memainkan nada yang membuat kalian akan mendapatkan sebuah medali perak. Namun sayangnya, kalian tidak akan paham tuts apa yang harus ditekan untuk menjadi rangkaian nada. Mencobanya sendiri tentu akan membuat gamer frustrasi.

Lantas jawabannya ada di mana? Jawabannya ada di dalam sebuah puisi. Puisi itu menceritakan soal burung-burung yang berwarna hitam dan putih seperti tuts pada piano. Di sini kalian tinggal melihat urutan burung dalam puisi itu dan diaplikasikan kepada tuts piano mana yang nantinya ditekan.

Banyak yang bingung dengan puzzle ini sehingga akhirnya mereka pada menyerah dan kemudian mencari jawaban atas puzzle ini di Internet.

5. The Hidden Ending – Braid

puzzle

Puzzle yang baik adalah yang jawabannya sangat tersembunyi dan Braid berhasil melakukan hal tersebut. Bahkan banyak gamer yang memainkan Braid tidak sadar dengan puzzle The Hidden Ending. Untuk membuka puzzle ini kalian harus mengumpulkan delapan bintang tersembunyi yang ada di dalam game ini.

Mungkin ini terdengar sederhana, namun untuk mendapatkannya betul-betul bikin pusing. Beberapa dari bintang ini pasalnya berada tersembunyi di luar layar. Dua diantaranya harus dikumpulkan secara berurutan, dan yang lainnya bisa didapatkan jika kalian bersabar mencarinya.

Tentu saja untuk melakukan ini kalian bisa-bisa melakukannya lebih dari satu playthrough saja. Karena jika terlewat salah satu, kalian harus mengulangnya dari awal.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.