5 Fitur PlayStation 4 yang Wajib Hadir di PlayStation 5

PlayStation 4 memiliki sejumlah fitur solid yang diharapkan tetap ada di Playtation 5. Lantas apa saja fiturt-fitur tersebut?


Fitur Diharapkan Ada di PS 5

Kehadiran PlayStation 5 sangat dinantikan oleh para gamer karena menurut Sony sendiri, PlayStation 5 adalah salah satu loncatan terbesar yang ada di industri gaming. Salah satu fitur ciamiknya adalah SSD Custom yang punya kecepatan melebihi SSD pada PC saat ini. Selain itu, PlayStation 5 juga punya fitur  Real-time Ray Tracing yang membuat visual tampak lebih dahsyat.

BACA JUGA: Game Bertema Samurai untuk Menemani Penantianmu akan Ghost of Tsushima

Meski punya lompatan besar, namun Sony sendiri tak akan bisa meninggalkan beberapa fitur dahsyat PlayStation 4 yang ada saat ini. Bagaimanapun, Kehadiran PlayStation 4 di tahun 2014 juga merupakan salah satu lompatan besar yang ada di industri game. PlayStation 4 memiliki fitur yang mampu bertahan selama bertahun-tahun bahkan sangat cocok diaplikasikan di PlayStation 5.

Lantas kira-kira apa saja lima fitur dahsyat di PlayStation 4 yang wajib ada di PlayStation 5? Berikut ulasannya!

1. Rest Mode

Rest Mode

Rest Mode atau mode istirahat adalah mode yang masih kurang dipahami oleh banyak orang. Mode ini adalah mode yang memungkinkan PlayStation 4 kalian tetap bekerja dengan watt yang sangat kecil. Dengan watt kecil ini, PlayStation 4 masih beroperasi secara pasif di mana tidak bisa menampilkan gambar atau dimainkan. Lantas apa fungsinya? Rest Mode digunakan ketika kalian ingin mengunduh file berukuran besar.

Dengan begini, PlayStation 4 tak perlu dinyalakan terus-terusan karena akan menyebabkan overheat. Untuk menjaganya tetap aman namun download bisa tetap jalan, Rest Mode adalah solusinya. Fitur ini juga memungkinkan kalian yang ingin pergi sebentar namun tak ingin meninggalkan progress di dalam game.

Fitur ini wajib hadir di PlayStation 5 karena merupakan fitur yang penting khususnya untuk gamer yang tinggal di negara berkembang dengan kecepatan internet terbatas.

2. Family Setting dan Kontrol Orang Tua

PlayStation 4

Buat yang punya anak di bawah umur, fitur ini sangat penting karena kalian sebagai orang tua bisa mengontrol putra putri kalian secara online agar tidak mengakses konten atau game-game dewasa. Kalian juga bisa mengatur gameplay per harinya pada akun si anak. Selain itu kalian sebagai orang tua juga bisa mengontrol konten yang bisa diakses anak di Playstation Store!

BACA JUGA: Game Terbaik Steam Summer Sale di Bawah Rp90 Ribuan

Dengan begini, kalian akan sangat aman untuk mengontrol putra-putri yang masih di bawah umur agar tidak sembarangan mengakses konten. Fitur ini sangat futuristik dan wajib dipertahankan di era PlayStation 5 bahkan jika memungkinkan bisa ditambah fiturnya agar semakin ketat supaya para orang tua bisa menjaga anaknya dengan baik.

3. Remote Play

Cara Memainkan Playstation 4 dari iPhone dan iPad Melalui Remote Play - Featured

Fitur yang satu ini adalah fitur dahsyat di mana gamer bisa tetap memainkan PlayStation 4 meski di smartphone, PC, atau laptop. Untuk mengaksesnya, gamer harus memiliki aplikasi khusus yang ditautkan dengan PlayStation 4 kalian. Kerennya, meski dari PC, laptop, atau smartphone, kalian tetap bisa menggunakan Dualshock 4.

Satu-satunya kekurangan dari Remote Play di era PlayStation 4 adalah latensinya yang tergolong tinggi. Mungkin Sony bisa memperbaiki soal latensi ini agar nyaman digunakan. Membenahi Remote Play akan jadi salah satu yang paling ditunggu oleh saya. Karena sejatinya, fitur ini sudah cukup solid dan harus dipertahankan di era PlayStation 5.

4. Share Play yang Lebih Efisien

PlayStation 4

Share Play dan Share Moment adalah dua fitur berbeda di mana Share Play merupakan sharing yang digunakan untuk bermain game jika rekan kalian tidak punya game yang ingin dimainkan. Fitur yang satu ini juga memberikan keleluasaan untuk melakukan local multiplayer dan melakukan co-op dengan kalian sebagai player 2.

Sedangkan Share Moment adalah melakukan sharing screenshot atau video gameplay langsung melalui PlayStation 4 kalian. Dengan begini, gamer bisa memberikan gambaran indah mengenai game yang sedang dimainkan dengan menekan beberapa tombol saja. Fitur ini sudah cukup solid sehingga harus dipertahankan di era PlayStation 5 bahkan jika bisa semakin disederhanakan pengaplikasiannya.

5. Entertaining Mode

Salah satu fitur yang cukup diminati. Ya, meskipun sejatinya untuk gaming namun PlayStation 4 juga bisa digunakan untuk melakukan kegiatan lain seperti menonton Netflix atau mendengarkan lagu melalui Spotify. Harapannya, fitur Entertaining Mode tetap dimasukan di era PlayStation 5 bahkan jika bisa ditambahkan dengan beberapa aplikasi Entertaining yang juga menarik.

Dengan begitu, hardware ciamik yang ada di PlayStation 5 menjadi tidak mubazir karena bisa digunakan untuk melakukan kegiatan hal menyenangkan lainnya selain gaming.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.