5 Game Bertema Cyberpunk yang Lebih Baik dari Cyberpunk 2077


Siapa bilang Cyberpunk 2077 adalah game bertema Cyberpunk terbaik? Kenyataannya ada beberapa game serupa yang punya kualitas di atasnya.

game bertema cyberpunk

Cyberpunk 2077 sesuai dengan prediksi kebanyakan gamer berhasil menjadi game yang sangat fenomenal ketika dirilis. CD Projekt Red selaku developer berhasil mendapatkan lonjakan pre-order hingga angka delapan juta copy. Game ini pun sukses balik modal di hari pertama perilisan.

Kehebohan semakin panjang dikarenakan game ini disebut kurang optimal untuk console last gen (PlayStation 4 dan Xbox One) yang menyebabkan berbagai masalah teknis mulai dari bug tak berkesudahan hingga blue screen yang terparah.

BACA JUGA: 5 Fitur Console yang Jarang Sekali Digunakan Gamer

Tapi di luar itu semua, banyak yang menganggap game ini sukses menghadirkan pengalaman bertema Cyberpunk yang cukup luar biasa. Tapi jika kalian menganggap game ini adalah game bertema Cyberpunk terbaik yang pernah hadir, kalian perlu referensi tambahan.

Di samping Cyberpunk 2077 ada sejumlah game yang punya tema Cyberpunk terbaik yang bisa kalian jajal. Bahkan menurut beberapa gamer kualitasnya di atas dari Cyberpunk 2077. Penasaran apa saja game-nya? Berikut ulasannya!

1. Deus Ex: Mankind Divided

Deus Ex: Mankind Divided adalah salah satu game bertema Cyberpunk terbaik yang bisa kalian coba. Bahkan kualitasnya disebut melampaui Cyberpunk 2077. Dari sisi gameplay, memang apa yang dihadirkan di Deus Ex: Mankind Divided memang hadir juga di Cyberpunk 2077.

Namun apa yang dihadirkan oleh Mankind Divided jauh lebih solid. Game ini memiliki sistem percakapan yang lebih baik, sistem peretasan yang lebih baik, dan kemampuan yang diberikan kepada protagonisnya juga lebih baik.

Selain itu level design yang dihadirkan oleh Mankind Divided juga lebih solid dan beragam dari Cyberpunk 2077.

2. Watch Dogs Legion

Salah satu game open world action terbaik yang pernah dibuat. Ya, Watch Dogs Legion adalah seri baru dari Watch Dogs di mana kalian akan bermain di Inggris era distopia di mana situasi yang ada di sana sedang kacau balau. Dari segi tema, memang Watch Dogs Legion tidak terlalu Cyberpunk, namun game ini bisa menjadi pengantar yang baik dari era biasa ke era Cyberpunk.

Di sini gamer bisa melakukan hacking secara bebas mulai dari kendaraan hingga fasilitas pelayanan publik. Selain itu, di dalam game ini kalian akan banyak berhadapan dengan sebuah senjata tanpa awak yang berbahaya.

BACA JUGA: 5 Daftar Kultus Paling Jahat dan Mengerikan yang ada di Video Game

Ubisoft juga memperluas varian skill serta senjata yang ada di Watch Dogs Legion sehingga terlihat sangat modern dari seri-seri sebelumnya. Selain itu dari sisi kendaraan, ada beberapa kendaraan super modern yang dihadirkan di game ini yang menggambarkan sedikit ciri dari tema Cyberpunk.

3. Invisible, Inc

Invisible, Inc adalah sebuah game yang menawarkan permainan stealth dengan cita rasa XCOM Firaxis yang kental. Jika kalian suka stealth dan XCOM, maka game ini bisa menjadi alternatif kalian menjajal game bertema Cyberpunk selain Cyberpunk 2077.

Game ini disebut sebagai salah satu game taktis terbaik dalam satu dekade terakhir. Game Invisible, Inc menarik karena game ini memiliki level yang dibuat secara acak dengan masing-masing tantangan berbeda.

Yang jelas, Invisible, Inc benar-benar membuat kalian berasa seperti menjadi seorang kriminal yang melakukan kejahatan lewat cara meretas.

4. Ghostrunner

Ghostrunner adalah game pendatang baru yang membawa tema Cyberpunk dengan cukup baik. Jika kalian ragu dengan game yang satu ini, kalian harus tahu bahwa Ghostrunner dipuji para kritikus sebagai salah satu suguhan menarik yang muncul di tahun 2020. Menurut God is a Geek, game ini menawarkan garis cerita yang solid, presisi gameplay yang menarik, dan dunia yang indah untuk dijelajahi.

Buat yang belum tahu, game ini adalah game aksi dengan gaya gameplay yang cepat dengan tema Cyberpunk yang suram. Di sini gamer diplot sebagai seorang petarung berpedang yang sangat lihai mengalahkan lawan.

Dalam petualangannya, ada berbagai skill menarik yang bisa digunakan untuk memenangi pertarungan dengan musuh. Selain itu, Ghostrunner punya mekanisme one hit kill yang semakin mendukung permainan cepat kalian nantinya.

5. Shadowrun Returns

Salah satu game bertema Cyberpunk yang cukup legendaris. Ya, game ini merupakan adaptasi dari buku table-top RPG yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1989. Sejak saat itu RPG ini sudah dibuat ke dalam game berkali-kali mulai dari era Super Nintendo, Genesis, Xbox 360, dan yang terakhir, di PC.

Yang membuat game ini menarik adalah temanya yang menggabungkan tema fantasy science dan sihir yang hidup saling berdampingan. Di samping itu, game ini juga memasukan elemen konspirasi, horor, dan detektif di dalamnya.

Dari sisi mekanisme permainan, game ini cukup unik karena memiliki gameplay point of click yang khas dengan game-game retro meski memang pada dasarnya Shadowrun adalah game retro sih. Game ini punya beberapa spin-off misalnya Shadowrun Dragonfall, dan Shadowrun Hong Kong. Jika kamu penggemar game taktis seperti XCOM, maka kamu akan cocok memainkan Shadowrun Returns.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.