Developer Game Jepang dan Amerika Bersatu Ciptakan Pameran Game Baru

Tak mau kalah dari pandemi, perusahaan-perusahaan ini menggelar pameran sendiri yang lebih fokus pada industri game level akar rumput.


Kalau kamu rajin mengikuti dan membaca berita seputar game di Gimbot tentunya kamu sudah tahu kalau belakangan ini banyak acara pameran besar yang terpaksa batal akibat pandemi COVID-19. Termasuk di antaranya yaitu E3 2020 di Amerika, TGS 2020 di Jepang, serta Gamescom 2020 di Jerman. Masih ada berbagai pameran lain, tapi rasanya tiga pameran ini adalah yang paling ditunggu.

Sebagian pameran tersebut diundur sampai tahun 2021, tapi ada juga yang kemudian dikonversi menjadi acara online. Kini rupanya muncul acara pameran baru yang merupakan hasil kolaborasi dari sejumlah developer dari Jepang dan Amerika. Pameran ini berjudul New Game+ Expo (NGPX), akan digelar secara online pada tanggal 23 Juni 2020.

Game terbaru WayForward, Shantae and the Seven Sirens | Sumber: WayForward

“New Game+ Expo adalah koalisi akar rumput para publisher dan developer,” ujar Adam Johnson, produser NGPX, dilansir dari All Games Delta. “Berkumpul bersama untuk pertama kalinya, kami berharap para penggemar bisa bergembira seiring kita menengok gabungan dari jajaran game untuk tahun 2020 ke depan!”

Ada 14 perusahaan game yang telah dikonfirmasi akan hadir dalam NGPX, yaitu:

  1. acttil
  2. Aksys Games
  3. Arc System Works America
  4. GungHo America
  5. Idea Factory International
  6. Inti Creates
  7. Koei Tecmo America
  8. Natsume
  9. NIS America
  10. Playism
  11. Sega of America
  12. SNK Corporation
  13. Spike Chunsoft
  14. WayForward
Sumber: NGPX

NGPX tergolong unik sebab ingin lebih mengangkat dunia industri game di sisi akar rumput. Kalau kamu perhatikan deretan perusahaannya pun tidak ada nama-nama raksasa seperti Sony, Ubisoft, atau Rockstar. Beberapa justru developer yang terkenal sebagai pencipta game untuk pasar yang cukup niche, dan berhubung pamerannya berwujud digital, mereka bisa menjalin kolaborasi lintas negara lebih mudah.

Program yang akan ditayangkan oleh NGPX mencakup pengumuman game baru, trailer, sesi tanya jawab, live gameplay demo, dan masih banyak lagi. Siaran langsung NGPX nantinya tersedia eksklusif hanya di Twitch, namun setelah itu mereka juga akan mengunggah video rekamannya, beserta trailer dan highlight, ke channel YouTube NGPX.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.