Gamescom Akan Gelar Pameran Game Secara Online di Bulan Agustus

Meski bukan event offline karena ada pandemi, panitia dan partner Gamescom tetap yakin bisa menghadirkan konten dan pengumuman menarik.


Acara pameran game besar yang digelar setiap tahunnya bukan hanya E3 dan TGS saja. Masih banyak event lain yang bisa jadi momen penting untuk industri game, salah satunya yang ada di Eropa adalah Gamescom. Acara ini biasanya digelar di kota Cologne, Jerman, dan tak kalah bergengsi dengan E3 yang diadakan di Amerika. Belakangan event ini juga memberi perhatian lebih besar pada dunia esports.

Sayangnya karena pengaruh pandemi Gamescom tahun ini harus mengalami perubahan rencana. Panitia Gamescom baru saja mengumumkan bahwa Gamescom 2020 akan digelar secara online, pada tanggal 27-30 Agustus nanti. Selain platformnya yang berpindah menjadi online, format acaranya pun mengalami perubahan. Ada beberapa program baru yang dulunya tidak ada.

Sumber: Gamescom

Deretan acara Gamescom 2020 akan terdiri dari empat pilar utama, yaitu:

  • Gamescom Now. Ini adalah platform konten yang tahun lalu sudah diluncurkan, dan tahun ini akan lebih dikembangkan lagi. Seluruh berita, siaran, serta liputan event bisa diakses di sini. Penonton tidak perlu membeli tiket untuk mengakses Gamescom Now, seluruh kontennya bisa dinikmati semua orang.
  • Gamescom Shows. Yaitu rangkaian acara/pertunjukan yang merupakan inti dari Gamescom itu sendiri. Info lebih detail bisa kamu baca di bawah.
  • Cooperations. Maksudnya, Gamescom 2020 kali ini terwujud dengan melibatkan berbagai partner yang masing-masing memiliki acara serta promosi masing-masing. Konten-konten ini akan tersebar di berbagai bagian internet, dan Gamescom bertugas mengumpulkannya dalam wujud Gamescom Now serta Gamescom Shows.
  • Devcom. Tahun ini Gamescom akan mengadakan konferensi digital untuk para developer ataupun pelaku industri dari tanggal 17-30 Agustus. Devcom Digital Conference 2020 akan berisi berbagai macam talk show serta matchmaking, menjadikannya kesempatan besar untuk bertemu dan menjalin koneksi dengan sesama pelaku industri game.
Sumber: Gamescom

Dari empat pilar di atas, Gamescom Shows sendiri akan terbagi lagi menjadi beberapa acara utama, antara lain:

  • Gamescom: Opening Night Live. Ini adalah acara pembukaan yang dipandu oleh host Geoff Keighley. Acara ini tahun lalu telah sukses menjadi salah satu program bertema gaming dengan jangkauan audiens paling luas di seluruh dunia.
  • Gamescom: Awesome Indies. Sesuai namanya, bagian ini akan fokus pada berita serta pengumuman-pengumuman baru seputar game indie.
  • Gamescom: Daily Show. Merupakan perluasan dari talk show yang biasa digelar di Gamescom, di sini sejumlah perusahaan game akan membicarakan berbagai produk mereka secara mendetail. Ada juga sesi wawancara dengan para developer untuk info-info menarik seputar game yang akan dirilis.
  • Gamescom: Best of Show. Digelar pada tanggal 30 Agustus, acara ini menjadi penutup event dan akan menghadirkan berbagai highlight, presentasi, serta penghargaan Gamescom Award.

Meskipun Gamescom kali ini tidak seperti biasanya, semangat para panitia dan partner Gamescom untuk menghadirkan pengumuman serta pertunjukan menarik pada para gamer tidaklah surut. Justru dengan format digital ini ada keuntungan yang didapat, yaitu kini seluruh konten Gamescom jadi bisa dilihat oleh semua orang. Mari kita tunggu saja ada hal menarik apa dari ajang gaming yang satu ini nantinya.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.