Detail Gameplay Outriders, Multiplayer Shooter Baru Square Enix untuk PS5

Square Enix merilis sejumlah video yang menunjukkan info-info detail tentang game terbaru mereka, Outriders. Siap menuju PS5 di akhir 2020!


Hai pembaca Gimbot, siapa nih yang sudah tak sabar ingin memainkan game multiplayer shooter di console generasi berikutnya? Genre yang satu ini memang seru sekali, apalagi untuk mabar bersama teman-teman sambil menemani libur akhir pekan. Kalau sudah keasyikan, bisa-bisa kita lupa waktu sampai begadang.

BACA JUGA: 5 Hal yang Gimbot Harapkan Ada di Sekuel Deus Ex Berikutnya

Square Enix pada acara E3 2019 dulu telah mengungkap game bergenre multiplayer shooter yang berjudul Outriders (bukan Outsiders ya, jangan sampai salah). Game ini rencananya akan dirilis untuk platform next-gen yaitu PS5 dan Xbox Series X, juga untuk PC, PS4 dan Xbox One. Nah, kini Square Enix memberikan lebih banyak informasi tentang detail cerita serta sistem permainan dalam Outriders. Kamu bisa simak lewat video-video di bawah.

Outriders bercerita tentang umat manusia yang berada di planet bernama Enoch. Planet yang penuh bahaya ini membuat umat manusia terancam kepunahan, dan kamu harus bertualang untuk bertahan hidup serta melawan musuh misterius yang disebut “The Anomaly”.

Keberadaan “The Anomaly” ini mengubah kondisi alam yang ada di planet Enoch. Sebagian dampak perubahan itu bersifat merusak, membuat Enoch yang tadinya subur menyerupai bumi menjadi liar. Tapi pada waktu yang sama, perubahan itu juga membuatmu memiliki sejumlah kekuatan khusus menyerupai sihir.

Kamu bisa bermain secara kooperatif dengan teman-temanmu (maksimal bersama dua orang) untuk menjalani cerita. Menurut para developernya, Outriders akan memiliki konten cerita yang cukup padat. Lebih dari 90 menit cutscene ada di cerita utama, ditambah lagi sekitar dua jam cutscene untuk misi sampingan.

Layaknya sebuah RPG, kamu bisa membuat karakter yang memiliki class serta sejumlah kemampuan khusus. Dalam hal ini Outriders bisa dipandang mirip dengan seri Borderlands. Sepanjang petualangan, pemain akan memiliki sebuah truk yang berfungsi sebagai kendaraan sekaligus markas. Truk ini penampilannya juga bisa dimodifikasi, lo!

Layaknya looter shooter lain seperti Borderlands atau The Division, sepanjang permainan kamu akan mengoleksi banyak senjata, dan setiap senjata memiliki tingkat kelangkaan (rarity) tersendiri. Selain mendapatkan senjata dari drop musuh, kamu juga bisa membeli senjata dari berbagai pedagang.

Semakin jauh kamu bertualang, kamu akan menemukan lokasi-lokasi serta pemukiman baru. Jangan khawatir tersesat di planet Enoch yang luas, karena tersedia fitur fast travel untuk berpindah tempat dengan cepat.

Secara garis besar, Outriders mungkin terdengar tak jauh beda dengan game looter shooter pada umumnya. Tapi hal itu wajar saja, karena genre looter shooter sekarang sudah memiliki sebuah pakem yang terbukti sukses. Daya tarik yang membuatnya berbeda tentu saja eksekusi gameplay nanti, didukung dengan seberapa baik developernya bisa menyampaikan cerita.

Bagaimana, berminat memainkan Outriders? Kamu tidak perlu menunggu terlalu lama, karena game ini direncanakan untuk terbit pada akhir 2020 ini. Siapkan saja tabunganmu untuk upgrade ke PS5 dan Xbox Series X nanti.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.