6 Daftar DLC Game Terbaik yang Pernah Dibuat


Ada sejumlah DLC game terbaik yang pernah diciptakan. Kira-kira DLC apa saja?

dlc game

Downloadable Content memang menjadi salah satu hal yang sepertinya cukup sering dibuat dan dibicarakan oleh para developer, publisher, maupun gamer. Disingkat menjadi DLC, para developer bisa memperluas konten yang ada di dalam game besutan mereka.

Hal ini akan berdampak pada keuntungan finansial plus membuat game memiliki usia yang lebih panjang karena adanya sejumlah tambahan konten yang bisa dinikmati gamer. Biasanya DLC dijual secara terpisah atau menyatu dengan game utamanya.

BACA JUGA: Crash Bandicoot 4: It’s About Time – Layak Beli Atau Tidak?

Sayangnya, tidak semua developer serius dalam menciptakan DLC. Walaupun begitu, bukan berarti tidak ada developer yang serius dan mencurahkan kemampuan terbaiknya dalam DLC yang mereka garap. Beberapa developer berhasil membuat DLC yang sangat memuaskan gamer dari sisi konten dan kualitas.

Lantas apa saja daftar DLC game terbaik yang pernah dibuat? Ini ulasannya!

1. The Witcher 3 – Blood and Wine

dlc game

The Witcher 3 sejauh ini adalah mahakarya dari CD Projekt Red. Mereka berhasil menciptakan sejumlah hal menarik yang membuat The Witcher 3 sangat menonjol di pasaran. Salah satunya adalah hadirnya dua DLC yaitu Hearts of Stone dan Blood and Wine.

Keduanya berhasil menampilkan sejumlah hal menarik tapi yang paling luar biasa adalah Blood and Wine karena menghadirkan sejumlah map baru untuk ditelusuri. Selain itu ada cerita baru juga yang dihadirkan dengan beragam konten tambahan yang jumlahnya sangat banyak.

Dari sisi keseluruhan, memainkan Blood and Wine seperti membeli sebuah game baru karena memang punya perbedaan sangat mencolok dari The Witcher 3 maupun Hearts of Stone.

2. Bloodborne – The Old Hunter

dlc game

Bloodborne adalah salah satu game yang paling menantang yang pernah dibuat. Tidak heran dengan kualitasnya yang mentereng game ini sering dianggap sebagai salah satu karya terbaik yang dimiliki oleh FromSoftware. Bloodborne mengadopsi gaya permainan dari Dark Souls namun dengan berbagai pembaharuan.

BACA JUGA: Berbagai Easter Eggs Menarik yang Muncul di Crash Bandicoot 4

Beberapa bulan pasca dirilisnya game utama, Fromsoftware menelurkan DLC-nya yang diberi nama The Old Hunters. DLC ini membawa berbagai hal yang lebih detail, penambahan banyak item baru, dan sejumlah boss paling menantang yang sangat susah untuk dikalahkan.

3. Mass Effect 3 – Citadel

Mass Effect 3 adalah akhir yang sempurna jika saja tidak dinodai dengan ending yang pada akhirnya membuat game ini didemo oleh para penggemar. Game ini menawarkan sesuatu yang sangat fantastis dari sisi gameplay dan cerita tentunya.

Untuk memberikan pengalaman kepada gamer, BioWare merilis sebuah paket ekspansi yang mengeksplorasi bagian akhir permainan dan mereka melakukan tugasnya secara fenomenal di DLC Citadel.

Menurut sejumlah gamer, DLC Citadel menjadi kado terakhir yang sangat bagus untuk gamer yang cinta dengan trilogy Mass Effect. Selain itu, karakter dari seri pertama diperlihatkan di dalam DLC tersebut.

4. The Last of Us – Left Behind

Naughty Dog memang berubah dari developer yang menciptakan game kocak seperti Crash Bandicoot kepada game yang lebih serius dari sisi cerita. Munculah The Last of Us, sebuah game yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Penokohan, jalan cerita, dan narasinya sangat memanjakan gamer. Tidak berhenti sampai di situ, Naughty Dog meluncurkan DLC yang bernama Left Behind yang mengeksplorasi backstory dari Ellie. Di sini dijelaskan latar belakang Ellie secara detail dan hubungannya dengan teman-teman yang dia tinggalkan.

5. GTA 4 – The Ballad of Gay Tony

Beberapa fans merasa Grand Theft Auto 4 merupakan salah satu game terbaik sepanjang franchise GTA. Di game ini gamer disuguhkan oleh konten serta jalan cerita yang baik. Bicara soal konten, GTA 4 kedatangan dua DLC dan salah satunya adalah The Ballad of Gay Tony.

DLC ini benar-benar menghadirkan beragam hal menarik yang membuat gamer jatuh cinta seperti senjata dan sejumlah misi yang banyak serta menyenangkan. Bahkan Metascore di Metacritic memberikan rating tertinggi untuk DLC ini mencapai 98.

6. Bioshock Infinite – Burial At Sea

Bioshock Infinite adalah sebuah game yang sangat fantastis dan penuh dengan kejutan. Bahkan dengan adanya DLC ini diperjelas bahwa garis utama cerita dari Bioshock adalah Bioshock kemudian Bioshock: Infinite, dan kemudian Bioshock: Burial at Sea.

Banyak yang mengatakan jika Bioshock 2 adalah spin-off dari seri ini. Tapi yang paling menarik, Burial at Sea menjadi penjelas dari ending yang ada di Bioshock Infinite. Kerennya, DLC ini memiliki waktu gameplay yang cukup lama yaitu sekitar delapan jam.

Ada banyak hal yang bisa diketahui soal dunia Bioshock dengan memainkan DLC tersebut! Yang belum main maka wajib memainkannya.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.