Crash Bandicoot 4: It’s About Time – Layak Beli Atau Tidak?


Gimbot telah mencoba Crash Bandicoot 4: It's About Time di PC nih! Kira-kira game yang satu ini layak dibeli atau tidak ya?

crash bandicoot 4

Crash Bandicoot 4: It’s About Time menjadi salah satu game yang saya tunggu-tunggu kehadirannya. Pasalnya, sebagai seorang gamer PC, saya baru bisa memainkan game yang satu ini di tahun 2021. Padahal sejatinya, game ini sudah lebih dulu dirilis di console pada akhir tahun 2020.

Tentunya kedatangan salah satu franchise legendaris adalah hal yang luar biasa. Apalagi, terakhir kali memainkan game ini seingat saya adalah di tahun 2003 ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Untuk versi remakenya pun saya tidak memainkannya sehingga Crash Bandicoot 4 adalah game Crash Bandicoot pertama saya mainkan di era gaming modern.

Lantas apakah game tersebut bisa melunasi kerinduan saya akan sosok Crash Bandicoot yang jenaka di tengah petualangan yang menegangkan? Atau justru game ini harus berakhir biasa saja? Gimbot akan mengulasnya satu per satu untuk memberikan pertimbangan apakah game ini layak dibeli atau tidak.

Rasa Lama, Rasa Baru

crash bandicoot 4

Bicara soal Crash Bandicoot 4, perasaan pertama yang saya rasakan ketika memainkannya adalah game ini berhasil membawa rasa lama namun juga berhasil membawa rasa baru. Rasa lama di sini adalah game ini masih mempertahankan gaya platformer yang sulit dan rumit seperti di masa lalu dengan cita rasa visual yang jauh lebih modern.

Tapi bukan dari segi visual saja, ada sejumlah hal baru terkait gameplay dan tantangan yang dihadirkan oleh Toys for Bob selaku developer. Lewat konsep Quantum Mask, Toys for Bob seakan lebih bebas mengeksplorasi tantangan yang akan diberikan oleh gamer.

BACA JUGA: Daftar Game Gratis PlayStation Plus April 2021

Quantum Mask memiliki beragam kekuatan dan kelemahan yang berbeda. Masing-masing harus digunakan secara bijak supaya lolos dari setiap tantangan yang ada. Di samping itu, Toys for Bob juga mengeksplorasi beragam tantangan yang sebelumnya belum pernah diaplikasikan.

Bisa dibilang, ada sangat banyak kejutan yang dihadirkan sehingga mampu membuat gamer selalu penasaran akan tantangan apa yang akan dihadirkan setelahnya. Kejutan-kejutan manis ini berhasil dipertahankan sampai akhir game ini.

Satu lagi, soal gerakan yang bisa dilakukan Crash kini tidak hanya spin, namun dia juga bisa melakukan stomp untuk membuka kotak yang tidak bisa dihancurkan dengan spin. Sayangnya, konsep baru ini tidak terlihat pada soundtrack yang dihadirkan.

Jika di masa lalu kita terus terngiang-ngiang dengan soundtrack dan voice act yang ikonik. Di Crash Bandicoot 4, saya tidak merasakan hal yang serupa. Ini menjadi kekurangan minor tersendiri untuk game tersebut meski secara sound game ini jauh lebih modern.

Susahnya Lebih dari yang Dulu

Semakin bagusnya resource dalam membuat game membuat Toys for Bob selaku developer bebas dalam menentukan tantangan yang ingin mereka berikan. Hasilnya, game ini tidak bisa dipungkiri lebih ciamik dari sisi tantangan dari trilogy Crash Bandicoot di masa lalu.

Bahkan di satu tantangan, saya pernah tewas hingga 20 kali dalam satu stage, sesuatu yang tidak pernah dirasakan di masa lalu. Tantangan juga semakin sulit seiring semakin jauhnya progress permainan kalian. Butuh kecermatan dan kesabaran yang lebih supaya bisa terhindari dari kematian.

Apalagi situasi semakin sulit karena maksimum untuk mati hanya tiga kali jika kalian ingin mendapatkan diamond untuk membuka skin. Jatah tiga kali tewas ini benar-benar menjadi tantangan tersendiri walaupun kenyataannya, kalian bisa tewas sebanyak yang kalian mau dengan ganjaran tidak mendapatkan diamond untuk mendapatkan skin.

Saya sendiri sempat sangsi, apakah nantinya game ini bisa dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar atau tidak, mengingat tantangan yang diberikan terkadang tidak manusiawi.

Konten yang Banyak dan Solid

Crash Bandicoot 4 menghadirkan beragam konten misalnya multiplayer yang membuat gamer bisa saling beradu cepat di time trial. Selain itu, konten di dalam mode campaign single player-nya juga cukup menarik. Jika di masa lalu kita agak susah menemukan bonus stage, di sini gamer akan mudah sekali menemukan bonus stage dengan beragam tantangannya tersendiri.

Tidak hanya itu, di tiap-tiap stage, gamer bisa membuka beragam skin dengan syarat berhasil menyelesaikan tiap level secara sempurna dengan mengumpulkan enam buah diamond yang syaratnya berbeda-beda.

Menyelesaikannya secara sempurna akan membuka skin yang bisa diganti kapanpun ketika kita sedang mengakses map. Tidak lupa, sepanjang petualangan kita disuguhkan berbagai stage tambahan yang cukup menantang di luar stage utama dan bonus yang dimainkan.

Bahkan konsep stage tambahan ini terkadang masih terintegrasi dengan stage utama sehingga di beberapa momen, gamer akan dibuat untuk melewati stage sebelumnya namun dengan tantangan yang lebih serius dan mematikan.

 Sejumlah konten ini sudah cukup untuk membuat replayability dari game ini terasa signifikan. Karena untuk mendapatkan hasil sempurna, terkadang kita harus mengulangi sebuah stage selama beberapa kali.

Kesimpulan

Secara garis besar Crash Bandicoot 4 adalah game yang sangat layak dibeli. Untuk penghilang stress dan nostalgia, game ini sangat cocok sekali. Meski ada kekurangan minor misalnya pada sisi voice act dan sound yang kurang terasa ikonik seperti di masa lalu, game ini tetap memiliki daya tarik luar biasa.

Ada banyak sekali hal baru yang ditemukan sehingga membuatnya berbeda dari game Crash Bandicoot sebelumnya. Soal tantangan, game ini akan berada di luar ekspektasi kalian karena ada beragam tantangan berbeda yang mampu dihadirkan oleh Toys for Bob sehingga membuat gamer tidak akan jenuh meski memainkannya dalam waktu yang lama.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.