Bagus dan Murah! 5 Controller Terbaik untuk Smartphone Android

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, ada beberapa controller terbaik untuk smartphone Android yang layak dilirik.


Controller Terbaik Smartphone Android

Salah satu hal yang tak disangka-sangka ternyata hadir dan ada di industri mobile adalah munculnya sebuah controller khusus mobile. Banyaknya developer game yang melirik industri mobile membuat pada akhirnya produsen peripheral game juga membuatkan sebuah controller untuk membuat sensasi bermain game di mobile bertambah nikmat minimal mendekati seperti di console.

Di tahun 2020 ini kita sudah disuguhkan berbagai controller terbaik yang jumlahnya sudah cukup banyak. Nah, Gimbot kali ini ingin memberikan sedikit rekomendasi mengenai lima controller terbaik untuk smartphone Android. Kira-kira mana saja yang bisa kalian pilih? Berikut ulasannya.

GameSir G4s

GameSir

GameSir merupakan salah satu produk peripheral yang sudah cukup terkenal dan mereka juga meluncurkan controller untuk smartphone Android berupa GameSir G4s. Controller ini memiliki desain yang cukup bagus di mana di beberapa bagian dihiasi oleh aksen krom. Selain itu, tata letak tombol di game ini cukup familiar bagi mayoritas game.

Genggaman untuk GameSir G4s menggunakan lapisan karet yang membuatnya begitu nyaman dan solid ketika digenggam. Di bagian tengah, ada bracket yang bisa disesuaikan untuk berbagai smartphone Android yang ukurannya 3,5 hingga 6 inci.

Untuk mengoperasikannya, gamer bisa menghubungkan controller ini ke USB melalui kabel charging Micro USB. Namun ini adalah opsi kedua untuk mengkoneksikannya karena opsi pertama untuk menghubungkan controller ini adalah dengan Bluetooth. Di controller ini terdapat meteran baterai yang bisa dilihat di bagian kiri atas controller untuk memudahkan gamer kapan mereka harus melakukan charging.

Beli GameSir G4S di sini – Rp399 Ribu

8Bitdo SF30 Pro Controller

Retro, unik, dan klasik menjadi identitas utama dari 8Bitdo SF30 Pro Controller. Ya, controller ini menggunakan desain dari controller SNES yang terkenal itu. Menggenggamnya memunculkan perasaan nostalgia yang sangat kuat untuk kalian terutama bagi gamer yang dulu sempat menjajal SNES.

Tapi tentu ada pembaharuan yang dilakukan model controller klasik ini di mana 8Bitdo SF30 memiliki sebuah analog yang lekat dengan controller modern saat ini. Controller ini bisa menggunakan Bluetooth untuk terhubung ke perangkat Android kalian.

Untuk masalah kenyamanan, SF30 memang memiliki kekurangan karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan pengontrol modern sehingga jika kalian yang memainkan game dalam waktu lama diperkirakan bakal kurang nyaman. Controller ini dibanderol dengan harga US$41 yang tentunya cukup mahal untuk controller kebanyakan.

Beli 8Bitdo SF30 Pro Controller di Sini – Rp490 Ribu

DualShock 4

Playstation 5 - 4

Dualshock 4 merupakan salah satu controller yang cukup bisa diandalkan untuk bermain game mobile. Controller yang satu ini mengandalkan sebuah Bluetooth untuk disambungkan ke smartphone kalian. Setelah itu, Dualshock 4 siap untuk dimainkan.

BACA JUGA: Game Horor Paling Menarik untuk Ditunggu di Tahun 2020

Keunggulan dari controller yang satu ini tentu saja karena desainnya yang pas di tangan dan tombolnya yang cukup empuk ketika ditekan menjadikannya salah satu controller yang cukup murah dan punya kualitas mumpuni terlebih lagi Sony beberapa kali sering melakukan promo terhadap Dualshock 4.

Karena ketahanan dan kenyamanannya yang cukup baik, Dualshock 4 cukup direkomendasikan untuk menemani kalian memainkan game mobile.

Beli Dualshock 4 di Sini – Rp525 Ribu

Xbox One Wireless Controller

Sudah bukan rahasia lagi jika wireless controller milik Xbox One menjadi salah satu controller terbaik yang bisa kalian miliki sebagai seorang gamer mobile. Bahkan controller yang satu ini bisa kalian dapatkan lebih murah dari beberapa brand. Di e-commerce, Xbox One Wireless Controller hanya dibanderol sekitar Rp598 ribuan saja.

Dengan desain yang bulky, controller ini akan sangat pas dalam genggaman sehingga memungkinkan gamer senyaman mungkin dalam memainkan game dengan waktu yang cukup lama.

Beli Xbox One Wireless Controller di sini – Rp598 Ribu

iPega PG-9083S

iPega PG-9083S memiliki bentuk yang unik di mana bentuk dari controller ini menyerupai Joycon milik Nintendo Switch. Tentunya bermain game menjadi lebih nyaman menggunakan controller yang satu ini. Controller ini bisa dihubungkan melalui Bluetooth dan baterainya memiliki daya 380mAh dan bisa bertahan hingga 20 jam gameplay.

Untuk masalah harga, PG-9083S dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni US$37. Untuk masalah kenyamanan dan keringkasan, controller ini mungkin yang paling nyaman dan ringkas dengan harga segitu. PG-9083S harus diakui adalah controller terbaik yang bisa dilirik.

Beli iPega PG-9083S – Rp290 Ribuan


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.