Cara Mengubah Region Akun Nintendo Switch Kamu


Beberapa game Nintendo Switch hanya tersedia di region tertentu . Artinya kamu harus mengubah region akun Nintendo kamu terlebih dahulu.

cara-mengubah-region-akun-nintendo-switch-featured

Layaknya console game seperti Sony dan Xbox, eShop Nintendo Switch juga terdiri dari beberapa region. Masing-masing region, terutama di region Jepang, punya konten atau game yang berbeda dan tidak bisa kamu temukan di region lain. Jadi jika kamu ingin membeli game yang hanya tersedia di eShop Jepang tapi akun kamu ada di region Americas, kamu harus mengubah region akun tersebut.

Untungnya mengubah region akun Nintendo Switch tidaklah sulit. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Sebelumnya, Matikan Auto-Renewal Terlebih Dahulu

cara-mengubah-region-akun-nintendo-switch-2

Sebelum mulai mengubah region akun, jika kamu punya Nintendo Switch Online Membership aktif, pastikan kamu mematikan Auto-Renewal langganan tersebut. Caranya cukup mudah dan bisa kamu lakukan di dalam console:

  1. Buka Nintendo eShop di akunmu (jangan lupa login)
  2. Tekan icon akun kamu di pojok kanan atas
  3. Pilih Nintendo Switch Online di bagian bawah menu
  4. Pilih Turn Off Automatic Renewal
  5. Ketika muncul kotak dialog, pilih Turn Off lalu OK

Perlu diingat bahwa melakukan proses ini tidak akan mematikan langganan Nintendo Switch Online Membership yang kamu miliki saat itu, Proses ini hanya membuat akunmu tidak akan membeli ulang Nintendo Switch Online Membership ketika durasinya sudah habis. Artinya jika durasinya sudah habis kamu harus membelinya kembali secara manual.

Setelah mengubah region akun, kamu juga bisa mengaktifkan kembali fitur Auto-Renewal ini.

Mengubah Region Akun

cara-mengubah-region-akun-nintendo-switch-1

Ada satu hal lagi yang harus kamu cek sebelum mengubah region akun, yaitu saldo yang kamu miliki saat itu. Ketika mengubah region, saldo yang kamu pegang saat itu akan hilang. Karena itu pastikan kamu mengosongkan saldo akun kamu dengan membeli game. Jika saldo kamu ternyata kurang, kamu mungkin bisa menggunakan Nintendo Points yang kamu miliki untuk mendapatkan potongan harga.

Setelah mengosongkan saldo, ikuti langkah-langkah sederhana ini di console kamu:

  1. Buka Setting
  2. Pilih System di bagian bawah menu
  3. Pilih Region
  4. Ganti region akun kamu sesuai keinginan
  5. Konfirmasi kotak dialog yang muncul, lalu restart Nintendo Switch kamu sesuai instruksi kotak dialog yang muncul.

Ingat, mengubah region hanya akan mengubah isi eShop. Kamu tetap bisa memainkan game yang kamu miliki baik itu digital maupun fisik. Jika kamu ingin mengubah kembali region akun, kamu bisa mengulangi langkah di atas. Tapi agar lebih praktis, kami menyarankan membuat akun kedua dengan region yang berbeda.


Kaoru

Hmmm...