Fungsi dan Cara Mendapatkan Poin di Akun My Nintendo

Jangan lupa memeriksa jumlah poin My Nintendo yang kamu miliki dan mengklaim atau menggunakan berbagai reward yang tersedia.


fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-featured

Buat kamu yang belum tahu, Nintendo juga punya sistem poin dan reward bernama My Nintend Points. Layaknya sistem serupa pada umumnya, poin ini bisa kamu dapatkan melalui berbagai aktivitas dalam ekosistem Nintendo. Selain itu poin yang kamu dapatkan juga bisa kamu tukarkan dengan produk-produk menarik.

Nah, dalam artikel ini kami akan membahas fungsi dan cara mendapatkan My Nintend Points ini.

Fungsi My Nintendo Points

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-1

Kamu bisa mendapatkan dua jenis My Nintendo Points, yaitu Platinum Points dan Gold Points. Platinum Points ini sendiri terbagi dari beberapa jenis, yaitu empat Platinum Points untuk game mobile Nintendo serta satu Platinum Points Regular. Masing-masing bisa kamu gunakan untuk hal yang berbeda.

BACA JUGA: Inilah Konten Update Animal Crossing: New Horizons Tanggal 19 November 2020

Berikut fungsi dari My Nintendo Points yang kamu miliki serta cara menggunakannya. Kamu bisa mengakses semua fitur dan fungsi di bawah dengan mengunjungi situs My Nintendo dan memasukkan akun Nintendo yang kamu miliki sekarang.

Mengklaim merchandise fisik (Platinum Points Regular)

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-merch

Platinum Points Regular bisa kamu gunakan untuk mengklaim merchandise dari Nintendo. Merchandise yang tersedia juga berasal dari game dan punya jenis yang beragam. Saat artikel ini rilis kamu bisa mendapatkan merchandise seperti phone ring holder Xenoblade Chronicles 2: Definitive Edition, set kartu post Splatoon 2, bandana Animal Crossing: New Horizons, dan masih banyak lagi.

Dibandingkan dengan jumlah Platinum Points yang bisa kamu dapatkan per misinya, harga redeem untuk merchandise terbilang cukup mahal. Karena itu pastikan kamu rajin menabung Platinum Points. Tapi jika kamu sudah punya poin yang cukup, kunjungi situs My Nintendo, login, lalu pilih merchandise yang ingin kamu klaim.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat ketika ingin mengklaim merchandise ini. Pertama, biaya pengiriman barang harus kamu tanggung sendiri. Jadi pastikan kamu siap membayar biaya kirimnya yang mungkin tidak murah. Kedua, pengiriman barang seperti ini biasanya perlu waktu yang tidak sebentar. Jadi harap bersabar dan rajinlah mengawasi status pemesanan barangmu.

Akses ke wallpaper dan produk digital lain (Platinum Points Regular)

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-digital

Jika kamu tidak tertarik dengan merchandise Nintendo atau ragu dengan sistem pengirimannya, kamu bisa menggunakan Platinum Points Regular untuk barang digital. Produk digital ini bentuknya beragam, mulai dari yang ringan seperti wallpaper untuk smartphone atau desktop, sampai uji coba Nintendo Switch Online gratis selama tujuh hari.

Dibandingkan dengan merchandise fisik, harga untuk mengklaim produk digital ini jauh lebih murah. Menyelesaikan satu misi saja sudah cukup untuk mengklaim satu set wallpaper. Jika kamu rajin menyelesaikan misi, kamu harusnya bisa mengklaim banyak reward digital ini. Prosesnya juga sama, yaitu masuk ke My Nintendo dan pilih produk yang kamu inginkan.

Mengklaim in-game item untuk game mobile favoritmu (Platinum Points Khusus)

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-reward-mario

Platinum Points khusus game mobile bisa kamu lihat dengan logo di tengah koin tersebut. Sesuai namanya, poin ini hanya bisa diguanakan untuk mengklaim in-game item di masing-masing game. Misalnya, Platinum Points Super Mario Run bisa kamu tukarkan dengan item seperti Coins atau Toad Rally Tickets.

Cara menukarkannya juga cukup mudah. Cukup kunjungi halaman My Nintendo milikmu dan gunakan Points untuk game yang sesuai. Tapi sebelum melakukan itu pastikan game mobile yang kamu mainkan sudah terhubung dengan akun Nintendo-mu. Selain itu Platinum Points khusus ini tidak bisa kamu gunakan untuk mengklaim merchandise atau produk digital lain.

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan Platinum Points Regular untuk mengklaim in-game item di sini.

Potongan harga untuk pembelian game digital berikutnya (Gold Points

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-gold-points

Terakhir, kamu bisa menggunakan Gold Points untuk mendapatkan potongan untuk pembelian game digital di Nintendo Switch. Setiap 100 Gold Points yang kamu miliki bisa digunakan untuk potongan US$1. Jika kamu punya banyak Gold Points, kamu bisa mendapatkan potongan yang cukup besar.

Gold Points hanya bisa digunakan untuk mendapatkan potongan ini. Selain itu potongan ini hanya bisa kamu gunakan untuk pembelian game digital di Nintendo eShop.

Cara Mendapatkan Poin

My Nintendo Points bisa kamu dapatkan dengan mudah. Berikut cara mendapatkan masing-masing Platinum Points dan Gold Points.

Menyelesaikan misi di game Mobile (Platinum Points Khusus)

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-misi-platinum-khusus

Untuk mendapatkan Platinum Points khusus game mobile, kamu tinggal menyelesaikan beberapa misi yang tertera di halaman My Nintendo kamu. Misi ini tentunya mengharuskanmu memainkan game tersebut. Jad pastikan kamu rajin membuka akunmu.

Sekali lagi, pastikan kamu menghubungkan game mobile yang kamu mainkan dengan akun My Nintendo yang kamu miliki. Saat ini, game yang menyediakan misi berhadiah Platinum Points adalah Super Mario Run, Animal Crossing: Pocket Camp, dan Fire Emblem Heroes. Sayangnya kecuali kamu punya akun Google Play luar Indonesia, kamu hanya bisa memainkan Super Mario Run.

Menyelesaikan misi di game Switch (Platinum Points Regular)

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-misi-platinum

Platinum Points Regular juga bisa kamu dapatkan dengan menyelesaikan beberapa misi yang tertera di halaman My Nintendo. Tidak seperti Platinum Points khusus, misi untuk Platinum Points Regular lebih beragam dan fleksibel. Beberapa misi hanya melibatkan manajemen akun dan aktivitas singkat, lalu sisanya berupa milestone untuk beberapa game eksklusif Nintendo. Misalnya saat ini saya punya misi untuk game Astral Chain _ dan juga _Pikmin 3: Deluxe.

Pembelian Game (Gold Points)

fungsi-cara-mendapatkan-poin-my-nintendo-gold-2

Hanya ada satu cara untuk mendapatkan Gold Points, yaitu dengan membeli game, entah itu membeli game digital atau mendapftarkan game fisik ke library game kamu. Tapi perhitungan jumlah poin yang kamu dapatkan antara pembelian game digital dan game fisik sedikit berbeda.

Ketika membeli game secara digital, kamu akan mendapatkan Gold Points yang nilainya setara dengan lima persen harga game tersebut. Jadi jika kamu membeli game dengan harga US$60, kamu akan mendapatkan Gold Point yang setara dengan US$3 alias 300 poin.

Sedangkan jika kamu mendaftarkan game fisik ke library akun, kamu hanya mendapatkan Gold Points yang nilainya setara dengan satu persen hargan game tersebut. Jadi untuk game seharga US$60, kamu hanya akan mendapatkan poin senilai US$0,6 alias 60 poin.


Terakhir, poin yang kamu miliki akan hangus seiring waktu. Waktunya memang cukup lama yaitu enam dan 12 bulan. Tapi untuk berjaga-jaga, pastikan kamu menggunakan poin yang kamu miliki selagi masih berlaku.


Like it? Share with your friends!

Kaoru

Hmmm...