Jika kamu pernah melakukan top up. Kamu pasti akan menemukan sesuatu yang beda di tas inventory kamu ketika bermain Ragnarok M: Eternal Love, yaitu adanya item yang bernama Big Cat Credit Card.

Apakah itu Big Cat Credit Card? Sebenarnya ini adalah sebuah item tambahan. Layaknya credit card biasa, kamu bisa membeli sebuah barang dengan cara “menggesek.” Tentu saja tidak akan ada animasi menggesek kartu kredit di sini.

Big Cat Credit Card akan bertambah sesuai top up yang pernah kamu lakukan. Contohnya jika kamu membeli Big Cat Coin 1 keping, maka kamu akan mendapatkan poin kartu kredit sebesar 10.000.

Jika kamu membeli Premium maka kamu akan mendapatkan 500.000 kredit dan sebagainya.

BACA JUGA: Leveling atau Hunting di Ragnarok M ? Mana yang Lebih Utama?

big cat credit card
Sumber: GamingPH

Lalu apa sih gunanya kartu Big Cat Credit Card ini? Ternyata Big Cat Credit Card ini memiliki fungsi di mana kamu bisa memberikan gift kepada teman kamu. Gift ini hanya bisa diberikan kepada teman yang hanya ada di friendlist dan sedang online pada saat itu juga.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah untuk menggunakan Big Cat Credit Card.

  1. Pergi ke NPC Exchange
  2. Setelah itu beli satu item untuk kamu jadikan gift. Ingat! item yang hanya bisa dijadikan gift hanyalah item dengan harga di atas 100.000 zeny.
  3. Setelah berhasil membeli item tersebut, buka menu trade history dan kamu akan menemukan tombol present di situ.
  4. Jika kamu klik tombol tersebut, akan muncul pop-up baru untuk mengirim langsung ke temen kamu yang sedang online.
  5. Ingat juga, bahwa terdapat biaya pengiriman sebesar 10.000 zeny serta kartu kredit akan berkurang poinnya sesuai harga yang tertera.
  6. Jadi total biaya yang dikeluarkan = zeny untuk beli item + Big Cat Credit seharga item + 10.000 zeny.
  7. Lalu untuk penerima, maka akan datang NPC yang bernama Gingerbread Delivery. Sang penerima harus berbicara ke NPC tersebut untuk nenentukan apakah menerima gift yang diberikan atau tidak.

Sumber: GamingPH.


“Worth it” kah Sistem Gift ini?

Big Cat Credit Card
Sumber: GamingPH

Pertanyaan selanjutnya mengenai sistem gift ini, apakah memiliki keuntungan buat kita? Jika dilihat dari banyaknya biaya yang harus kita keluarkan, sistem ini memang cukup memakan biaya. Terlebih untuk membeli item yang kita ingin berikan, tetap menggunakan zeny yang kita punya.

Jika bertanya masalah apakah worth it, maka jawabannya adalah tidak. Hanya saja dengan sistem ini, akan menjadikan arus ekonomi yang berjalan tidak akan terlalu dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Salah satu contohnya, sering terjadi adanya transaksi di luar gim. Seperti jual beli item dengan menggunakan uang asli. Biasanya transaksi ini terjadi menggunakan fitur trade yang dilakukan player antar player (yang kini tidak ada). Sistem ini pula yang menjadikan berbagai item di gim Ragnarok terjadi inflasi yang besar.


Rizal Ziz