Bosan Main RO, Ini 7 Game Alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love!


Capek grinding terus, tapi masih pingin main game selain Ragnarok? Coba cek game alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love di artikel ini!

Siapa yang tidak kenal dengan Ragnarok Mobile: Eternal Love? Game yang mengantarkan nostalgia ini sangat hype ketika baru rilis, hingga rasanya susah untuk mencari game mobile alternatif dengan pengalaman yang sama dengan Ragnarok Mobile: Eternal Love.

Ragnarok Eternal Love salah satu game mobile yang fenomenal di Indonesia. Mungkin game ini merupakan game bergenre MMORPG yang pertama kalinya membuat pemainnya rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta Rupiah, hanya untuk membeli item melalui left di dalam game.

Beberapa pemain (seperti saya), cukup merasa jenuh dengan sistem grinding dari Ragnarok Eternal Love ini, akhirnya mencoba beberapa game yang memiliki kemiripan genre meskipun tidak sama persis dengan Ragnarok Eternal Love.

Kira-kira game apa sajakah itu? Nah ini dia berbagai game alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love yang bisa kamu coba!

BACA JUGA: 5 Game Gacha Android yang Cocok Buat Kamu yang Sering Dapat Ampas

1. Laplace M

alternatif ragnarok

Laplace M sebenarnya adalah game adaptasi dari versi PC yaitu Laplace. Laplace M memiliki kualitas grafis yang baik untuk sebuah game mobile. Meskipun memang memiliki kemiripan dengan game Ragnarok Mobile: Eternal Love, tapi game ini memiliki mekanisme gameplay yang cukup berbeda.

Laplace M memiliki mekanisme gameplay seperti menggunakan joystick bukan berdasarkan klik. Ya miriplah dengan kontrol Mobile Legends.

Sayangnya untuk versi SEA (Asia Tenggara), game ini masih dalam status pre-register yang artinya belum rilis. Hanya saja kamu bisa mencoba versi China dengan mengunduh file APK di sini.

Download: Laplace – M, Gratis

2. Ragnarok Online: Love at First Sight (Tencent)

alternatif ragnarok
Sumber: Midgard

“Lho, ini game Ragnarok Mobile juga?”. Iya betul, ini adalah game mobile Ragnarok dengan judul yang berbeda yaitu Ragnarok Online: Love at First Sight dan dikembangkan oleh Tencent.

Entah seperti apa model bisnis yang dimiliki pengembang game Ragnarok ini, akan tetapi Tencent juga memiliki lisensi untuk mengembangkan game ini, sehingga lahirlah Ragnarok Online: Love at First Sight CBT dengan versi yang cukup berbeda dengan Ragnarok Mobile: Eternal Love.

Ragnarok versi Tencent ini benar-benar memiliki tema yang sama. Perbedaannya adalah pada mekanisme gameplay.

Game alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love ini memiliki mekanisme kontrol dengan menggunakan joystick, tapi kamu juga bisa menggunakan kontrol dengan tap.

Hingga saat ini Ragnarok Online: Love at First Sight dari Tencent baru memiliki versi CBT di China. Mungkin ini juga menjadi strategi bisnis di mana jika Ragnarok Mobile: Eternal Love sudah menduduki titik jenuh puncak, maka dirilislah versi Tencent-nya.

Download: Ragnarok Mobile Tencent – Android
Credit: Rico Kucing

3. Lineage 2 Revolution

alternatif ragnarok
Sumber: Gamezebo

Game yang juga diadaptasi dari versi PC-nya yaitu Lineage 2 Online. Game ini sebenarnya sudah rilis pada tahun 2016 lalu. Hanya saja baru dirilis versi Indonesia pada tahun 2018 kemarin.

Lineage 2 Revolution memiliki gameplay yang mirip dengan versi PC-nya serta memiliki kualitas grafis yang “wah” untuk sebuah game mobile. Cukup untuk sebagai alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love.

Mekanisme game ini juga hampir mirip dengan kedua game di atas, yaitu memiliki kontrol virtual joystick dan bisa menggunakan kontrol menggunakan tap untuk menggerakkan karakter kamu.

Dalam permainan kamu bisa memilih 4 ras yaitu Human, Elf, Dark Elf dan Dwarf. Dalam patch terbaru, Lineage 2 Revolution memiliki ras baru, yaitu ras Orc.

Google Play Store: Lineage 2 Revolution, Gratis

Apple App Store: Lineage 2 Revolution, Gratis

4. Flyff Legacy

Sepertinya memang banyak game online yang awalnya diperuntukkan PC, diadaptasi ke versi mobile. Flyff Legacy juga adalah salah satu game yang awalnya dari PC dan dibuat versi mobile dengan nama Flyff Legacy.

Game ini memiliki mekanisme gameplay yang juga sama dengan ketiga game di atas. Ketika awal-awal, kamu akan memilih 3 karakter dengan class masing-masing.

Sayangnya kamu tidak bisa memilih gender untuk setiap class. Misalkan untuk class mercenary, kamu harus menggunakan karakter cowok dan untuk class acrobat serta magician, kamu harus menggunakan karakter cewek.

Google Play Store: Flyff Legacy, Gratis

Apple App Store: Flyff Lecagy, Gratis

5. Toram Online

Jika kamu lebih menyukai game dengan environment 3D, mungkin kamu akan menyukai Toram Online. Game ini memang memiliki tampilan environment lebih bebas dibanding beberapa game di atas.

Toram Online memiliki mekanisme gameplay yang berbeda, yaitu kamu meningkatkan karakter bukan berdasarkan class, melainkan melalui skill yang kamu miliki. Jadi kamu bisa memiliki skill yang biasa dimiliki magician atau swordman secara bersamaan.

Jika kamu pernah memainkan game Skyrim, maka kamu akan familiar dengan mekanisme seperti ini.

Google Play Store: RPG Toram Online, Gratis

Apple App Store: RPG Toram Online, Gratis

6. Blade & Wings

Blade & Wings adalah game dengan environment 3D juga, hanya saja game ini tidak memiliki sistem Open World melainkan sistem dungeon.

Game dengan tema fantasi futuristik ini memiliki keunikan sendiri. Kamu tidak perlu menyalakan terus gadget atau bahkan PC-mu untuk melakukan grinding.

Sebab, kamu bisa mengatur karaktermu untuk bisa grinding ketika kamu offline, sehingga kamu bisa lebih cepat level up tanpa harus memainkannya.

Blade & Wings juga memiliki berbagai fitur konvensional yang sering ada di game MMORPG.

Google Play Store: Blade & Wings: Future Fantasy 3D Anime MMORPG Game, Gratis

Apple App Store: Blade & Wings: 3D Anime MMORPG, Gratis

7. Black Desert Mobile

Jika kamu senang dengan kreasi karakter kamu sendiri, kamu bisa mencoba Black Desert Mobile. Terlebih karakter yang ditampilkan di Black Desert Mobile memiliki paras yang menawan.

Black Desert Mobile sebenarnya adalah adaptasi dari Black Desert versi PC. Gameplay yang dimiliki pun sama persis dengan versi PC.

Untuk saat ini Black Desert Mobile belum tersedia di daerah SEA termasuk Indonesia. Sempat ada kabar bahwa akan dirilis pula versi global yang memiliki tampilan bahasa Inggris. Hanya saja hingga saat ini belum ada versi globalnya.

Kamu tetap bisa mencoba versi Koreanya dengan cara mengunduh melalui tautan di bawah.

Download via QooApp Android: Black Desert Mobile, Gratis


Nah itu dia berbagai game alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love. Kamu sendiri punya game alternatif Ragnarok Mobile: Eternal Love yang menarik untuk dimainkan? Yuk share!


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..