Sangat Pintar, Ini 5 AI Paling Cerdas Dalam Video Game


Menghadirkan AI yang pintar dalam Game tentu adalah hal yang sulit. Namun demikian menjadikan game-game tersebut semakin menantang!

AI Paling Cerdas Dalam Video Game

Artificial Intelligence atau AI merupakan salah satu faktor yang terkadang membuat game sukses. Dengan didukung oleh AI super cerdas, bermain game bakal menjadi cukup menantang untuk dimainkan. Selain itu, game juga menjadi lebih realistis untuk dimainkan. Oleh sebab itu, game yang memiliki AI yang bagus terkadang namanya langsung melejit.

BACA JUGA: Serem Tapi Seru! 5 Game Horor dengan Jalan Cerita Terbaik

Gimbot telah mengumpulkan sejumlah game dengan AI terbaik yang pernah ada. Beberapa game ini dianggap oleh orang-orang di berbagai forum sebagai yang terbaik dalam hal menerapkan kecerdasan buatan. Berikut adalah daftar mengenai lima game dengan AI paling cerdas yang pernah dibuat.

F.E.A.R

F.E.A.R atau disingkat sebagai First Encounter Assault Recon merupakan sebuah game shooter yang cukup populer di masa lalu. Game ini membawa pengalaman shooter ke arah yang berbeda di mana ada unsur horor yang dimasukan. Di game ini eksperimen yang dilakukan sejumlah orang berujung kegagalan yang akhirnya melahirkan sosok Alma yang ikonik.

Untuk masalah AI, F.E.A.R adalah salah satu yang terbaik dan hal ini sudah diakui oleh berbagai orang termasuk para player-nya. AI di F.E.AR bisa melakukan berbagai hal yang pertama adalah berbicara dengan AI yang lain, kemudian mampu berlari atau menghindar dari serangan grenades, kemudian mampu berkoordinasi satu sama lain, dan yang paling terkenal adalah mampu menentukan strategi yang tepat untuk menjegal aksi kalian.

Kemudian dari segi aksi, selain menghindari serangan dari grenades, AI di F.E.A.R bisa melakukan dodge dan cover dengan sangat baik sehingga membuatnya susah untuk dibunuh. Dengan AI se-aktif ini, F.E.A.R menjadi salah satu game shooter yang benar-benar susah untuk dimainkan.

Butuh strategi khusus daripada sekadar maju dan langsung melakukan aksi bak Rambo.

Alien: Isolation

Alien: Isolation adalah salah satu game horor yang cukup menantang untuk dimainkan. Di game ini unsur stealth menjadi kunci kesuksesan agar gamer bisa selamat dari serangan-serangan alien super mengerikan bernama Xenomorph XX121. Tidak ada fitur yang bisa menyelamatkan kalian selain memperhatikan sebuah alat yang menandakan Xenomorph sedang di dekat kalian.

BACA JUGA: 3 Hal Menarik Soal Nemesis di Resident Evil 3 Remake

Yang bikin game ini semakin susah adalah Xenomorph digarap cukup pintar oleh sang pengembang game ini, Creative Assembly. Salah satu orang di forum Quora menjelaskan jika Xenomorph memiliki Micro AI yang berfungsi membuat Xenomorph menjelajahi tempat-tempat di dekat gamer berdasarkan suara-suara bising yang dibuat gamer ketika mereka bergerak.

Dalam pencariannya, AI Xenomorph bakal melakukan pencarian di semua lokasi yang sudah ditentukan secara urut. Bahkan terkadang Xenomorph berhenti beberapa detik untuk memastikan ada atau tidak adanya pemain yang sedang mengumpat. Dengan urutan yang tidak bakal diketahui gamer, mereka bakal susah memprediksi kapan Xenomorph akan muncul.

S.T.A.L.K.E.R

Bicara soal AI paling cerdas, salah satu yang terbaik adalah AI di game S.T.A.L.K.E.R. AI di game ini digarap dengan sangat serius bahkan memiliki nama sendiri, mampu menjelajahi peta secara real-time, dan akan menerima reaksi berbeda terhadap tindak tanduk kalian kepada faksi.

Selain itu AI di game ini juga dibuat secerdas mungkin dalam hal combat dan strategi ketika berperang. Mereka memiliki tugasnya masing-masing. Dalam gerombolan AI itu, satu orang bertugas sebagai komandan, yang lainnya melempar granat, yang lainnya lagi memposisikan diri untuk mendapatkan sudut tembak terbaik, dan yang lainnya menyelinap untuk menangkap gamer. Bahkan terkait combat, AI di S.T.A.L.K.E.R akan menunggu sampai aman sebelum mereka melancarkan serangan.

Yang paling ciamik tentu saja ketika ada yang tewas, AI bakal menyeret mayat itu ke tempat yang aman dari serangan. Selain itu, AI yang terluka namun tidak tewas bakal meminta bantuan medis. Dengan semua perilaku yang mampu dilakukan AI di atas, game ini tak perlu diragukan dalam kepintaran AI.

Splinter Cell: Blacklist

Salah satu game stealth yang memiliki AI cukup menantang. Ya, Splinter Cell: Blacklist merupakan sebuah game yang AI-nya menekan kalian agar menentukan strategi yang berbeda ketika menyergap musuh. Di game ini ada para AI penjaga yang bakal berpatroli dan jika ada suara kecil yang membuat mereka curiga, mereka akan berhenti berpatroli dan mencari sumber suara tersebut.

Yang paling keren adalah para AI penjaga itu bakal bersiap untuk membunuh jika mereka melihat berbagai keanehan dalam skala yang besar misalnya melihat teman mereka tewas atau pingsan misalnya. Di mode siaga ini, para penjaga akan berhenti berpatroli.

Hal ini berarti, para penjaga akan sangat sensitif dengan suara dan visual yang mereka rasakan sama seperti manusia di dunia nyata. Namun yang unik selain AI penjaga adalah AI anjing di mana anjing memiliki pendekatan yang berbeda.

AI anjing memungkinkan untuk mendeteksi Sam Fisher melalui bau yang dia miliki. Dengan mendeteksi bau, anjing itu akan selalu dekat dengan Sam. Bahkan ketika Sam pindah tempat, anjing itu juga akan ikut pindah. Jika anjing tersebut mendeteksi adanya Sam, dia bakal memberikan perintah kepada para penjaga lainnya yang berpatroli.

Hal ini membuat AI di Splinter Cell: Blacklist begitu digdaya untuk dihadapi tentunya.

Middle Earth: Shadow of Mordor

Middle Earth: Shadow of Mordor memberikan gamer kejutan dengan menghadirkan sebuah sistem bernama Nemesis yang memungkinkan para Orc dan Uruk Hai yang sudah bertemu dengan sang karakter utama, Talion akan kenal ketika keduanya bertemu kembali. Nemesis sistem membuat dunia yang ada di Shadow of Mordor juga sangat dinamis. Selain kenal dengan Talion setelah para Orc dan Uruk Hai ini bertemu, Nemesis juga membuat sistem kepemimpinan para Orc dan Uruk Hai bisa berganti. Para Orc serta Uruk Hai yang sudah kenal dengan kalian serta sukses membunuh kalian, mereka bakal naik pangkat hingga pangkat tertinggi.

Tak lupa, Orc dan Uruk Hai yang kenal dan bertemu bakal melakukan sebuah pembicaraan dengan kalian. Dengan Nemesis sistem, kalian juga tidak bisa asal gebuk dan bunuh para Orc serta Uruk Hai. Untuk membunuh mereka dengan mudah, gamer harus mencari informasi melalui mata-mata soal kelemahan dan kelebihan Orc serta Uruk Hai incaran kalian.

Dengan Nemesis sistem, AI menjadi lebih aktif sehingga dunia yang ada di Shadow of Mordor seakan memiliki dinamikanya sendiri. Tak heran jika Shadow of Mordor menjadi game dengan AI paling cerdas yang pernah ada di industri game.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.