AGI Luncurkan Program Bikin Game Sosialisasi Pencegahan COVID-19

Beda dari lomba sebelumnya, kali ini peserta hanya diminta mendaftarkan ide. Kemenparekraf akan membantu mewujudkannya jadi game sungguhan.


Asosiasi Game Indonesia (AGI) kembali meluncurkan program kegiatan baru di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berjalan. Kalau beberapa waktu lalu mereka punya lomba cipta game dengan judul “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”, kali ini AGI bersama Kemenparekraf mengajak developer Indonesia untuk menciptakan ide game edukatif dalam rangka sosialisasi pencegahan COVID-19 di masyarakat.

BACA JUGA: Intip Hasil Karya Pemenang Lomba “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” di Sini

Program baru ini diberi nama GELORA 2020, singkatan dari Game Lokal Kreasi Indonesia 2020. Beda dari lomba sebelumnya di mana developer diminta untuk mengirimkan game yang sudah jadi, GELORA 2020 hanya meminta peserta untuk mendaftarkan sebuah proposal ide. Kemudian pemilik ide terbaik akan mendapat bantuan dari Kemenparekraf untuk diwujudkan menjadi sebuah karya game utuh.

Sumber: AGI

Ide yang dicari oleh Kemenparekraf haruslah memiliki tema sentral “Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Wabah COVID-19”. Ide itu juga harus bersifat edukasi, dengan konten yang mudah dipahami oleh masyarakat. Produk game akhirnya memang akan digunakan oleh pemerintah untuk membantu usaha sosialisasi wabah ini, sehingga isinya tak boleh sembarangan.

Ada sejumlah syarat penting yang harus dipenuhi oleh setiap ide game yang didaftarkan, yaitu:

  1. Ide game harus memuat konten edukasi pencegahan dan penanggulangan wabah COVID-19 dan harus berisi salah satu di antara tema berikut: Jaga Jarak, Pakai Masker, Bangga Buatan Indonesia, atau New Normal.
  2. Konten edukasi di dalam ide game harus mengacu ke dokumen resmi dari Kementerian Kesehatan (https://bit.ly/DokumenCovid19).
  3. Ide game yang dikumpulkan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  4. Ide game tidak boleh mengandung unsur SARA, Politik dan Hoax.
  5. Hak kekayaan intelektual dari ide game dan hasil karya sepenuhnya adalah milik peserta.
  6. Karya yang dibuat dapat digunakan atau dipromosikan dalam program-program yang diinisiasi oleh Kemenparekraf.
Sumber: AGI

Cukup ketat, bukan? Lebih dari itu, peserta di sini juga harus berasal dari profesional yang bergerak di bidang pembuatan game, memiliki badan hukum berbentuk CV atau PT, sudah memiliki rekam jejak merilis game (terutama mobile), dan sanggup mengembangkan game tersebut sesuai deadline yang diberikan nantinya. Dari ketentuan-ketentuan di atas dapat kita lihat bahwa ini memang program serius dan ditujukan untuk developer berpengalaman.

Pendaftaran ide game untuk GELORA 2020 dibuka mulai 18 Mei 2020 dan akan ditutup pada tanggal 4 Juni 2020 nanti. Untuk persyaratan dan aturan lengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi AGI. Demikian juga untuk melakukan pendaftaran. Kalau kamu memenuhi syarat-syarat GELORA 2020, ini saatnya membuktikan bahwa kamu siap berkontribusi membantu pemerintah untuk melawan pandemi!


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.