5 Game dengan Latar Belakang Cults atau Ajaran Sesat


Banyak game yang menggunakan cults atau ajaran sesat sebagai latar belakang cerita. Tentunya, hal ini membuat jalan cerita menjadi semakin menarik.

Ajaran Sesat di Game

Industri game memang menjadikan beberapa hal tidak biasa untuk dijadikan ide dasar dalam storyline. Salah satu yang digunakan oleh para developer adalah menjadikan cults atau ajaran sesat sebagai inti dari cerita.

Pengertian Cults sendiri adalah sekelompok orang yg memiliki keyakinan atau ritual yg dianggap tidak lazim, berbau mistis, serba misterius, mencurigakan atau pengkultusan terhadap objek yang tidak umum

Namun tidak perlu dipungkiri, biasanya game dengan storyline seperti ini malah disukai karena memiliki alur cerita yang tidak biasa. Nah, berikut 5 game dengan latar belakang cults!

1. Order of the Sword – Devil May Cry

Bagi kalian yang sudah memainkan game Devil May Cry 4, di dalam game ini ada sebuah ajaran bernama Order of the Sword di mana ajaran itu menjadikan Sparda sebagai sesuatu yang harus disembah.

Ajaran ini diketuai oleh seorang pemimpin bernama Sacntus. Sialnya ajaran ini adalah ajaran yang sangat jahat karena hendak memiliki misi untuk menguasai dunia.

Dulunya, Kyrie, pacar Nero merupakan anggota dari perkumpulan ini.

2. The Order – Silent Hill

Menganggap monster sebagai inkarnasi dari tuhan? Tentu saja premis ini benar-benar gila. Ya, pemikiran itu tertuang di dalam organisasi The Order dari seri Silent Hill.

BACA JUGA: Google di Atas Awan dengan Peluncuran Stadia

The Order ini bisa ada karena mereka punya tujuan bahwa setelah kiamat, orang-orang yang memuja kultus ini bakal langsung ke surga. Teror dari The Order sendiri memang benar-benar nyata adanya di Silent Hill selain monster mengerikan itu.

3. Los Illuminados – Resident Evil

Di seri keempat Resident Evil, Leon S Kennedy harus berhadapan dengan sebuah kepercayaan sesat bernama Los Illuminados. Kepercayaan ini membuat orang-orang yang ada di desa tempat Leon bertugas menjadi seperti mayat hidup.

Los Illuminados juga menjadi organisasi yang bertanggung jawab atas menyebarnya virus mematikkan bernama Las Plagas.

Tujuan dari organisasi ini sebenarnya sederhana yakni menculik anak dari Presiden US di Resident Evil, Graham yaitu Ashley Graham. Nantinya Ashley bakal dicangokkan Las Plagas agar wabah itu menyebar di Amerika Serikat.

4. Project Eden’s Gate – Far Cry 5

Far Cry 5 mengambil sebuah tema mengenai ajaran sesat yang bernama Project Eden’s Gate. Ajaran sesat tersebut benar-benar kuat di Hope Country dan ajaran ini dipimpin oleh Joseph Seed.

Selain agama, organisasi ini juga merupakan organisasi militan karena para anggotanya diperkuat dengan senjata-senjata yang bisa membuat para penentangnya langsung dibunuh.

BACA JUGA: Apex Legends Akhirnya Merilis Battle Pass Season 1 – Wild Frontier

Joseph Seed sang pemimpin juga seperti memiliki kekuatan supranatural yang membuatnya benar-benar susah dikalahkan.

5. The Saturnine – Bioshock

Ajaran Sesat di Game
Sumber: Kotaku

Bagi para penggemar Bioshock, mungkin kalian sudah tidak bakalan asing lagi dengan kultus atau ajaran sesat bernama The Saturnine. Bisa dibilang, Kultus ini diisi oleh orang-orang yang benar-benar gila.

Mereka sering menggunakan topeng kayu dengan tanduk yang terbuat dari ranting kecil.

Yang paling gila tentunya adalah mereka doyan sekali mencampur darah manusia dengan plasmids yang nantinya disebut Ambrosia.


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!