Google di Atas Awan dengan Peluncuran Stadia


Industri game kedatangan warna baru setelah Google mengumumkan sebuah cloud gaming platform bernama Stadia pada GDC 2019!

Google di Atas Awan dengan Stadia - Featured

Industri game kedatangan warna baru setelah Google mengumumkan sebuah cloud gaming platform bernama Stadia pada GDC 2019. Tentunya, peluncuran Stadia merupakan langkah besar bagi Google dan industri game, terutama industri cloud gaming yang bisa dibilang masih seumur jagung.

Apa itu Stadia?

Google di Atas Awan dengan Stadia - Assassin Creed

Stadia merupakan gaming platform berbasis teknologi cloud yang artinya kamu bisa bermain game via streaming. Dengan Stadia, kamu tidak perlu lagi membeli console, karena kamu bisa bermain game via streaming menggunakan smartphone, tablet, browser, atau TV asalkan perangkatmu terhubung dengan internet.

Google di Atas Awan dengan Stadia - Demonstrasi

Dalam demonstrasi Stadia, Google menunjukan seseorang bermain Assasin’s Creed: Odyssey menggunakan Chromebook, lalu pindah ke smartphone, dilanjutkan ke PC, dan setiap perpindahan ini dilakukan dengan melanjutkan keadaan terakhir dari device sebelumnya.

Google di Atas Awan dengan Stadia - 4K

Untuk soal tampilan, Stadia menjajikan pengalaman bermain dalam 60 fps, dengan HRD dan resolusi 4K. Bahkan kedepannya Stadia diklaim mampu menyajikan resolusi 8K dengan frame rate hingga 120 fps.

Stadia Controller

Google di Atas Awan dengan Stadia - Stadia Controller

Stadia juga akan dirilis bersamaan dengan Stadia Controller, sebuah gamepad khusus untuk memainkan game pada Stadia. Tampilan Stadia Controller tidak jauh berbeda dengan controller pada console lainnya, secara fisik yang membedakan adalah terdapat tombol share ke Youtube dan tombol Google Assistant.

Bagian terbaiknya, kamu tidak harus menggunakan Stadia Controller untuk bermain game Stadia, yang artinya kamu bisa menggunakan DualShock 4, Xbox Wireless Controller, atau Keyboard dan Mouse.

Kapan Stadia Bisa Dimainkan?

Google di Atas Awan dengan Stadia - Peluncuran

Google tidak mengumumkan tanggal pasti kapan Stadia bisa dimainkan, namun Google menyatakan bahwa platform cloud gaming ini akan tersedia pada tahun 2019 di US, Canada, UK, dan Eropa sebagai destinasi perilisan awal. Google juga belum mengumumkan harga dari layanan ini. Namun kabarnya akan ada pengumuman lebih lanjut pada musim panas nanti.


Brian

Mantan pemain profesional Snake yang belum pernah memenangkan gelar apapun. Astronaut of Gimbot.