Blizzard Batalkan Proyek World of Warcraft Mobile


Menurut laporan terbaru, Blizzard dan NetEase telah membatalkan proyek World of Warcraft Mobile setelah dikembangkan selama 3 tahun lamanya

world of warcraft mobile

Ada kabar kurang mengenakan nih bagi kamu yang telah menantikan game World of Warcraft mobile, karena belum lama ini Blizzard dan NetEase dilaporkan telah membatalkan pengembangan game.

Proyek dengan nama kode Neptune ini awalnya akan menjadi sebuah spinoff dari World of Warcraft, MMORPG yang telah menjadi franchise unggulan dari developer sejak game-nya pertama kali dirlis pada tahun 2004 silam. Sebagai sebuah spinoff, World of Warcraft mobile ini rencananya akan menggunakan dunia dari game Warcraft (Azeroth), namun berlangsung pada periode waktu yang berbeda dari versi PC-nya. Dan salah satu fakta yang mengejutkan adalah pengembangan game World of Warcraft mobile ini telah berjalan selama 3 tahun lamanya.

Meskipun sejak artikel ini ditulis, belum ada informasi detail tentang alasan kenapa game World of Warcraft mobile ini dibatalkan, namun menurut laporan Bloomberg, itu terjadi karena konflik finansial antara Blizzard dan NetEase yang tidak mencapai kesepakatan. Keputusan ini telah mengakibatkan lebih dari 100 developer game dibubarkan oleh NetEase dan hanya beberapa dari mereka yang tetap bekerja sama dengan perusahaan.

BACA JUGA: Banjir Respon Positif, John Cena Ingin Kolaborasi Lagi denganĀ Fortnite

Sebagai informasi, pasar game mobile di Cina memiliki angka yang cukup besar, yakni mencapai 660 juta, dan konflik yang terjadi antara NetEase dan Blizzard ini telah menimbulkan keraguan apakah kedua perusahaan tersebut bisa menjalin kolaborasi lagi di masa depan. NetEase telah menjadi mitra Blizzard di Cina sejak tahun 2008, dan peran perusahaan adalah mengelola game Blizzard dan platform Battle.net untuk wilayah Cina. Kemudian sejak itu, kemitraan antara kedua perusahaan ini berkembang menjadi joint development (pengembangan bersama).

Salah satu produk hasil pengembangan bersama tersebut bisa kita lihat lewat game Diablo Immortal, yang banyak membuat para gamer berteriak karena besarnya unsur p2w (pay to win) di game. Namun, alih-alih sepi, game mobile ini justru populer dan menjadi penghasil terbesar untuk perusahaan, tercatat Diablo Immortal telah menghasilkan lebih dari 49 juta dolar (sekitar 732 miliar rupiah) di bulan pertama peluncurannya.

Bagi kamu yang sudah terlanjur kecewa dengan kabar ini, jangan khawatir! Karena dalam waktu dekat Blizzard telah mengumumkan kehadiran expansion Wrath of the Lich King untuk World of Warcraft Classic dan juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadirkan new fresh server, yang artinya kamu bisa menikmati serunya bermain game World of Warcraft dari awal lewat expansion terbaiknya.


Era