Apakah Nintendo Switch OLED Model Layak Beli? Ayo Kita Lihat “Upgrade” yang Kamu Dapatkan


Nintnedo akhirnya mengeluarkan Switch model terbaru. Tapi apakah model layak kamu beli menggantikan Switch model lama?

upgrade-nintendo-switch-oled-model-layak-tidak-featured

Nintendo akhirnya mengumumkan console model terbarunya, yaitu Nintendo Switch OLED Model. Layaknya console baru, OLED Model ini menjanjikan beberapa upgrade di beberapa fitur dan spesifikasinya. Pertanyaan besarnya tentu saja apakah model baru ini layak dimiliki. Buat kamu yang sudah punya Nintendo Switch, apakah kamu harus melakukan upgrade dengan membeli model ini? Lalu untuk yang ingin membeli Switch pertamanya, apakah model baru ini layak dibeli dibandingkan model lama yang harganya akan lebih murah?

Ayo kita bahas apa saja upgrade yang kamu dapatkan dari Nintendo Switch OLED Model ini.

Gambar yang Lebih Baik

upgrade-nintendo-switch-oled-model-layak-tidak-visual

Sesuai namanya, Nintendo Switch model terbaru ini akan menggunakan layar OLED, berbeda dengan model lama yang menggunakan LCD. Satu hal yang dijanjikan oleh layar ini adalah warna yang lebih cerah terutama ketika kamu bermain dalam posisi handheld atau tabletop. Selain itu layarnya juga 7 inci, lebih lebar dari model lama yang hanya 6,2 inci. Bezel atau bingkai layarnya juga lebih tipis.

Sayangnya selain 60fps ketika docked, Nintendo Switch OLED Model ini tidak menjanjikan resolusi gambar yang lebih besar. Artinya dalam posisi docked kamu tetap mendapatkan 1080p, sementara untuk handheld dan tabletop kamu tetap mendapatkan 720p.

Suara yang Lebih Jernih

upgrade-nintendo-switch-oled-model-layak-tidak-audio

Speaker Nintendo Switch OLED Model terletak di bagian bawah menghadap ke depan. Ini berbeda dari model lama yang juga ada di bawah tapi di bagian belakang. Selain itu audionya yang menggunakan PCM 5.1ch juga menjanjikan suara yang lebih jernih. Kombinasi posisi speaker dan teknologi baru ini tentu menjanjikan pengalaman audio yang lebih baik.

Memori Internal yang Lebih Besar

upgrade-nintendo-switch-oled-model-layak-tidak-memori

Memori internal Nintendo Switch OLED Model adalah 64GB, alias dua kali lipat dari model lama yang hanya 32GB. Ini artinya kamu bisa menyimpan lebih banyak game atau file tanpa harus membeli SD Card terpisah. Bahkan jika kamu lebih suka membeli game fisik, kamu mungkin tidak perlu lagi membeli SD Card.

Build-in LAN Port

upgrade-nintendo-switch-oled-model-layak-tidak-lan

Nintendo Switch dikenal dengan infrastruktur online-nya yang menjengkelkan. Agar mendapatkan pengalaman online yang lebih baik kamu sebaiknya bermain dengan koneksi kabel LAN. Tapi untuk itu kamu harus membeli adaptor terpisah, dan adaptor yang kamu beli juga tidak bisa sembarangan.

Nah, Nintendo Switch OLED Model ini sudah memiliki port untuk koneksi LAN. Jadi kamu tidak perlu membeli adaptor untuk mendapatkan koneksi kabel ke internet.

”Kaki” yang Lebih Lebar dan Fleksibel

upgrade-nintendo-switch-oled-model-layak-tidak-kaki

Terakhir, “kaki” Nintendo Switch ini jauh lebih lebar, hampir sama lebarnya dengan ukuran layar. Ini tentu jauh lebih besar jika dibandingkan dengan model lama yang hanya seukuran jari saja. Artinya ketika bermain dalam posisi tabletop, kamu tidak perlu takut Switch kamu tiba-tiba jatuh. Selain itu kaki ini juga lebih fleksibel. Kamu bisa mengatur kemiringan layar sesuka hati agar sesuai dengan posisi kepalamu.


Pertanyaannya, dari semua upgrade di atas, apakah Nintendo Switch OLED Model ini layak dibeli? Buat kamu yang belum memiliki Nintendo Switch dan ingin membeli console pertamamu, OLED Model ini jelas layak kamu beli. Tapi jika kamu akan lebih sering bermain dalam posisi docked, kamu mungkin bisa mempertimbangkan model lama yang lebih murah.

Lalu jika kamu sudah memiliki Nintendo Switch (versi manapun), upgrade model baru ini tidak terlalu signifikan apalagi jika kamu sudah punya aksesoris yang menutupi kekurangan model lama seperti adaptor LAN. Artinya kamu tidak akan kehilangan banyak jika tidak melakukan upgrade dengan membeli model baru ini.


Kaoru

Hmmm...