The Pokemon Company Umumkan Game MOBA Smartphone, Pokemon Unite

Meskipun genre MOBA smartphone sudah cukup ramai, Pokemon sepertinya tetap mau bersaing dengan merilis Pokemon Unite.


tpc-umumkan-moba-pokemon-unite-featured

Minggu lalu dalam Pokemon Presents tanggal 17 Juni, The Pokemon Company mengatakan bahwa mereka punya satu pengumuman lagi di tanggal 24 Juni 2020 alias malam tadi. Pengumuman tersebut adalah Pokemon Unite, sebuah game MOBA yang dikembangkan bekerja sama dengan Tencent dan Timi.

Layaknya game MOBA di smartphone pada umumnya, di Pokemon Unite kamu akan bermain bersama tim berisi lima pemain dan menghadapi tim lawan. Masing-masing tim punya lima titik objektif bernama Core yang terletak di tiga lajur dan tentunya harus dilindungi.

Sekilas, game tersebut terlihat sangat mirip dengan MOBA pada umumnya seperti Mobile Legends atau Dota 2. Tapi game ini punya dua hal yang membuatnya berbeda.

Pertama adalah objektif permainan dan caramu untuk mencapainya. Tugasmu adalah mengalahkan dan menangkap Pokemon liar yang berada di sekitar area permainan. Tiap Pokemon liar akan memberikanmu poin yang harus kamu bawa ke salah satu Core lawan. Berhasil memasukkan poinmu ke Core lawan akan menambah peroleh poin tim. Tiap pertandingan sepertinya punya durasi waktu dan siapa yang keluar sebagai pemenang akan dihitung berdasarkan jumlah poin yang dikumpulkan oleh kedua tim. Tapi dalam demo gameplay yang diperlihatkan, sepertinya kamu juga bisa memenangkan pertandingan dengan menghancurkan lima Core lawan.

Hal kedua yang membuat Pokemon Unite sedikit berbeda adalah sistem skill. Pokemon yang kamu kendalikan akan mendapatkan EXP dan level tiap kali menangkap Pokemon liar. Saat mencapai level tertentu, Pokemon yang kamu kendalikan juga bisa berevolusi. Selain itu, ketika naik level, kamu juga bisa memilih skill yang ingin kamu miliki sepanjang permainan. Artinya meskipun menggunakan Pokemon yang sama di dua pertandingan yang berbeda, kamu mungkin akan membawa skill set yang berbeda di masing-masing pertandingan. Ini tentu berbeda dari MOBA pada umumnya di mana tiap karakter punya skill set yang tidak akan pernah berubah.

Tapi terlepas dari perbedaan tersebut, pertanyaan terbesarnya adalah apakah game ini masih bisa mendapatkan pemain? Memang, genre MOBA smartphone masih belum punya “pemenang”. Tapi baik Mobile Legends dan Arena of Valor sudah memiliki basis pemain yang cukup besar. Tidak hanya itu, tahun ini Riot Games juga sepertinya akan merilis League of Legends versi mobile yaitu League of Legends Wild Rift.


Saat diumumkan, Pokemon Unite belum mendapatkan tanggal rilis sama sekali.


Kaoru

Hmmm...