5 Tips Membentuk Lineup yang Solid di Genshin Impact

Kamu selalu bisa membuat lineup yang solid di Genshin Impact bahkan dengan karakter manapun tanpa harus mengeluarkan uang untuk gacha.


tips-membentuk-lineup-genshin-impact-featured

Sebagai game yang tersedia di smartphone, Genshin Impact punya sistem gacha yang berpeluang memberikanmu karakter baru. Sayangnya rate atau peluang untuk mendapatkan karakter bisa dibilang kurang bersahabat. Kamu bisa saja diberikan karakter yang mungkin tidak kamu inginkan atau hanya diberikan senjata. Selain itu tidak semua orang punya uang lebih untuk membeli premium currency untuk melakukan reroll sampai mendapatkan karakter yang diinginkan.

Tapi untungnya Genshin Impact punya sistem combat yang memungkinkanmu membangun party/lineup yang oke bahkan jika kamu tidak punya banyak karakter. Memang, karakter bintang lima akan sangat membantumu menjajal konten yang lebih sulit. Tapi di luar itu, selama kamu bisa mengikuti tims umum di bawah, anything can work.

1. Tentukan Strategi dan Elemen yang Jadi Poros Utama

tips-membentuk-lineup-genshin-impact-resonance

Kunci utama dalam combat Genshin Impact adalah memanfaatkan elemen dan Elemental Reaction yang bisa dihasilkan oleh masing-masing karakter. Karena itu kenali bagaimana cara kerja setiap Elemental Skill dan Elemental Burst karaktermu. Dari situ padukan karaktermu untuk mengaktifkan Elemental Reaction yang kamu inginkan dalam combat.

Selain itu pastikan kamu juga memanfaatkan efek Elemental Resonance. Efek ini aktif jika kamu membawa dua karakter dengan elemen yang sama di dalam party/lineup. Manfaatkan Elemental Reaction dan Resonance ini untuk membentuk lineup yang kamu inginkan.

tips-membentuk-lineup-genshin-impact-party

Sebagai contoh, pada gambar di atas saya menggunakan Barbara, Xianling, Beidou, dan Fischl. Saat artikel ini rilis, tiga dari empat karakter ini punya rate-up banner sehingga lebih mudah didapat dari gacha pull. Selain itu Barbara dan Xianling juga bisa kamu dapatkan dengan gratis. Lalu jika tidak punya Fischl atau Beidou, kamu bisa menggantinya dengan Lisa.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Bermain yang Sering Dilakukan Newbie di League of Legends: Wild Rift

Lineup ini jelas memanfaatkan semua interaksi dengan Electro, terutama Overload (Electro+Pyro). Strategi umumnya adalah melakukan setup dengan Elemental Skill Xianling, kemudian switch ke Beidou atau Fischl untuk mengaktifkan efek Overload. Karena membawa dua karakter Electro, efek Overload akan menciptakan Elemental Particle yang memberikan energi untuk Elemental Burst. Artinya lineup ini bisa mengisi dan merotasi Elemental Burst dengan cepat.

Ada banyak alternatif lain tergantung dari apa yang kamu miliki. Kamu bisa membuat lineup yang memanfaatkan Superconduct (Electro+Cryo) dengan Shattering Ice (dua karakter Cryo), atau Vaporize (Pyro+Hydro) dengan Fervent Flames (dua karakter Pyro), dan seterusnya.

2. Pastikan Strategimu Fleksibel

tips-membentuk-lineup-genshin-impact-combat-4

Pastikan strategi atau elemental Reaction yang kamu manfaatkan bisa kamu aktifkan dengan banyak cara. Hanya mengandalkan satu metode untuk satu Elemental Reaction akan membuatmu kehilangan akal jika Elemental Skill salah satu karaktermu sedang dalam cooldown. Idealnya, kamu ingin merotasi Elemental Skill setiap karaktermu untuk terus mengaktifkan Elemental Reaction ke lawan.

Sebagai contoh, di lineup yang saya sebutkan di atas, cara termudah untuk mengaktifkan efek Overload adalah dengan Xianling dan Beidou. Ini karena Elemental Skill dan Elemental Burst kedua karakter tersebut bisa mengaktifkan Overload dengan mudah. Tapi saya tetap bisa switch ke Fischl jika semua ability Beidou sedang cooldown. Lalu jika ability Xianling sedang cooldown, saya bisa memasukkan Barbara untuk Electro-Charge.

Sekali lagi, kenali mekanisme Elemental Skill dan Elemental Burst karaktermu. Dari situ tentukan bagaimana caramu merotasi karakter di tengah combat agar kamu bisa mengaktifkan Elemental Reaction sesering mungkin.

3. Tentukan Peran Masing-Masing Karakter

tips-membentuk-lineup-genshin-impact-combat1

Sebuah lineup akan terdiri dari karakter yang menjalankan peran yang berbeda. Tentukan siapa yang akan menjadi damage dealer utama dan paling sering ada di tengah pertarungan untuk terus mengaktifkan Elemental Reaction, siapa yang memberikan sustainability menghadapi lawan yang sulit, dan seterusnya.

Meskipun memang bisa, tidak semua karakter bisa jadi “bintang lapangan,” apalagi menghadapi musuh yang juga punya damage output besar. Sebagai contoh, dua karakter utama dalam lineup di atas adalah Xianling dan Beidou. Keduanya bisa dengan mudah mengaktifkan efek Overload dengan Elemental Skill dan Elemental Burst. Sementara Fischl saat ini lebih berperan sebagai support untuk memberikan status Electro ke lawan. Lalu Barbara berperan sebagai healer, tapi juga bisa mengaktifkan efek Electro-Charge.

4. Build Karaktermu Sesuai Perannya

tips-membentuk-lineup-genshin-impact-artifact

Menyusun karakter dan posisinya tentu masih belum cukup. Kamu masih bisa membuat tiap karakter bisa menjalankan perannya dengan lebih efektif dan memasang Artifact yang sesuai.

Artifact di Genshin Impact tidak hanya membantu menambah atribut attack, defense, dan HP saja. Kamu juga bisa menambah kekuatan heal atau perolehan energi karakter, terutama jika kamu bisa memasang dua atau empat Artifact dari set yang sama.

Sebagai contoh, saya menggunakan Xianling sebagai damage dealer, termasuk dari serangan fisik biasa. Karena itu saya menggunakan Artifact yang memberikannya Attack, terutama dari set Sojourner dan set Martial Artist. Sementara karena efek heal Barbara semakin kuat seiring jumlah HP yang ia miliki, ia tentu akan sangat diuntungkan dengan Artifact dan Set yang memberikannya bonus HP.

5. Just In Case, Siapkan Strategi Cadangan

tips-membentuk-lineup-genshin-impact-combat-3

Suka atau tidak, akan ada saat di mana strategimu sulit digunakan. Ini biasanya karena lawan atau Domain yang kamu hadapi memiliki elemen yang sama dengan strategi utamamu. Kamu jelas tidak bisa berbuat banyak jika misalnya menghadapi musuh Electro dengan dua karakter Electro.

Atas alasan itu ada baiknya kamu punya paling tidak satu atau dua karakter yang bisa memberikanmu strategi cadangan. Misalnya dalam lineup di atas, kamu bisa mengganti salah satu karakter Electro dengan Traveler (Anemo). Kamu jelas akan kehilangan Elemental Resonance, tapi minimal kamu tidak mati akal ketika berhadapan dengan sekumpulan Electro Slime atau Electro Hypostasis.


Sekali lagi, kecuali kamu ingin menjajal konten end-game yang sulit seperti Spiral Abyss level tinggi, hampir semua karakter bisa berfungsi secara efektif dalam combat. Artinya kamu tetap bisa menikmati permainan bahkan tanpa karakter langka sekalipun. Kamu hanya perlu mengenali dan memanfaatkan interaksi dan efek elemen yang dihasilkan dair ability karakter yang kamu miliki.


Kaoru

Hmmm...