[OPINI] Tips Jitu untuk Sukses Upgrade PC Gaming Kalian


Ada beberapa cara untuk melakukan upgrade PC gaming kalian. Meski susah, cara ini cukup bisa diandalkan dan cukup jitu.

PC Gaming

Bermain game di PC memang memberikan kesan yang tentunya lebih mendalam dibandingkan di console. PC memberikan pengalaman yang lebih dahsyat terutama soal grafis. Tapi sayang game di era modern seperti sekarang ini memiliki system requirement yang lebih berat dibandingkan era-era terdahulu.

Jika kalian yang memang menginginkan performa terbaik, sepertinya sudah saatnya melakukan upgrade PC gaming buluk kalian. Tapi sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan upgrade PC mereka menjadi lebih baik.

Berbagai keterbatasan terkadang menjadi halangan. Tapi Gimbot kali ini akan memberikan tips untuk sukses melakukan upgrade PC gaming buluk kalian menjadi lebih baik. Untungnya, di tahun 2019 ini banyak sekali pilihan part dengan harga terjangkau.

Simak tips berikut ini:

Jual Part Lama PC Kalian

Ray Tracing

Kiat pertama yang harus dilakukan adalah menjual part lama PC kalian. Dengan begini kalian akan mendapatkan sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk membelikan part baru. Tapi untuk menjual part lama, kalian harus memilah mana yang masih layak atau tidak.

Jika dulunya kalian menggunakan power supply yang punya performa bagus dan masih sehat, kalian bisa menyisihkan power supply ini untuk PC baru kalian nantinya. Gimbot juga menyarankan agar hardisk di PC lama kalian tidak perlu dijual.

Dengan begitu ada part seperti Prosesor, RAM, Motherboard, VGA dan casing yang bisa dijual nantinya karena power supply dan hardisk tetap dipertahankan. Tapi jika sekiranya power supply yang kalian miliki kurang mumpuni, ada baiknya untuk ikut dijual saja.

Nabung dan Tentukan Durasinya

Nabung bisa menjadi solusi jika kalian ingin melakukan upgrade PC. Tapi jika nabung terlalu lama, khawatirnya uang yang ada akan terpakai. Oleh sebab itu tentukan durasi menabung kalian misalnya satu tahun atau dua tahun. Gimbot pribadi menabung untuk melakukan upgrade selama 10 bulan.

Selain itu ada keuntungan dari menabung ini karena biasanya dalam kurun waktu enam bulan hingga satu tahun, terkadang ada part PC baru yang diluncurkan dan membuat harga part yang serinya lama akan turun harga. Contohnya ketika Ryzen 5 3600 diluncurkan, harga Ryzen 5 2600 turun menjadi Rp2,1 juta.

BACA JUGA: Kelebihan Uncharted Franchise yang Bikin Susah Dilupakan

Selain itu, fokuskan menabung untuk membeli part yang penting seperti Motherboard, VGA, RAM, dan Prosesor. Untuk casing, ada banyak sekali casing second murah yang bisa dibeli di toko PC bekas dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika ingin lebih hemat, kalian bisa menggunakan casing lama yang kalian miliki.

Sesuaikan dengan Budget

Ryzen 3000

Yang paling penting dari rencana upgrade PC adalah sesuaikan dengan budget yang kalian miliki. Uang nabung ditambah dengan hasil jualan part lama bisa dihitung ada berapa. Kemudian setelah itu sesuaikan dengan budget kalian.

Jika sekiranya belum cukup, ada opsi lain di mana kalian tidak usah membeli VGA. Solusinya ada prosesor yang punya teknologi APU namun performanya sangat mumpuni baik itu dari Intel maupun AMD. Tapi di tahun 2019 ini, APU yang sering dilirik biasanya dari AMD karena menawarkan kemampuan grafis setara VGA tipe low end.

Intinya, jangan pernah menargetkan terlalu tinggi untuk upgrade PC kalian kecuali jika keuangan kalian cukup sehat untuk melakukan ini. Tapi bagi yang punya keterbatasan dari segi finansial, menentukan dan menyesuaikan budget sudah menjadi jalan terbaik.

Niat

Kiat selanjutnya adalah niat serta keinginan yang kuat. Di salah satu forum PC builder di Indonesia, ada banyak cerita suka duka para member yang banyak punya keterbatasan namun berhasil melakukan upgrade. Dengan niat serta kemauan yang kuat, semua bisa didapatkan.

Tentu dari serangkaian kiat-kiat ini yang paling susah adalah menabung. Karena di tengah jalan, terkadang ada kebutuhan yang membuat gamer terdesak sehingga harus menggunakan tabungan mereka.

Dengan niat yang bulat dan tekad yang kuat, PC gaming andalan kemungkinan besar sampai di tangan kalian!


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.