10 Tips Bermain Final Fantasy XII The Zodiac Age


Final Fantasy XII The Zodiac Age menuntut kamu meramu strategi bahkan sebelum bertarung. Berikut tips agar kamu tidak membuat kesalahan

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-featured

Final Fantasy XII The Zodiac Age adalah game dengan beberapa gameplay yang berbeda dari Final Fantasy sebelumnya. Ada beberapa hal yang membuat kamu harus menyusun rencana dan melakukan setup bahkan sebelum keluar dari kota.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips bermain Final Fantasy XII The Zodiac Age terutama dalam hal persiapan dan membuat rencana. Dengan begitu kamu tidak menyesal mengambil beberapa keputusan yang tidak bisa ditarik kembali.

1. Maksimalkan Gambit, Bahkan untuk Satu Bos Spesifik

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-gambit-ashe

Gambit adalah pusat dari semua pertarungan Final Fantasy XII. Banyak pertarungan yang berlangsung cepat dan rusuh, sehingga kamu ingin karaktermu bertindak secara otomatis. Dengan begitu kamu lebih leluasa untuk melihat kondisi sekitar dan melakukan micro-management atau mengubah Gambit segera.

Karena itulah, selalu maksimalkan penggunaan Gambit kamu untuk semua situasi. Beberapa bos tertentu bahkan punya gimmick dan handicap tersendiri sehingga kamu harus punya Gambit khusus untuk bos tersebut.

Khusus Final Fantasy XII The Zodiac Age, tiap karakter punya tiga set Gambit. Jadi kamu tidak perlu mengubah set utamamu hanya untuk satu bos saja. Cukup buat set baru untuk itu.

2. Always Have Libra On

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-libra

Apapun yang kamu lakukan, pastikan salah satu anggota party aktif kamu memiliki Libra. Spell ini akan membuatmu bisa melihat ranjau yang ada di tanah. Kebanyakan dari ranjau ini punya efek yang berbahaya, dari menghasilkan damage besar sampai memberikan efek Disease. Dengan melihat posisinya, kamu bisa menghindari ranjau tersebut atau bersiap menelannya jika memang tidak bisa dihindari.

Libra juga membuatmu bisa melihat informasi hampir semua monster yang ada di area sekitar. Informasi ini meliputi level, HP, buff yang sedang aktif, dan elemen kelemahannya. Mengetahui elemen yang jadi kelemahan lawan membuatmu bisa membunuh mereka dengan cepat. Jika memasuki area baru, kamu juga bisa langsung melihat seberapa kuat monster yang berada di area tersebut. Lalu saat menghadapi bos, kamu bisa melihat buff yang sedang mereka miliki.

Saran saya, pasang Libra di party leader karena merekalah yang kamu kendalikan untuk menghindari ranjau. Sebagai alternatif, pasang aksesoris Bangle di salah satu anggota party. Ingat, kamu hanya perlu satu Libra untuk melihat semua hal.

3. Ketika Bertemu Bos, Jangan Lupa Steal dan Dispel

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-dispel

Ada dua hal yang harus selalu kamu lakukan ketika menghadapi bos, yaitu menggunakan Steal dan Dispel (jika perlu). Beberapa bos memiliki item yang cukup berharga bahkan sangat langka. Karena itu kamu ingin paling tidak melihat apa yang mereka miliki dengan menggunakan Steal.

Memasuki late game, hampir semua bos memulai pertarungan dengan serangkaian buff. Untuk menghilangkannya, gunakan Dispel atau Dispelga ke bos tersebut. Ini akan membuat pertarungan dengan bos tersebut jadi sedikit lebih mudah.

Kamu tidak harus memasang Steal atau Dispel di dalam set Gambit kamu. Tapi jangan pernah lupa untuk melakukan keduanya begitu memulai pertarungan dengan bos atau bahkan Hunt Mark.

4. Rencanakan Pengambilan Quickening dan Esper

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-fran-license

Quickening dan Esper bisa kamu akses melalui License Board. Tapi jangan asal mengambil Quickening dan Esper begitu kamu melihatnya. Perhatikan posisi Quickening dan Esper tersebut.

Beberapa job punya License Board di mana beberapa petak sepertinya tidak bisa diakses. Petak tersebut akan terhubung jika kamu memasang Quickening atau Esper. Misalnya, Machinist tidak akan pernah bisa mengakses Hastega jika tidak memiliki Esper Famfrit. Empat License senjata untuk Shikari hanya bisa diakses jika kamu mengambil Quickening.

Satu karakter hanya bisa mengambil tiga Quickening dari empat petak yang tersedia. Lalu satu Esper hanya bisa diambil oleh satu karakter saja. Karena itu sebelum mengambilnya, selalu perhatikan apakah Quickening atau Esper tersebut bisa menghubungkan kamu ke License tertentu?

5. Pisahkan Healer dari Tugas Menghasilkan Damage

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-gambit-penelo

Memasuki late game, tugas melindungi party dari kematian akan jadi makin berat. Lawan kamu, terutama bos, akan memiliki kekuatan serangan yang sangat tinggi bahkan ketika kamu punya equipment yang oke. Healer tim kamu harus bekerja keras dan mengeluarkan berbagai spell mulai dari Curaga/Curaja, Protectga/Shellga/Hastega, lalu sesekali Arise/Esuna/Cleanse/Bravery/Faith.

Karena tugasnya itu, healer sebaiknya tidak diberikan tugas atau job yang menghasilkan damage. Pertama, ia hampir tidak akan punya waktu untuk itu. Saat atau setelah menggunakan spell yang menghasilkan damage, ia sudah harus melakukan healing. Kedua, mengeluarkan semua spell di atas menguras banyak mana. Karena itu kamu mungkin tidak punya mana yang bisa digunakan untuk menghasilkan damage.

6. Jangan Hanya Tergantung Pada Satu Healer/Support

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-gambit-fran

Satu cara untuk sedikit meringankan beban healer dalam melindungi dan memberikan buff adalah dengan memberikan sebagian tugas ke karakter lain. Karakter dengan job seperti Red Battlemage dan Knight bisa mengakses spell seperti Raise dan Esuna. Karena itu jangan lupa memasukkan dua spell tersebut ke Gambit karakter tersebut.

Adanya support tambahan bukan hanya meringankan beban healer saja. Dalam permainan akan ada saat di mana healer kamu akan jadi incaran dan tumbang. Raise dari karakter lain akan menghidupkan karakter tersebut dengan cepat. Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan ritme atau momentum di tengah pertarungan.

7. Jika Senjata Utamamu Punya Elemen, Simpan Senjata Cadangan Non-Elemen

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-ninja-blade

Senjata dengan damage elemental punya posisi yang unik di Final Fantasy XII The Zodiac Age. Dalam situasi normal, senjata ini sangat kuat karena elemental ini biasanya membuat senjata kamu menghasilkan damage yang lebih besar.

Hanya saja, ada beberapa musuh dalam permainan yang kuat, kebal, atau bahkan menyerap elemen tertentu. Contohnya adalah Yagyu Darkblade milik Shikari. Meskipun cukup kuat, elemen Dark membuat senjata ini justru memberikan heal ke Undead. Artinya kamu harus mengganti senjata saat itu juga. Pertanyaannya, apakah kamu punya senjata cadangan atau tidak?

Saran saya, jika senjata utama satu karakter punya elemen tertentu, siapkan senjata cadangan non-elemental. Dengan begitu kamu bisa langsung mengganti senjata jika senjata tersebut tidak efektif menghadapi musuh tertentu.

8. Selalu Simpan Equipment yang Mengurangi atau Menyerap Elemen Tertentu

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-white-mask

Mirip dengan menyimpan senjata tertentu, jangan lupa menyimpan armor dan aksesoris yang menangkal elemen tertentu. Rubber Suit atau Diamond Armlet misalnya, membuat karaktermu kebal terhadap Thunder. Black Mask membuat karaktermu menyerap Dark, White Mask dan Sage’s Ring menyerap Holy, dan masih banyak lagi yang mengurangi damage elemen lain.

Armor dan aksesoris ini akan sangat berguna menghadapi bos dengan elemen tertentu. Misal menghadapi Ultima, kamu tinggal memasang White Mask sehingga bisa menyerap Holyja. Ketika mengganti party di tengah pertarungan, kamu juga bisa mengoper White Mask ini ke karakter yang membutuhkan. Cukup pastikan karakter tersebut punya License untuk menggunakannya.

Meskipun tidak lebih kuat dari equipment kamu saat itu, selalu simpan equipment anti-elemen yang kamu peroleh. Dalam beberapa situasi equipment tersebut akan sangat membantu.

9. Jangan Takut Salah Mengambil Job Atau License

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-job-reset

Ingat, dalam Final Fantasy XII The Zodiac Age kamu bisa mengganti Job. Begitu mengganti Job, kamu bisa memilih Job yang baru jika merasa yang sebelumnya kurang tepat. Tidak cuma itu, semua Licese Board kamu akan diulang dari awal dan semua License Point kamu akan dikembalikan.

By the way, kami juga punya beberapa kombinasi job rekomendasi untuk Final Fantasy XII The Zodiac Age

10. Jangan Malas Menjelajah

tips-final-fantasy-xii-the-zodiac-age-menjelajah

Beberapa spell dan item late game yang sangat kuat tidak bisa dibeli di toko manapun. Semuanya berada di berbagai lokasi di area yang opsional alias tidak perlu kamu kunjungi. Karena itu jangan malas menjelajahi semua sudut di tiap area.

Jika kamu mengunjungi area opsional, pastikan party kamu siap. Mayoritas area opsional di game ini berisi banyak musuh yang sangat kuat. Sekali lagi, kamu bisa melihat level dan kekuatan monster dengan Libra. Dari situ kamu bisa menilai apakah party kamu sudah siap menelusuri sebuah area baru.


Kaoru