5 Kombinasi Job Terbaik di Final Fantasy XII The Zodiac Age


Bingung memilih kombinasi job di Final Fantasy XII The Zodiac Age? Kami punya beberapa kombinasi ideal yang bisa kamu gunakan.

kombinasi-job-terbaik-final-fantasy-xii-zodiac-age-featured

Salah satu fitur baru yang cuma ada di Final Fantasy XII: Zodiac Age adalah dual job. Dengan fitur ini, tiap karakter bisa memilih dua dari 12 job yang tersedia. Masing-masing job memiliki kelebihan, kekurangan, dan fungsinya sendiri. Karena itu kamu harus mempertimbangkan job apa saja yang kamu pilih untuk masing-masing karakter.

Jika kamu terobsesi dengan optimalisasi, pertanyaannya adalah kombinasi job apa yang ideal untuk dimiliki dalam party. Sebenarnya, kombinasi apa saja bisa digunakan, tapi dalam artikel ini kami akan memberikan lima kombinasi yang cukup efektif. Kelimanya cukup kuat hampir di semua fase, entah itu di awal permainan atau saat kamu ingin menghadapi bos rahasia yang luar biasa kuat.

1. Foebreaker – Shikari

kombinasi-job-terbaik-final-fantasy-xii-zodiac-age-foebreaker

Foebreaker adalah satu-satunya job yang bisa mengakses empat break spell (Addle, Wither, Expose, Shear). Keempat spell ini akan sangat membantu terutama dalam menghadapi berbagai bos dan Hunt Mark di late game.

Sayangnya, job ini lebih lambat dibanding yang lain. Tidak cuma itu, senjatanya (Hammer & Axe) punya damage output yang tidak konsisten. Shikari bisa menutupi kedua kelemahan tersebut.

Pertama, Shikari bisa mengakses Ninja Blade, salah satu jenis senjata yang cukup kuat karena potensi combo-nya yang tinggi. Kedua, Shikari juga punya akses ke tiga Swiftness di License Board. Ditambah dengan Genji Gloves, damage output karaktermu bisa meningkat drastis.

2. Bushi – Knight

kombinasi-job-terbaik-final-fantasy-xii-zodiac-age-bushi

Bushi juga salah satu job dengan potensi combo serta kecepatan yang cukup tinggi. Dengan senjata yang cukup kuat, class ini juga punya damage output yang cukup mumpuni.

Namun meskipun menggunakan magic armor, job ini hampir tidak punya spell untuk memanfaatkannya. Knight bisa menutupi itu dengan beberapa White Magick yang berguna seperti Curaga, Esuna, dan Bravery. Akses ke heavy armor juga membuat Bushi memiliki opsi bertahan yang lebih baik.

3. Black Mage – Red Battlemage

kombinasi-job-terbaik-final-fantasy-xii-zodiac-age-black-mage2

Dari semua job Mage, tidak ada yang punya damage output magic yang lebih besar daripada Black Mage. Job ini bisa mengakses semua spell elemental dan banyak augment Magick Lore di License Board.

Red Battlemage kemudian melengkapi potensi Black Mage di berbagai sektor. Pertama, Red Battlemage adalah satu-satunya job yang bisa mengakses Arcane Magick. Itu berarti akses ke Ardor yang merupakan spell yang sangat kuat. Red Battlemage juga memberikan akses ke beberapa Time, White, dan Green Magick. Dengan begitu karakter dengan kombinasi ini bisa berperan sebagai support saat dibutuhkan.

Terakhir, Red Battlemage juga memberikan akses ke heavy armor serta Mace. Ini membuat sang Mage bisa bermain di garis depan jika situasinya memaksa.

4. Black Mage – Monk

kombinasi-job-terbaik-final-fantasy-xii-zodiac-age-black-mage1

Alternatif untuk job kedua Black Mage adalah Monk. License Board Monk memberikan akses ke Light Armor yang punya efek menambah HP. Ini membuat Mage tim kamu bisa menelan lebih banyak damage sambil meledakkan lawannya.

Monk juga punya akses ke semua augment yang menambah HP. Ini membuat Black Mage jadi semakin tebal dan sulit dibunuh. Beberapa akses ke Battle Lore dan Brawler juga membuat Black Mage juga bisa menghasilkan sedikit damage fisik bahkan dengan tangan kosong.

5. White Mage – Machinist

kombinasi-job-terbaik-final-fantasy-xii-zodiac-age-white-mage

White Mage adalah satu-satunya job yang punya semua spell support dan defensif. Job ini bisa mengakses semua level Cure, buff dan debuff, Rise dan Arise, hingga yang tidak kalah penting Protectga dan Shellga. Sayangnya sebelum masuk ke late game dan bisa mengakses Holy, job ini sama sekali tidak punya potensi menyerang atau menghasilkan damage.

Machinist bisa menutupi kelemahan itu dengan senjatanya, yaitu Guns dan Measures. Damage kedua senjata ini dihitung murni dari level senjatanya dan mengabaikan stats sang pengguna. Artinya meskipun White Mage biasanya punya strength yang kecil, ia tetap bisa menghasilkan damage yang signifikan.

Memasuki late game, Machinist juga bisa mengakses beberapa spell Time Magick yang sangat penting. Dari beberapa spell tersebut, satu yang paling penting adalah Hastega yang mempercepat wait time semua action karakter. Ini melengkapi paket buff yang sudah dimiliki White Mage.


Memang, beberapa karakter punya atribut yang lebih cocok menggunakan job tertentu. Namun selama kamu punya level dan equipment yang mumpuni, pilihan karakter tidaklah berpengaruh besar.

Jangan takut melakukan eksperimen atau salah memilih job. Pada akhirnya, semua job bisa berfungsi dengan baik jika kamu memainkannya dengan benar. Jika kamu bermain Final Fantasy XII: Zodiac Age versi PC atau Nintendo Switch, kamu juga bisa mengganti job kapan saja.


Kaoru