5 Tips Bertarung dengan Efektif di Genshin Impact

Bertarung dengan efektif di Genshin Impact memerlukan pemahaman situasi pertarungan, mulai dari lawan, lokasi, dan caramu menghadapinya.


tips-bertarung-genshin-impact-featured

Combat adalah salah satu bagian yang penting di gameplay Genshin Impact. Sekilas, kamu mungkin hanya perlu terus menyerang dan menggunakan skill karaktermu untuk menghabisi musuh. Tapi ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabisi musuh dengan lebih cepat. Selain itu ketika memasuki level tinggi, musuh tidak bisa dikalahkan hanya dengan serangan biasa saja.

Bertarung dengan efektif di Genshin Impact memerlukan pemahaman situasi yang baik, serta eksekusi yang cepat. Berikut tips dari kami:

1. Identifikasi Siapa Saja Lawanmu

tips-bertarung-genshin-impact-persiapan

Sebelum kamu mulai bertarung, perhatikan siapa saja lawan yang kamu hadapi. Memang, saat ini Genshin Impact belum punya jenis musuh yang terlalu banyak. Tapi tiap jenis musuh tersebut punya variasi yang mungkin terikat pada elemen tertentu.

Baca juga: Tips membentuk lineup di Genshin Impact

Bisa mengidentifikasi elemen tiap musuh adalah hal yang penting karena dua alasan. Pertama, beberapa musuh seperti Slime bisa kamu manfaatkan untuk mengaktifkan Elemental Reaction dengan mudah. Kedua dan yang tidak kalah penting, kamu bisa melihat Elemental Reaction yang dihasilkan lawan.

Salah satu contoh yang mungkin pernah kamu temui adalah Abyss Mage Cryo yang dipasangkan dengan Samachruls Hydro. Keduanya bisa membuatmu beku dan tidak bisa bergerak. Artinya kamu harus bisa menghabisi salah satunya agar pertarungan tidak merepotkan.

2. Perhatikan Juga Kondisi Tempat Pertarungan

tips-bertarung-genshin-impact-mengamati

Tempat kamu bertarung tidak selalu sama. Kamu akan bertarung di padang rumput, reruntuhan, atau di pantai. Faktor lokasi ini juga bisa mempengaruhi dinamika pertarungan karena beberapa tempat atau situasi bisa membuatmu menerima status elemen tanpa disengaja.

Sebagai contoh, jika bertarung di pesisir atau tepi pantai, kamu akan menerima efek Wet jika kakimu masuk ke air dan rentan terkena efek Freeze. Lalu jika kamu menggunakan karakter Pyro dan bertarung di padang rumput, mungkin Elemental Skill karaktermu akan membakar rumput dan membuatmu ikut menerima efek Burn dan rentan terkena efek Overload atau Melt. Belum lagi ada faktor cuara hujan yang membuatmu akan selalu punya efek Wet ketika berada di luar.

Mengenal tempatmu bertarung akan membuatmu lebih waspada terhadap Elemental Reaction yang bisa kamu terima dari lawan. Tapi sebaliknya, kamu juga bisa memanfaatkan hal yang sama ke lawan.

3. Habisi Target Penting Secepat Mungkin

tips-bertarung-genshin-impact-hujan

Sebuah pertarungan bisa berjalan buruk jika kamu membiarkan lawan yang penting hidup terlalu lama. Jika kamu sudah tahu siapa lawan yang paling berbahaya dan mudah dibunuh, incar dan habisi lawan tersebut secepat mungkin.

Umumnya target penting ini adalah lawan yang bisa mengeluarkan serangan elemental dari jarak jauh. Dua contoh yang paling jelas adalah Samachurls dan Abyss Mage. Samachurls adalah lawan yang menjengkelkan karena biasanya berada di paling belakang ada posisi yang sulit dijangkau. Sementara itu Abyss Mage umumnya punya barrier dan spell yang berbahaya. Keduanya bisa membuatmu menerima Elemental Reaction jika kamu tidak mengatasinya dengan cepat.

4. Jangan Malas Melakukan Rotasi Karakter

tips-bertarung-genshin-impact-prioritas

Kunci memaksimalkan damage output dalam pertarungan adalah dengan melakukan switch di saat yang tepat dan menghajar musuh terus menerus. Entah itu melalui damage fisik dari serangan biasa dan/atau Elemental Reaction, kamu baru bisa menghasilkan damage yang tinggi jika kamu switch dari satu karakter ke karakter lain.

Jangan malas melakukan rotasi. Bahkan jika karakter yang kamu pakai adalah karakter utamamu, kamu bisa switch ke karakter lain untuk menggunakan Elemental Skill, kemudian kembali ke karakter utama.

Manfaatkan semua karakter yang kamu bawa, meskipun tugas karakter tersebut mungkin menggunakan Elementa Skill/Burst. Barbara bisa masuk untuk memberikan efek Wet ke lawan sebelum langsung ditarik mundur. Noelle bisa masuk untuk mengaktifkan Shield, menyerang beberapa kali untuk heal, lalu mundur sambil meninggalkan Shield ke karakter yang masuk menggantikan. Xiangling bisa masuk menggunakan Elemental Skill/Burst untuk membarak musuh sebelum diganti dengan Fischl atau Beidou untuk efek Overload, dan seterusnya.

5. Sering Bergerak

tips-bertarung-genshin-impact-bergerak

Terkadang, pertarungan bisa sangat chaotic karena jumlah musuh yang banyak dan/atau tempat bertarung yang penuh objek. Dalam situasi ini lawan biasanya akan menyerangmu dari jarak jauh. Kamu mungkin melihat lawan tersebut mengeluarkan serangannya, mungkin juga tidak. Tapi terlepas dari itu, ketika bertarung kamu sebaiknya rajin bergerak alias menggunakan dash.

Genshin Impact tidak punya tombol menghindar atau block. Satu-satunya cara untuk menghindari serangan lawan adalah dengan melakukan dash yang memberikanmu invincibility frame. Selain itu, dash membuatmu bisa menghentikan animasi serangan dan langsung bergerak. Jadi kamu bisa menghilangkan backswing serangan karaktermu dengan dash, lalu lanjut menyerang lawan atau melakukan switch dengan lebih cepat. Selain itu kamu juga mungkin tidak sengaja menghindari serangan lawan.


Kaoru

Hmmm...