10 Tips Bermain Stardew Valley Untuk Pemula


Stardew Valley memang sebaiknya dimainkan dengan cara dan gaya sendiri. Tapi ada beberapa hal yang bisa membuat game ini lebih mudah.

tips-bermain-stardew-valley-featured

Bermain Stardew Valley sebenarnya tidak punya aturan atau strategi optimal. Kamu bebas bermain dengan gaya dan caramu sendiri. Karena pada pada akhirnya Stardew Valley paling cocok dimainkan dalam suasana yang nyaman saat melepas penat.

Meskipun begitu ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Berikut 10 tips bermain Stardew Valley agar kisah pertanianmu sedikit lebih mulus dan lancar

1. Selalu Beli dan Tanam Benih di Hari Pertama Musim

tips-bermain-stardew-valley-1

Hal pertama yang harus kamu lakukan di hari pertama tiap musim adalah membeli lalu menanam benih untuk musim tersebut. Dengan menanam secepat mungkin, kamu bisa mendapatkan panen secepat mungkin. Selain itu kamu juga akan siap untuk siklus panen kedua dan mendapatkan keuntungan tambahan.

Karena kamu akan mengeluarkan banyak uang, pastikan kamu menyambut hari pertama tiap musim dengan uang yang cukup untuk membeli benih.

2. Variasikan Tanaman di Hari Pertama

tips-bermain-stardew-valley-5

Cara terbaik untuk memaksimalkan profit adalah menanam benih yang memberikan value tertinggi. Tapi khusus di tahun pertamamu, tanam tiap jenis panen minimal sekali.

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan ini. Pertama, beberapa tanaman tersebut diperlukan untuk melengkapi misi Community Center. Kedua, kamu ingin mengisi katalog panen yang pernah kamu masukkan. Ketiga, penghuni desa mungkin membutuhkan salah satu tanaman tersebut.

3. Upgrade Tas Kamu Secepat Mungkin

tips-bermain-stardew-valley-8

Salah satu target pertama yang harus kamu capai ketika baru bermain adalah mengumpulkan 2.000 Gold untuk memperbesar kapasitas tas kamu. Ini akan membuat kamu bisa menyimpan total 24 barang. Setelah itu kumpulkan 10.000 Gold untuk membuat tas kamu bisa menyimpan 36 barang.

Ruang penyimpanan yang lebih di tas akan membuat kamu bisa membawa lebih banyak barang. Berarti kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama berkelana sebelum harus kembali ke rumah dan mengosongkan tas.

4. Penuhi Request Community Center Secepat Mungkin

tips-bermain-stardew-valley-2

Community Center meminta kamu memberikan berbagai macam item, mulai dari tanaman panen hingga ikan. Tiap permintaan item dikelompokkan dalam berbagai paket. Jika melengkapi satu paket, kamu akan mendapatkan imbalan.

Jika kamu menyelesaikan cukup banyak paket yang ada, salah satu bagian kota akan diperbaiki. Beberapa di antaranya cukup penting seperti Bus ke area tambahan serta rumah kaca untuk menanam benih tanpa memperhatikan musim. Karena itu, sebisa mungkin selesaikan semua permintaan di Community Center secepat mungkin.

5. Selalu Ingat Memberikan Hadiah di Ulang Tahun Tiap Orang

tips-bermain-stardew-valley-7

Memberikan hadiah ke penghuni desa saat ia berulang tahun akan memberikan poin friendship tambahan yang cukup signifikan. Jika sang penghuni desa diberikan barang yang sangat ia sukai, kamu akan mendapatkan poin friendship yang setara dengan tiga icon hati.

Cara ini jelas jauh lebih efisien daripada memberikan tiap penghuni desa hadiah secara berkala. Tidak perlu repot-repot berkeliling desa tiap hari untuk memberikan hadiah ke semua orang.

6. Gunakan Indikator Tool Hit

tips-bermain-stardew-valley-10

Ketika kamu baru bermain, segera buka Option, cari pilihan “Always Show Tool Hit Location”, dan centang pilihan tersebut. Ini akan memberikan indikator ke mana alat kamu akan mendarat ketika digunakan.

Indikator ini sangat berguna ketika kamu melakukan aktivitas yang menggunakan energi seperti menyiram tanaman. Ini akan mencegah kamu menyiram tanaman di titik yang keliru dan membuang energi dengan percuma.

7. Gunakan Sabit Atau Senjata Ketika Tidak Melakukan Apa-Apa

tips-bermain-stardew-valley-4

Hampir semua peralatan kamu menggunakan energi tiap kali digunakan. Jika kamu adalah pemain yang sering menekan tombol secara random terutama di PC, kamu mungkin sering membuang energi secara tidak sengaja.

Ada dua alat yang tidak menggunakan energi meskipun kamu gunakan berkali-kali, yaitu sabit dan juga pedang (atau senjata yang kamu gunakan saat itu). Karena itu ketika kamu selesai mengurus peternakan, selalu arahkan alat kamu ke salah satunya. Dengan begitu kamu tidak perlu takut terlalu sering menekan tombol secara random, terutama saat bermain di PC.

8. Jangan Memotong Rumput Atau Membangun Kandang Sebelum Memiliki Silo

tips-bermain-stardew-valley-6

Ketika memulai permainan baru, kamu akan melihat rerumputan yang lebat. Kamu bisa memotong rumput ini dengan sabit. Tapi saya sarankan jangan pernah menyentuh rumput tersebut sampai kamu sudah memiliki Silo.

Silo adalah bangunan yang bisa kamu pesan melalui tukang kayu. Harganya cukup murah dan bahannya juga tidak merepotkan. Dengan bangunan ini, tiap rumput yang kamu potong akan berubah jadi jerami yang merupakan makanan untuk hewan ternak. Satu Silo bisa menampung 240 jerami, cukup untuk delapan ekor hewan ternak sepanjang musim dingin.

9. Manfaatkan Hot Spring Semaksimal Mungkin

tips-bermain-stardew-valley-3

Memasuki awal musim panas di tahun pertama, kamu bisa mengakses sebuah pemandian air panas di belakang rumah tukang kayu. Masuk dan berendam selama beberapa saat di pemandian ini akan memulihkan HP dan juga energimu.

Manfaatkan fitur ini sebaik mungkin. Jangan takut bekerja keras dan kehabisan energi meskipun hari masih siang. Kamu bisa mengisi ulang energi dengan cepat di pemandian air panas, lalu kembali bekerja. Makin banyak hal yang kamu lakukan di satu hari, makin besar keuntungan yang bisa kamu peroleh.

10. Selalu Buat Rencana!

tips-bermain-stardew-valley-9

Apapun yang ingin kamu lakukan di game ini, selalu lakukan dengan rencana yang matang. Misal ketika ingin menanam benih, lihat berapa lama waktu yang diperlukan agar benih tersebut siap panen. Dari situ kamu tinggal menentukan benih apa yang kamu tanam lebih dulu.

Membuat rencana tidak hanya berlaku untuk tanaman, tapi juga hal lain. Apa yang akan kamu lakukan hari ini? Kapan kamu akan membangun kandang ayam? Apakah sudah saatnya meng-upgrade salah satu alatmu? Siapa yang berulang tahun dalam waktu dekat?

Stardew Valley akan sangat mudah dan menyenangkan jika kamu tahu apa yang kamu lakukan. Karena itu, pelajarinya berbagai hal yang ada di game ini dan buatlah rencana agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal di tiap harinya.

Stardew Valley Akan Mendapatkan Update Besar Dalam Waktu Dekat. Don’t Miss It!


Kaoru