Square Enix Umumkan Kingdom Hearts Baru dengan Genre Rhythm

Game berjudul Kingdom Hearts: Melody of Memory ini hanya salah satu dari rangkaian program Square Enix untuk Kingdom Hearts di tahun 2020.


Square Enix baru saja merilis video berisi rangkaian rencana mereka terhadap seri Kingdom Hearts, yang disebut sebagai program “Kingdom Hearts 2020”. Dalam video tersebut, mereka mengungkap gameplay dari salah satu game yang sudah diumumkan sebelumnya, yaitu Kingdom Hearts Dark Road, beserta sebuah game yang benar-benar baru!

BACA JUGA: Nostalgia Review Kingdom Hearts – Fondasi untuk Sesuatu yang Lebih Besar

Game baru tersebut berjudul Kingdom Hearts: Melody of Memory. Seperti bisa kamu tebak dari judul artikel ini, game tersebut memiliki genre musik, atau yang disebut oleh Square Enix sebagai “rhythm action game”. Nama genrenya demikian karena dalam game ini kamu akan memainkan Sora dan kawan-kawan yang bertarung melawan para Heartless. Hanya saja perintah menyerang lawan itu kamu lakukan dengan mengikuti irama musik.

Mirip seperti seri Kingdom Hearts aslinya, kamu juga akan mengunjungi berbagai dunia dari film-film Disney. Termasuk di antaranya Agrabah dari Aladdin, juga Coliseum dari Hercules. Square Enix menjanjikan lebih dari 140 lagu untuk kamu mainkan, beserta fitur multiplayer online yang mendukung kompetisi hingga 4 orang. Dari trailer di atas bisa kamu lihat bahwa game ini bahkan akan memiliki boss battle juga!

Sementara itu, Kingdom Hearts Dark Road adalah game mobile yang memiliki tampilan visual imut-imut menyerupai Kingdom Hearts Union χ [CROSS]. Bedanya game ini menggunakan sistem pertarungan berbasis kartu, sedikit mirip dengan Kingdom Hearts: Chain of Memories. Kingdom Hearts Dark Road akan menceritakan masa muda Xehanort, dan mengapa ia jadi terobsesi pada kekuatan kegelapan seperti sekarang.

Kingdom Hearts: Melody of Memory akan dirilis dalam tahun 2020 ini untuk PS4, Xbox One, dan Switch. Sementara Kingdom Hearts Dark Road akan dirilis untuk iOS, Android, serta Amazon Kindle. Square Enix awalnya merencanakan Kingdom Hearts Dark Road terbit dalam periode musim semi 2020 (sekitar Maret – Mei), tapi pengembangannya terhambat akibat pandemi. Semoga saja game ini bisa lekas dirilis.

Di samping pengumuman dua game di atas, Square Enix juga merilis konten baru untuk Kingdom Hearts Union χ [CROSS], dan akan menerbitkan album soundtrack Kingdom Hearts III pada akhir tahun 2020. Mereka juga menyiapkan jajaran mainan Ichiban Kuji bertema Kingdom Hearts untuk terbit di bulan November. Pengumuman lengkapnya, beserta pertunjukan orkestra lagu Kingdom Hearts bisa kamu tonton di bawah.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.