Cermat dan Teliti! Ini 5 Detektif Terbaik dari Dunia Video Game


Penuh analisa, punya intuisi kuat, dan kesimpulan yang presisi membuat kelima karakter ini layak dianggap sebagai detektif terbaik di game.

Detektif merupakan salah satu profesi yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai tema besar dari karya fiksi yang diciptakan di media hiburan, termasuk di video game. Dengan mengedepankan insting cerdas, para detektif kerap sukses dalam menyelesaikan sebuah kasus mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Di industri game sendiri kita bisa melihat ada berbagai macam detektif yang sangat luar biasa karena ditunjang dengan kemampuan analisa yang baik. Kira-kira, siapa saja yang layak mendapatkan predikat detektif terbaik di dunia game? Gimbot memiliki beberapa daftar mengenai detektif terbaik.

Baca juga: Game Mobile yang Memiliki Fitur Cross-Play dengan PC

Mungkin tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas satu per satu soal detektif terbaik di game.

Bruce Wayne – Batman Arkham Series

Bruce Wayne atau Batman merupakan karakter utama dari game Batman Arkham Series. Bruce dibekali dengan sejumlah perlatan canggih yang biasa dia gunakan untuk bertempur dan melacak berbagai barang bukti untuk mencapaia targetnya.

Di trilogy game Batman Arkham, Bruce sering kali melakukan tracking dengan melakukan hack terhadap sinyal, sidik jari, atau hal-hal lainnya misalnya tetesan darah atau bau. Dengan peralatan canggih dan kecerdasannya Bruce selalu sukses membongkar persembunyian musuhnya termasuk Joker yang tak memiliki sidik jari dan susah untuk dilacak.

Biasanya untuk melacak target, Bruce selalu menggabungkan berbagai barang bukti. Namun jika ada barang bukti yang mencurigakan dan dia tidak bisa dilakukan tindakan, Bruce terlebih dulu bakal menyerahkannya kepada sang partner, Oracle untuk nantinya diutak-atik dan kemudian bisa digunakan.

Connor – Detroit: Become Human

detektif terbaik

Connor merupakan seorang android yang digunakan untuk mengungkapkan kasus-kasus tertentu di kota Detroit. Ya, Connor diprogram untuk menangkap android criminal atau mengungkapkan berbagai kasus. Di game Detroit: Become Human, Connor merupakan karakter pertama yang digunakan oleh gamer.

Kemampuan androidnya mampu membuat Connor berpikir lebih maju dibandingkan orang atau android lainnya. Dia bisa menemukan barang bukti dan hal-hal tersembunyi lainnya demi mencapai targetnya. Connor juga dibekali oleh sifat tak kenal ampun.

Jika salah, maka Connor akan tetap menganggapnya salah. Hal yang membuatnya mengerikan sebagai detektif selanjutnya adalah sifatnya yang dingin dan susah untuk ditebak. Connor rela melakukan kebohongan untuk sekadar membunuh targetnya.

Intuisinya dalam mengambil tindakan juga tergolong luar biasa. Itulah yang menjadikannya salah satu detektif terbaik di kota Detroit di game Detroit: Become Human.

Geralt of Rivia – The Witcher Series

detektif terbaik

Geralt of Rivia bukanlah seorang detektif. Ya, dia merupakan pemburu monster sedangkan detektif bukanlah pekerjaan utamanya. Namun dalam mencapai target atau membunuh monster yang ingin ia bunuh, Geralt harus mempelajari jejak atau kebiasaan sang monster terlebih dahulu.

Hal ini mirip dengan cara kerja detektif di mana mereka harus mengumpulkan fakta dari berbagai narasumber untuk kemudian dianalisa hingga keluar kesimpulan. Setelah itu, Geralt baru bisa menentukan jenis monster atau tindakan yang harus dia lakukan.

BACA JUGA: Tidak Bakal Bosan! 8 Game PC dengan Jalan Cerita Terbaik

Tak hanya soal kasus pembunuhan, Geralt juga kerap melakukan hal-hal seperti detektif ini untuk demi menghancurkan sebuah kutukan dalam diri seseorang. Tak hanya dibekali dengan kecerdasan dan intuisi yang kuat, Geralt juga memiliki pengelihatan yang tajam lebih dari orang lain.

Daya ciumnya juga kuat, bahkan Geralt sering memecahkan atau mengkordinatkan lokasi target hanya dengan berbekal penciumannya saja.

Bigby – The Wolf Among Us

Dalam permainan ini, unsur pilihan menjadi fokus utama. Maklum saja, game tersebut dibuat oleh Telltale Games yang sangat fokus dengan unsur pilihan. Di game ini gamer bakal memainkan Sheriff dari Fabletown yakni Bigby.

Sama seperti detektif pada umumnya, Bigby harus berinteraksi dengan berbagai objek dan NPC untuk bisa menyelesaikan sebuah kasus. Bedanya, Bigby memiliki pilihan yang bebas dalam menentukan analisanya. Hal ini terkait dengan mekanisme Telltale di mana setiap pilihan menghasilkan konsekuensi tertentu.

Yang paling istimewa dari Bigby adalah taktik cerdasnya untuk menjebak musuh atau melindungi kliennya dari para penjahat.

Cole PhelpsL.A. Noire

Membicarakan game detektif, Gimbot rasa kurang lengkap jika kita tidak menyinggung L.A. Noire, salah satu game open-world yang penuh dengan elemen naratif persembahan dari Rockstar. Di sini kita diperkenalkan dengan sosok detektif Cole Phelps, yang menjadi karakter sentral dalam game tersebut.

Cole Phelps merupakan sosok investigator yang sangat cerdas, metodis dan mudah beradaptasi dengan berbagai situasi. Kariernya sebagai detektif akan ditentukan oleh seberapa jeli para pemain bisa menerka raut wajah para saksi yang kamu temui di sepanjang permainan L.A. Noire


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.