Sejak dikembangkan mulai tahun 2012 lalu tepat setelah Mass Effect 3 dirilis di bawah pengawasan Casey Hudson selaku executive producer dari trilogi Mass Effect, gim ini masih mengambang.

Terlebih setelah Hudson meninggalkan BioWare pada tahun 2014. Namun, pengembangan Anthem terus berlanjut sampai akhirnya Hudson kembali pada tahun 2017. Awalnya, gim ini diberi nama kode “Dylan.”

Cuplikan gim ini sendiri pernah ditampilkan saat E3 2014 dan berlanjut saat press-conference EA di E3 2017 lalu.

Setelah mengalami beberapa penundaan tanggal rilis yang awalnya direncanakan pada Januari 2018, akhirnya gim ini dipastikan akan hadir pada 22 Februari 2019 mendatang!

Gim ini memiliki genre action RPG yang dimainkan secara online multiplayer, dan dapat dimainkan di platform Microsoft Windows, PlayStation 4 and Xbox One.

Keputusan ini diambil oleh BioWare sembari merayakan kisah perjalanan mereka selama 10 tahun di industri gim.

Apa saja hal yang perlu kamu ketahui tentang gim ini? Gimbot akan memberitahukan beberapa fakta mengenai Anthem yang sejauh ini diketahui sebelum perilisan!

Selamat datang di Fort Tarsis!

Di dunia AnthemFort Tarsis adalah rumah utama bagi manusia yang berbentuk benteng raksasa. Tempat ini dibangun oleh General Helena Tarsis dengan tujuan untuk melindungi peradaban umat manusia dari ancaman dunia luar.

Seiring berjalannya waktu, umat manusia akhirnya melangkah maju dan berusaha mengembangkan sumber daya dan teknologi untuk dapat mengeksplorasi lingkungan baru di luar Fort Tarsis.

Semua titik pertemuan misi akan berawal di sini bersama dengan panggilan dari faksi-faksi yang berbeda. Sejauh ini terdapat empat faksi yang baru diketahui, yaitu Sentinel, Corvus, Cyphers, dan Arcanists.

Eksplorasi di luar dinding benteng, hingga luar dunia

Kamu akan berperan sebagai Freelancer yang mengenakan pakaian robot yang disebut Javelins. Pakaian ini memiliki berbagai senjata unik dan kemampuan super!

Yang perlu diperhatikan, Anthem juga memiliki fitur single-player dan co-operative multiplayer dalam “shared world” yang dapat dimainkan bersama hingga empat pemain per tim.

Jika kamu berada di dalam Fort Tarsis, story akan aktif dalam mode single-player. Sedangkan, jika kamu berada di luar Fort Tarsis, story akan aktif dalam mode co-operative multiplayer.

Kamu akan menerima panggilan contract dari seseorang melalui strider (sejenis ponsel) atau secara tatap muka di Fort Tarsis.

Berhati-hatilah karena tidak semua Freelancer yang kamu temui bersifat baik kecuali skuad yang memang kamu kenal dari awal!

Kamu bertugas mengeksplorasi dunia di luar dinding untuk menemukan lingkungan baru dan bahkan rahasia yang disimpan oleh General Helena Tarsis.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan hewan buas dan perampok yang kejam yang berkeliaran.

Kamu juga akan melihat fenomena Shaper Storms, sebuah badai raksasa yang akan membawamu ke sisi dunia lain!

Kenali jenis faksi dan masing-masing motifnya

Dalam dunia Anthem, Freelancer bukan satu-satunya pihak yang memiliki misi dalam menghadapi tantangan hidup di luar dinding Fort Tarsis.

Beberapa faksi juga telah beroperasi di sini, kamu dapat mencari tahu apa tujuan mereka dan motifnya. Faksi ini akan berpengaruh pada jalan cerita misimu karena beberapa contract dilakukan oleh mereka.

Lalu, ada faksi apa saja di dunia Anthem? Pertama, The Sentinels. Mereka adalah kepala penegak hukum di kota yang percaya prinsip keadilan dan ketertiban di atas segalanya.

Di mata kepemimpinan The Sentinel, Freelancer dianggap seperti sampah yang mengancam keberlangsungan peradaban umat manusia karena mengeksplorasi lingkungan di luar benteng adalah hal yang bodoh.

Kedua, Corvus. Mereka adalah jaringan agen intelijen, mata-mata, dan diplomat yang bertujuan mencari tahu ancaman yang ada dan menghapusnya tanpa konfrontasi langsung. Mereka lebih memilih untuk memanggil Freelancer dalam menuntaskan pekerjaan mereka.

Ketiga, Cyphers. Mereka adalah manusia yang memiliki keterampilan perhitungan analitis dan sejumlah besar informasi. Mereka yang akan memberikan informasi dan analisis selama kamu menjalankan misi ekspedisi.

Terakhir, The Arcanists. Mereka adalah ilmuwan-mistik yang telah mendedikasikan diri mereka untuk meneliti misteri dunia Anthem. Tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan semua pengetahuan lengkap tentang peradaban umat manusia.

Monster hanyalah salah satu ancaman yang ada di luar benteng

Ada beberapa bahaya dan ancaman yang harus kamu waspadai di luar sana mulai dari cuaca ekstrim yang terkadang berubah-ubah hingga musuh seperti Colossal Beasts, Creatures, dan Monsters.

Colossal Beasts merupakan monster dengan ukuran raksasa. Creatures bentuknya seperti binatang pada umumnya. Monsters berbentuk seperti binatang tetapi lebih agresif dan ganas.

Pilih jenis Javelin-Exosuit andalanmu

Javelin adalah pakaian tempur yang akan mendukungmu dalam mengeksplorasi dunia di luar dinding. Javelin ini dapat dikustomisasi sesuai dengan progress story yang berhasil diselesaikan.

Beberapa skill yang dapat digunakan adalah berlari di hutan belantara, terbang, berenang melalui terowongan bawah air, dan menggunakan senjata dalam melawan musuh.

Setiap model Javelin memiliki karakteristik sendiri. Kamu bisa memilih mulai dari Ranger, Storm, Colossus, atau Interceptor.

Ranger adalah Javelin pertama yang akan dimainkan oleh semua Freelancer. Tipe Javelin ini adalah serba bisa dan paling mudah dioperasikan. Cocok untuk menjalankan misi apapun.

Lalu, ada Colossus dengan ukuran yang paling besar. Tipe Javelin ini lebih cocok untuk melancarakan serangan dengan daya hancur yang besar dan untuk bertahan.

Selanjutnya ada Storm yang memiliki kekuatan kinesis dan ledakan blast. Tipe Javelin ini cukup sulit digunakan karena tubuhnya yang mengambang di atas permukaan tanah.

Terakhir Interceptor yang memiliki keunggulan dalam melancarkan serangan balik yang cepat menggunakan pedang. Tipe Javelin ini sangat cocok digunakan dalam melakukan support serangan.

Setiap Javelin dapat melakukan fitur combat mulai dari mobility, health and ammo pickups, targeting, combos, weak points, loadouts, hingga ultimate abilities.

Kamu dapat mencoba semuanya dan memutuskan mana yang paling cocok dengan gaya bermainmu!

Tertarik memainkan demo-nya? Lakukan pre-order untuk mendapatkan akses VIP

Kamu bisa mendaftar newsletter Anthem di sini untuk mendapatkan pembaruan berita melalui email. Jika ingin demonya, lakukan pre-order di sini.

Khusus bagi pelanggan Origin Access dan EA Access dapat memainkannya lebih awal pada tanggal 15 Februari 2019.

Tidak sabar ingin mencoba dan bertualang bersama dengan teman-teman ya!


ChipsMan

Never ever gimme shooter game when I eat chips cause my aim will be potato