[OPINI] Rumor Death Stranding ke PC, Haruskah Senang?


Death Stranding memang benar-benar selalu bikin gamer penasaran. Salah satunya tentu saja karena game ini hilang dari daftar eksklusif Sony.

Death Stranding

Death Stranding saat ini sedang menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan console gamer dan PC gamer. Pasalnya, beberapa hari yang lalu ada sesuatu yang mengejutkan kala nama Death Stranding harus hilang dari daftar game eksklusif yang dimiliki oleh Sony.

Ada yang mengindikasikan bahwasanya Death Stranding bakal rilis ke console lain atau platform lain. Tapi yang paling diprediksi adalah game besutan Kojima Productions ini bakal melipir ke PC. Saya setuju dengan anggapan tersebut tapi juga tidak setuju.

Kenapa setuju? Simpel saja, karena memang memainkan Death Stranding di PC lebih enak. Bukan karena performance atau grafis melainkan konsep dari Death Stranding sendiri memang lebih cocok di PC. Kojima mengatakan bahwa Death Stranding memiliki konsep di mana pemain yang satu dengan pemain yang lain saling terhubung dan saling membutuhkan. Meski tidak jelas akan seperti apa, yang jelas itulah sedikit konsep yang diketahui dari game ini.

BACA JUGA: Mod Kocak Ini Pertemukan CJ dan Big Smoke di Sekiro

Kenapa tidak setuju? Saya yang juga selaku gamer console sebenarnya lebih ingin jika Death Stranding hanya rilis di console khususnya PlayStation bagaimanapun konsepnya. Ada perasaan pride ketika memainkan game console only. Tapi yang paling membuat saya tidak setuju dengan isu ini adalah bahwa untuk sekarang, isu Death Stranding ke PC baru sebatas rumor.

Ya, rumor tetaplah rumor yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Kojima dan tim belum mau angkat suara mengenai hal ini.

Lantas yang menjadi pertanyaan, haruskah saya yang juga gamer PC senang jika Death Stranding menuju PC? Berikut merupakan opini yang ingin saya utarakan.

Harusnya Biasa Saja Sebelum Terbukti game ini Bagus

Mau siapapun yang buat, baik itu Kojima bahkan Cory Barlog atau CD Projekt Red sekalipun, tak ada yang menjamin jika proyek mereka akan tampil bagus. Harus ada review dan merasakan dulu sendiri game-nya. Jika bagus, bolehlah kalian senang.

Buat saya pribadi, jika Death Stranding meluncur ke PC, tidak ada yang harus dilebih-lebihkan. Memang mengagetkan karena status game ini sebelumnya adalah eksklusif Sony. Justru meluncurnya Death Stranding harus cukup dikhawatirkan.

BACA JUGA: [OPINI] Mencoba Memuji Model Bisnis Cerdas EA Access

Pertama, spesifikasi yang diminta bisa saja tinggi. Kedua, mewajibkan online. Ketiga, masalah porting yang bisa saja tidak sempurna karena sekelas Ubisoft atau Rockstar juga pernah mengalami porting buruk ketika merilis game multiplatform.

Apalagi konsep Death Stranding juga belum jelas bakal seperti apa. Selama masih belum ada jaminan game ini akan bagus, para gamer PC saya sarankan untuk kalemkeun. Karena percuma jika rilis di PC tapi kenyataannya kualitas yang dibawa Death Stranding tak sesuai dengan kalian.

Tidak Usah Terlalu Yakin, Nanti Malu Sendiri

Untuk kedua kali saya sarankan agar biasa saja. Kenapa? Ini masih sebatas isu dan rumor. Masih belum ada kepastian dari pihak Sony, Kojima, atau Kojima Productions selaku developer. Jika nantinya rumor ini benar, yasudah, kalian para gamer PC bolehlah tepuk tangan. Tapi jika nantinya tidak? Ya, yang malu mungkin diri sendiri.

Selain itu tak berhenti sampai di situ, bisa saja bukan jika nantinya Death Stranding rilis di PC tapi malah rilis eksklusif di toko game yang banyak pembencinya yakni Epic Games Store. Jika sudah begini mau apa? Saya pribadi sih fleksibel. Di Epic, Steam, Origins, Uplay, selama layak beli, ya dibeli saja.

Bagi yang sudah kepedean dengan rumor ini, saya sarankan sih jangan terlalu yakin. Apalagi orang yang sudah pede dengan rumor ini lalu benci pula dengan Epic Games Store.

Akhir Kata…

Jika nanti Death Stranding jadi meluncur ke PC, memang bisa disambut dengan meriah apalagi jika kualitas yang ditawarkan sangat baik. Saya menyambutnya karena tentu semakin menambah pilihan game PC. Tapi untuk saat ini, lebih baik mengambil sikap biasa saja hingga muncul kepastian plus kualitas yang dimiliki game ini sudah sesuai standar diri saya atau belum.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.