Review Xbox Cloud Gaming di Xbox Game Pass


Solusi praktis bagi gamer yang pengen main game dari mana pun dan kapan pun.

Review Cloud Gaming di Xbox Game Pass Cover

Sebelumnya, program ini dikenal dengan judul Project xCloud oleh Microsoft sampai akhirnya berganti nama menjadi Xbox Cloud Gaming (Beta) with Xbox Game Pass. Singkatnya, Xbox Cloud Gaming ini memungkinkan untuk memainkan game tanpa harus menginstal game tersebut melalui komputasi awan milik Xbox. Penasaran? Baca review Xbox Cloud Gaming di bawah ini!

Xbox Cloud Gaming sebenarnya sudah menjadi perhatian besar bagi Xbox yang menginginkan bahwa gamer seharusnya dapat memainkan game yang disukai kapan pun di mana pun dan dari semua platform. Beruntung, layanan Xbox Game Pass yang mereka rilis dengan konsep game berlangganan ala Netflix berujung sukses.

Terlebih, Microsoft juga gencar mengakuisisi beberapa game studio besar dalam beberapa tahun terakhir seperti The Coalition, Ninja Theory, Undead Labs, Obsidian Entertainment, dan yang terbaru adalah Bethesda. Hal ini dilakukan untuk menambah lineup game eksklusif mereka. Sehingga dengan beberapa faktor tadi, proyek Xbox Cloud Gaming ini dapat diwujudkan dengan lancar (cloud gaming ini dijalankan menggunakan kekuatan prosesor Xbox Series X).

Lantas, bagaimana pengalaman memainkan Xbox Cloud Gaming ini? Simak reviewnya di bawah ini!

Persiapan Perangkat yang Cukup Mudah

Review Cloud Gaming di Xbox Game Pass 1

Setidaknya untuk bisa memainkan game Xbox menggunakan cloud di Xbox Game Pass kamu memerlukan empat hal mulai dari Xbox Wireless Controller, perangkat bermain (smartphone, tablet, atau laptop), langganan Xbox Game Pass, dan koneksi internet.

Saya sendiri menggunakan Xbox Wireless Controller Robot White untuk memainkan game, perangkat smartphone Realme 5 Pro (8GB/128GB), membership Xbox Game Pass Ultimate 3 bulan, dan koneksi internet dari MyRepublic 1:1 50Mbps dengan koneksi Wi-Fi 2.4Ghz.

Cara menghubungkan controller dan perangkat juga mudah. Cukup mengaktifkan koneksi bluetooth Xbox Wireless Controller di smartphone dan buka aplikasi Xbox Game Pass (instal terlebih dahulu di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS).

Bebas Main Game Sesukanya di Xbox Game Pass

Review Cloud Gaming di Xbox Game Pass 2

Semua game yang ada di Xbox Game Pass dapat dimainkan mulai dari Minecraft, Forza Horizon 4, Grand Theft Auto V, FIFA 21, NBA 2K21, Read Dead Online, hingga Halo Master Chief Collection. Setidaknya terdapat lebih dari 100 game yang dapat kamu coba. Saya menggunakan Xbox Game Pass Ultimate.

Jika belum tahu, Xbox Game Pass sendiri memiliki tiga kategori mulai dari Xbox Game Pass for Console (dimainkan di console Xbox, harga promo dimulai dari $1 dan bulan berikutnya $9.99), Xbox Game Pass for PC (dimainkan di PC melalui Xbox App, harga promo dimulai dari $1 dan bulan berikutnya $4.99), dan Xbox Game Pass Ultimate (dapat dimainkan di console atau PC, harga promo dimulai dari $1 dan bulan berikutnya $14.99, dan mendapatkan benefit Xbox Live Gold).

Bebas Memainkan Game Tanpa Instalasi

Review Cloud Gaming di Xbox Game Pass 3

Xbox Cloud Gaming sendiri dapat dimainkan dengan memilih pilihan Cloud pada halaman depan Xbox Game Pass. Game yang saya coba sendiri untuk mainkan adalah Street of Rage 4 dan DOOM. Sejauh yang saya coba, proses terhubungnya dari Xbox Game Pass ke cloud tidak ada masalah sama sekali bahkan lancar tanpa gangguan.

Sayangnya, tampilan gameplay dari koneksi bermain game yang saya mainkan tidak begitu jernih karena koneksi Wi-Fi dari MyRepublic yang saya miliki hanya 2.4Ghz. Yang perlu diperhatikan, agar kamu dapat lancar memainkan game di Xbox Cloud Gaming ini, kamu membutuhkan koneksi Wi-Fi 5Ghz dan minimum mobile data connection sebesar 10Mbps.

Kesimpulannya adalah Xbox Cloud Gaming ini sangat menjanjikan sekali untuk dicoba karena kamu dapat bermain game Xbox tanpa harus menginstal game tersebut melalui perangkat yang kamu miliki. Ingin bermain di meja kerja bisa menggunakan laptop atau ingin bermain sambil bersantai di kasur bisa ganti ke tablet dan smartphone. Yang penting, pastikan koneksi Wi-Fi yang kamu miliki mumpuni sebesar 5Ghz.

Lihat rekaman lengkap game yang dimainkan di Cloud Gaming lewat Xbox Game Pass di bawah!

BACA JUGA: Tips Xbox – Cara Mendapatkan Xbox Game Pass Ultimate $1/bulan Berkali-kali


Danu

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri game. Game favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.