Review Void Bastards: FPS Roguelite yang Membuatmu Betah di Luar Angkasa


Siapkah kamu menjadi keparat di luar angkasa?

Sejak diumumkan tahun lalu, Void Bastards telah menarik perhatian kami berkat permainannya yang menggabungkan beberapa genre berbeda mulai dari FPS dan permainan strategi roguelike (atau roguelite).

Game ini seakan-akan menjadi penerus spiritual System Shock 2 dan PREY, namun dengan mekanisme yang adiktif. Di sini kemampuanmu akan diuji apakah kamu benar-benar seorang “keparat” yang memiliki nilai atau tidak di luar angkasa.

BACA JUGA: Review Gato Roboto: Metroidvania Yang Dibintangi Seekor Kucing

Void Bastards sendiri bercerita mengenai bagaimana kamu dapat memandu para tahanan Void Ark yang terlantar di pesawat luar angkasa untuk kabur dari ancaman Sargasso Nebula. Tugasnya sederhana, pergi ke lokasi pesawat luar angkasa musuh yang tersebar untuk menjarah makanan, bahan bakar, peluru, material yang ada dan rakit tool tertentu untuk dapat menyelesaikan misi di setiap levelnya.

Grafik yang ditampilkan juga cukup unik dengan menampilkan gambar 2D dan cerita yang dibalut dengan ilustrasi komik sehingga kamu akan benar-benar memahami apa yang harus dilakukan di dalam Void Bastards ini.

Masalahnya hanya satu, seberani apa kamu sebagai seorang tahanan yang akan menjadi keparat untuk menjarah kapal milik musuh. Berikut review Void Bastards.

Star Map dan Nebula Depth

Setiap kali kamu akan beraksi, layar permainan akan menampilkan Star Map sebagai peta yang memberitahukan layout dari lokasi pesawat luar angkasa yang ada sehingga kamu dapat memiliki gambaran lokasi mana yang harus dituju. Kamu dapat pergi ke atas, kanan, bawah dan tidak dapat ke kiri karena kamu harus bergerak maju.

Selain itu, Star Map ini juga akan menampilkan lokasi objektif yang harus diselesaikan dan memberikan informasi mengenai status karakter tahananmu dan kapalmu sehingga kamu dapat menentukan dengan tepat kapal mana yang harus dijarah.

Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang material dan part apa saja yang terdapat di setiap kapal dan siapa saja musuhnya. Bahkan kamu bisa saja masuk ke kapal dan mendapati generator mati dan harus menghidupkannya terlebih dahulu.

This image has an empty alt attribute; its file name is 8e66c273-acf8-445d-a0e5-67cc58eb30f2

Star Map juga akan menampilkan Nebula Depth sebagai informasi seberapa dalam level Nebula yang sedang kamu jelajahi. Awalnya dimulai dari Nebula Depth: 1 dan kamu akan mendapatkan pesan ketika mencapai level baru di tengah layar.

Nebula Depths sendiri menggambarkan status challenge yang harus kamu hadapi. Semakin dalam, musuh akan semakin kuat dan banyak. Jelas akan membuatmu berpikir dua kali untuk terjun lebih dalam tanpa persiapan yang matang.

Masalahnya, beberapa tool yang harus dirakit sesuai objektif berada di kedalaman bawah. Tetapi, kamu memiliki opsi apakah kamu akan berdiam diri di kapalmu atau melakukan transisi antar level yang ditandai dengan ikon tangga.

Setiap tahanan memiliki sifat dan kemampuan yang berbeda

Beberapa karakter tahanan memiliki sifat dan kemampuan yang beragam atau yang dikenal dengan trait. Misal, kamu memainkan tahanan yang dapat berlari dua kali lebih cepat atau tahanan yang dapat mengumpulkan barang-barang secara otomatis. Selain itu, sifat-sifat ini bisa bernilai positif atau negatif. Misal, beberapa mengonsumsi oksigen lebih cepat dari biasanya.

Cara paling mudah untuk meningkatkan trait adalah dengan mengunjungi ruang GENE di kapal. Di sana, kamu akan menemukan mesin yang dapat menambahkan sifat/gen baru. Selalu baca dengan cermat deskripsi yang ada di layar.

Yang perlu diperhatikan adalah game ini mengusung elemen permadeath. Artinya, jika karaktermu mati, maka kamu tidak dapat melanjutkan misi dan harus mengulang dengan karakter baru. Tenang, hasil jarahan yang sebelumnya diambil akan disimpan secara permanen dan ditransfer ke game berikutnya.

Tidak pernah ada kapal musuh yang sama

Seperti yang dijelaskan di awal, kamu cukup masuk ke kapal musuh dan mengambil makanan untuk energi, bahan bakar untuk kapal berpindah ke lokasi berikutnya, peluru untuk senjata, dan material untuk merakit tool.

Sejatinya, kamu hanya memiliki tiga pilihan, menyelinap masuk sembari mengambil material untuk tool dan kabur, hit and run seperlunya, atau berlagak layaknya keparat yang benar-benar merampok sebuah kapal sambil menghabisi semua musuh yang ada.

Semua keputusan tersebut ada di tanganmu. Hanya saja pilihan ketiga kurang bijaksana. Ketika kamu berhasil mendapatkan material untuk tool, semakin sedikit kamu bertempur dengan musuh, semakin besar peluangmu untuk bertahan hidup.

Ingat, tidak pernah akan ada kapal musuh yang sama. Mungkin di Nebula Depth atas kamu hanya menemukan musuh seperti Janitor, Tourist, atau Patient yang levelnya rendah. Tetapi bagaimana kalau yang dihadapi adalah Screw yang memiliki banyak darah dan Spook yang dapat menghilang sekejap? Setidaknya, hindari musuh yang benar-benar akan merepotkanmu.

Setiap kapal musuh juga memiliki portal yang akan memunculkan musuh setiap kali mereka mati dan area radiasi. Jika kamu terkena radiasi, kamu dapat memulihkan diri di ruang Radiation. Perhatikan legenda masing-masing ikon di peta untuk setiap kapal.

Workbench dan part

Ini adalah bagian terpenting. Workbench adalah tempat di mana kamu dapat merakit beberapa tool yang memudahkanmu menyelesaikan misi di setiap level. Semakin banyak tool yang kamu miliki, semakin besar kesempatanmu untuk memenangkan pertarungan.

Setiap tool ini dihasilkan ketika kamu berhasil mengumpulkan item part yang sesuai dengan objektif yang ada. Dan setiap item part dibuat menggunakan material. Kamu akan menemukan lima jenis material, yaitu BIO, DATA, PLAZ, SLAG, VOLTS. Setiap material ini akan ditandai dengan ikon tertentu di peta.

Jadi, urutannya adalah material – parttool (workbench).  Misal, kamu diharuskan merakit Hefty Regulator sebagai senjata atau Fast Bushwacker sebagai granat. Setiap tool memiliki fungsinya masing-masing.

Selain itu, terdapat part yang bisa didapatkan random di kapal musuh seperti Warp Key yang memungkinkan kamu melakukan perjalanan jarak jauh dengan warp. Cukup dengan mengonsumsi satu unit makanan dan bahan bakar.

Fitur combat

Void Bastards mirip dengan game FPS pada umumnya, kamu dapat menggunakan senjata yang berhasil kamu rakit mulai dari pistol, shotgun, dan lainnya dan bidik musuh seperti biasanya. Setiap senjata memiliki efek yang berbeda-beda. Gunakan dengan tepat ketika kamu ingin mendarat di kapal musuh dengan membaca keterangan di Star Map.

Kamu juga dapat melompat dan berlari. Bahkan kamu dapat membuka atau mengunci pintu yang ada. Pilih tombol pada pintu untuk membuka dan menutup serta gunakan tombol gembok di bagian bawah untuk menguncinya.

Tombol gembok ini sangat penting karena ketika kamu menguncinya, musuh tidak akan mungkin bisa masuk. Kecuali kamu lupa dan mereka dapat masuk seperti biasanya.

Setiap locker atau ruangan biasanya menggunakan Merit Badge yang berbentuk tiket kuning untuk membukanya. Jadi, kamu harus menggunakan tiket tersebut dengan bijak di setiap kapal musuh yang kamu datangi.

Void Bastards menampilkan campaign selama 12-15 jam yang dapat diselesaikan dengan memainkan karakter tahanan yang tidak ada habisnya.

void-bastards

Kesimpulannya, Void Bastards adalah game FPS roguelike yang unik dan menarik. Game ini menantang kemampuan kamu untuk menjadi pemimpin bagi Void Ark dengan menugaskan mereka menjarah semua hal yang dibutuhkan di kapal musuh. Pilihannya adalah dengan melakukan strategi bertarung dan bertahan sebaik mungkin.

Tidak hanya status karakter tahanan yang harus diperhatikan tetapi juga lokasi kapal yang dituju. Semakin jauh kamu berjalan, semakin kuat juga musuh yang akan dihadapi. Sehingga membuatmu harus memutuskan apakah kamu benar-benar harus menjadi keparat yang bertarung dari depan atau sembunyi dari belakang. Kamu yang memutuskan.

Siap menjadi keparat di luar angkasa?!


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.