Review Knockout City – Game Dodgeball Fun yang Bikin Ketagihan


Mengusung gameplay team-based competitive yang seru, Knockout City adalah game multiplayer yang tidak boleh kamu lewatkan!

Review Knockout City Gimbot

Tidak ada video game dodgeball yang seru dulu selain Super Dodge Ball yang dirilis dalam bentuk permainan arcade tahun 1987 dengan karakter ikonik miliknya Kunio. Namun, Velan Studios di bawah bendera Electronic Arts membawa angin segar dengan merilis Knockout City, sebuah game team-based competitive multiplayer bertema dodgeball. Simak review Knockout City dari Gimbot di bawah ini!

Velan Studios sendiri termasuk game developer yang terhitung baru dan bermarkas di New York. Studio ini sebelumnya hanya memiliki satu game saja yang pernah dikembangkan, yaitu Mario Kart Live: Home Circuit. Electronic Arts terbilang berhasil dengan menggaet Velan Studios dalam menawarkan game olahraga dalam bentuk yang berbeda.

Menariknya game ini memiliki dukungan cross play dari semua platform dan sistem live service. Setelah bermain puluhan jam, sulit rasanya bagi saya untuk tidak memasukkan Knockout City ke dalam salah satu game yang harus kamu mainkan bersama dengan teman-temanmu tahun ini.

Lantas apa yang membuat Knockout City menjadi salah satu game multiplayer yang wajib kamu mainkan? Baca ulasan lengkapnya berikut ini!

Gameplay Seru dan Penuh Aksi

Review Knockout City Gimbot 1

Normalnya, bermain dodgeball dibagi dalam dua tim di mana masing-masing tim terdiri dari 6-10 pemain yang dibagi ke dalam dua bagian lapangan dan pemain tidak diperbolehkan menyeberang ke daerah lawan. Cara bermainnya sederhana dengan melemparkan bola karet ke arah lawan dan sistem permainan untuk menentukan pemenang dibagi menjadi sistem eliminasi, waktu, dan skor. Tim yang berhasil bertahan sampai akhir akan menjadi pemenang.

Namun, Knockout City cukup berbeda dengan menawarkan gameplay yang lebih bebas di lima map berbeda. Kamu dan temanmu (hingga tiga orang) yang disebut dengan Brawler akan saling bertarung dengan lawan sambil melemparkan bola ke arah mereka dengan berjalan atau lari ke sana kemari. Masing-masing pemain akan memiliki batas 2x pukulan sebelum terjatuh. Siapa yang berhasil memenangkan dua ronde dari Best of 3 akan menjadi pemenangnya.

Review Knockout City Gimbot 3

Terdapat enam bola yang dapat dimainkan seperti bola biasa, Moon Ball yang memberikan efek terbang lebih tinggi, Sniper Ball layaknya tembakan cepat sniper, Cage Ball yang akan mengurung musuh, Multi Ball yang memberikan tiga bola sekaligus dalam batasan waktu, Bomb Ball sebagai bom waktu. Kamu juga dapat menembakkan bola dalam bentuk Curve sebagai tembakan melengkung atau Lob sebagai tembakan melambung. Bahkan kamu juga dapat melakukan Fake Throw.

Setiap bola yang dipegang dapat dilempar dengan cara ditahan sampai mendapatkan Ultimate Throw dengan tanda ungu di tangan sehingga bolanya menjadi lebih cepat. Kamu dapat menghindari bola dengan cara dodge atau menangkapnya. Kamu juga dapat menjadi bola dan dilemparkan sebagai bom ke arah musuh.

Review Knockout City Gimbot 2

Game ini memiliki empat mode bermain mulai dari Street Play, League Play, Private Match, dan Training. Street Play adalah mode pertandingan biasa dengan lawan secara acak. League Play adalah mode pertandingan dengan fitur rank. Private Match adalah mode pertandingan untuk bermain bersama temanmu secara private. Training adalah sesi dasar latihan untuk mengetahui cara bermain dodgeball.

Setelah itu, masing-masing mode pertandingan memiliki aturannya lagi seperti Team KO yang merupakan deathmatch 3vs3, Diamond Dash yang mewajibkan pemain mengumpulkan diamond yang dijatuhkan oleh musuh, Ball-Up Brawl dengan empat lawan empat tanpa adanya bola sehingga temanmu harus menjadi bola itu sendiri, KO Chaos yang memberikan semua bola spesial, dan Brawler untuk pertarungan satu lawan satu.

Setiap karakter akan memiliki peringkat bernama Street Rank yang dapat ditingkatkan berdasarkan jumlah experience dari hasil pertandingan. Kamu juga akan mendapatkan HoloBucks sebagai mata uang yang dapat dibelanjakan di Brawl Shop untuk membeli skin dan item lainnya.

Kustomisasi Brawler yang Lengkap

Kamu akan mendapatkan tiga karakter Brawler sekaligus yang dapat kamu sesuaikan penampilannya. Kustomisasi yang dapat dilakukan mulai dari lambang karakter di Player Icon, atau penampilan seperti Outfit, Body, Face, Hairstyle, Glasses, Gloves, Glider, Voice, hingga Pose.

Knockout City sendiri dimainkan dalam mode third-person sehingga skin yang kamu gunakan dapat terlihat dengan jelas. Bahkan kamu dapat pamer seberapa heboh penampilanmu di awal permainan dengan menunjukkan pose dan gaya berpakaian yang total. Tampilan visual dan audio yang diberikan pun juga sangat ciamik sehingga kamu betah memainkannya dalam waktu yang lama.

BACA JUGA: Review Biomutant – Kompleksitas di Dunia yang Imut-imut

Ajang Pembuktian Kekompakan Geng Mabarmu

Ingin menunjukkan bahwa geng mabarmu adalah tim dodgeball terbaik dari yang terbaik? Gunakan fitur Crew untuk mengundang teman-temanmu bergabung dalam tim sehingga kamu dan temanmu akan memiliki tag nama yang sama mulai dari logo hingga background.

Bermain dalam tim dengan teman-teman yang kamu kenal juga lebih seru karena kamu bisa saling berkomunikasi untuk melakukan strategi terbaik dalam melawan musuh. Misalnya seperti melakukan pertarungan terpisah satu lawan satu atau berkumpul dengan saling melemparkan operan bola untuk mendapatkan Ultimate Throw dalam waktu singkat.

Kamu juga dapat melakukan kustomisasi Crew layaknya Brawler dan menyelesaikan Crew Contract yang memberikanmu experience dan HoloBucks. Semakin banyak HoloBucks yang kamu kumpulkan, semakin banyak juga item yang dapat kamu beli di Brawl Shop. Total pemain yang dapat dikumpulkan dalam satu Crew adalah 32 orang.

Beragam Item Kosmetik Lucu dan Keren

Ingin membeli skin dan item kosmetik lainnya untuk memperbarui penampilan Brawler? Kamu dapat membeli semuanya di Brawl Shop menggunakan HoloBucks atau uang asli. Kosmetik yang berupa skin, logo, pose, dan stiker ini tidak memiliki elemen pay-to-win. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki banyak skin terbaru.

Seberapa heboh skin yang kamu miliki dapat memberikan kesan intimidatif kepada musuh di awal permainan saat masing-masing tim diperkenalkan. Tidak jarang, kamu akan bertemu dengan satu tim yang memiliki skin seperti layaknya geng motor sangar dengan desain sayap di belakangnya atau pose ketika menjadi pemenang yang bikin lawan bermain ciut.

Kesimpulan

Menurut saya, Knockout City adalah salah satu game olahraga multiplayer yang wajib kamu mainkan bersama dengan temanmu. Gameplay yang dimainkan sangat seru dengan berbagai mode dan aturan mainnya yang bebas sehingga kamu tidak akan cepat bosan memainkannya. Dijamin game ini akan bikin kamu ketagihan.

Sebelumnya, game ini dapat dimainkan secara gratis di semua platform dalam batasan waktu tertentu. Namun, kamu tetap dapat memainkan game ini gratis hingga mencapai level Street Rank 25 (tidak termasuk untuk Private Match dan bergabung ke dalam Crew).

Knockout City dirilis untuk platform Microsoft Windows, Nintendo Switch, PlayStation 4 dan Xbox One, PlayStation 5, Xbox Series X | S). Kamu membutuhkan fitur PlayStation Plus, Nintendo Switch Online, Xbox Live Gold untuk bermain secara online bersama temanmu dan cross play. Khusus pemain di Xbox, kamu dapat memainkannya secara gratis jika berlangganan Xbox Game Pass (termasuk ke dalam EA Play).

Lihat cuplikan gameplay Knockout City di bawah ini.


Danu

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.