Review Fall Guys, Game Battle Royale yang Casual dan Fun

Fall Guys menghadirkan pengalaman yang jarang kamu temui, yaitu game battle royale yang sangat casual, fun dan untuk semua orang.


review-fall-guys-featured

Sejak pertama kali diumumkan, Fall Guys: The Ultimate Knockout langsung menarik perhatian saya dan banyak orang. Game ini memadukan genre battle royale dengan acara TV seperti Benteng Takeshi lalu dikemas dengan visual lucu yang penuh warna. Dari ide itu saja, game ini terlihat dan terdengar sangat seru dan casual.

Fall Guys akhirnya rilis di Steam dan Playstation 4 tanggal 4 Agustus 2020 lalu. Benar saja, game ini memberikanmu battle royale yang sangat casual dan fun.

Fun Apapun yang Terjadi

review-fall-guys-awal-tantangan

Kamu dan 59 pemain lain akan menghadapi berbagai arena rintangan, masing-masing dengan peraturan yang berbeda. Dalam tiap rintangan, beberapa pemain akan tereliminasi sampai akhirnya tantangan terakhir hanya menyisakan satu orang sebagai pemenang.

Tantangan yang tersedia pun bervariasi, mulai dari obstacle run seperti menebak dan melewati rentetan pintu, elimination game seperti menghindari palang berputar yang akan menghempasmu keluar dari arena, hingga permainan tim seperti berebut telur. Apapun tantangannya, kamu hanya perlu mengingat empat tombol yaitu lari, lompat, dive, dan grab. Semua tantangan juga cukup sederhana dan bisa langsung kamu pahami begitu melihatnya. Jadi kamu harusnya bisa langsung siap bermain.

review-fall-guys-dinding

Fall Guys is fun. Semua elemen dalam game ini, mulai dari karakter pemain yang sangat sederhana, visual yang penuh warna, hingga interaksi yang kamu lakukan di tiap tantangan membuat game ini selalu seru dimainkan. Hampir di tiap sesi saya selalu senyum atau tertawa ketika bermain dan melihat chaos dan kegilaan yang terjadi di tiap tantangannya.

Kamu mungkin berkali-kali dihempaskan oleh bola raksasa ketika kamu ingin berlari ke garis finis, atau ditahan pemain lain hingga diseret jatuh oleh dinding, melihat pemain merebut mahkota juara yang hampir kamu raih. Kamu mungkin sangat jago atau sangat payah, menang atau kalah, bermain sendiri atau bermain bersama teman. Apapun situasinya, Fall Guys tetap memberikanmu pengalaman yang fun. Ditambah dengan durasi tiap tantangan yang singkat, kamu juga tidak akan pernah merasa bosan karena terlalu lama berada di satu tantangan.

More To Come?

review-fall-guys-gambar-buah

Saat ini Fall Guys punya cukup banyak tantangan yang dipilih secara acak, dan dalam satu sesi kamu biasanya hanya akan memainkan paling banyak lima tantangan untuk menjadi juara. Meskipun mayoritas tantangan memberikan pengalaman yang chaos, ada segelintir yang menurut saya sedikit kurang dibanding yang lain.

Salah satunya adalah tantangan di mana kamu harus berdiri di platform dengan gambar buah yang sesuai dengan layar. Selain itu ada juga tantangan Hoopsie Daisy yang elemen RNG-nya sangat tinggi. Meskipun cepat terlupakan, saya tetap merasa sedikit frustasi karena spawn hoop yang terlalu random. Terakhir ada juga beberapa game seperti Tail Tag di mana kamu merasa berada di posisi yang cukup jauh dari lawan, tapi ekormu ternyata tetap tercuri akibat server tick.

Tapi di antara banyak tantangan yang sangat seru, wajar jika ada satu atau dua yang kurang berkesan. Saya yakin developer di balik game Fall Guys ini juga akan membuat arena baru serta mengubah dan merotasi tantangan yang mereka miliki agar game ini tetap fresh. Karena setelah beberapa minggu atau bulan, banyak pemain yang akan mulai bosan dengan beberapa tantangan yang ada.

Terakhir, karena tidak menyangka bahwa game mereka akan sangat laris, Fall Guys sering mengalami masalah server dan harus masuk maintenance. Setelah bisa bermain pun beberapa kali saya mengalami disconnect atau kesulitan mendapatkan lobby. Sejauh ini Fall Guys cukup aktif dalam memperbaiki serta meningkatkan kapasitas server mereka. Semoga saja nantinya kita semua bisa bermain tanpa kendala sama sekali.


Entah itu sendiri atau bersama bersama teman/keluarga, Fall Guys adalah game yang tepat jika kamu ingin bersenang-senang di game dengan elemen Battle Royale tapi sangat casual. Kamu tidak harus jadi pemain yang sangat berpengalaman atau jago untuk bermain dan menikmati ini. Jadi, hop in and have fun!


Kaoru

Hmmm...