Review Call of Duty Mobile: Game Shooter Terbaik di Mobile


Ada Captain Price dan Ghost nih Bot di Call of Duty: Mobile!!!

review-call-of-duty-mobile

Call of Duty: Mobile (CoD: Mobile) meramaikan daftar deretan game shooter yang ada di platform mobile. Game yang mengusung genre FPS dan battle royale ini dapat dimainkan secara gratis di Android dan iOS.

Distribusinya sendiri terbagi atas negara Eropa dan Amerika yang didukung oleh Activision, untuk negara Asia oleh Garena, dan negara China oleh Tencent Games.

Bisa dikatakan, CoD: Mobile mengobati kerinduan bagi pemain veteran atau pemain baru yang dahulu sering memainkan game ini di PC.

BACA JUGA: 5 Cara Developer Membuat Loading Screen Dalam Game Lebih Menarik

Sejatinya, CoD: Mobile adalah memberikan pengalaman bermain franchise seri Call of Duty pada umumnya yang dirilis di PC tetapi dikemas untuk platform mobile.

Apa yang membuat game ini begitu populer dalam waktu singkat? Seberapa menarik game shooter pendatang ini? Simak review Call of Duty: Mobile di bawah ini!

Pilihan Setting Tembakan untuk Noob dan Veteran

review-call-of-duty-mobile

CoD: Mobile menawarkan dua opsi setting tembakan, yaitu simple mode dan advanced mode. Opsi ini dapat kamu coba saat memulai tutorial di mode Frontline dan dapat diganti nantinya.

Simple mode akan membuat senjatamu menembakkan peluru secara otomatis ketika musuh berada dalam jarak bidikan atau sederhananya di depan senjata.

Cocok sekali untuk noob yang mungkin tidak terlalu jago dalam bermain game shooter di mobile. Sayangnya, opsi ini akan membuatmu boros karena menghabiskan peluru.

Advanced mode adalah opsi manual yang umum digunakan ketika memainkan game shooter di mobile di mana kamu harus menekan ikon tombol peluru di layar untuk menembak.

Opsi ini cocok sekali untuk veteran atau pemain yang merasa lebih nyaman ketika menembakkan senjata dengan menekan trigger ikon tombol peluru.

Fokus Kepada Mode Multiplayer

review-call-of-duty-mobile

Setidaknya, ada dua game shooter populer yang sedang ramai dimainkan di Indonesia, yaitu PUBG Mobile dan Free Fire. Lihat saja bagaimana ramainya tim pro player yang tampil di turnamen esports dalam waktu setahun ini.

Bahkan kamu dapat menemukan di sudut jalan atau gang beberapa anak kecil sedang memainkan salah satu dari kedua game tersebut. Namun, tampaknya hal ini akan berubah karena hadirnya CoD: Mobile.

Walaupun memiliki mode battle royale, CoD: Mobile sejatinya berfokus pada mode multiplayer. Terdapat enam mode multiplayer yang dapat dimainkan mulai dari Team Deathmatch yang mencari kill sebanyak-banyaknya untuk tim hingga Bomb Mission yang membagi tim menjadi posisi penyerang atau bertahan.

Review Call of Duty: Mobile ini juga memberikan highlight besar pada mode multiplayer yang memiliki fitur combat gameplay yang unik mulai dari Scorestreak yang dapat digunakan sebagai bantuan yang bisa didapatkan setelah mendapatkan skor tertentu.

Skor bisa didapatkan ketika melakukan Kill/Assist/Death dan kematian kamu akan me-reset skor dari Scorestreak kamu. Contoh senjatanya adalah UAV, Hunter Killer Drone, hingga Predator Missile.

Selain itu, terdapat Operator Skill yang bisa digunakan setiap saat dan memiliki cooldown ketika selesai digunakan. Cooldown akan berkurang lebih cepat ketika sukses melakukan Kill/Assist. Dan Perk sebagai tambahan kemampuan yang bisa digunakan oleh pemain.

Mainkan Captain Price & Ghost Di Map Nuketown

review-call-of-duty-mobile

Menariknya, kamu bisa memainkan karakter ikonik seperti Captain John Price, sang prajurit resimen Special Air Service (SAS) yang terkenal menggunakan Boonie Hat atau Letnan Simon “Ghost” Riley sebagai operator dari Special Forces Inggris.

Saat bertarung di mode multiplayer 5 vs 5, kamu dapat memainkannya di map klasik seperti Nuketown, Standoff, hingga Crossfire. Penting sekali untuk memahami setiap map yang ada untuk menguntungkan posisi bertarung.

Class Karakter Di Mode Battle Royale

review-call-of-duty-mobile

Mode battle royale yang dimainkan hampir sama dengan game lainnya. Hanya saja CoD: Mobile memiliki luas map yang lebih kecil dan kamu dapat memilih karakter yang terbagi atas beberapa class yang memiliki skill tersendiri.

Selain itu, beberapa lokasi di map juga memiliki musuh zombie yang akan mengejar pemain jika berada di sekitar area mereka.

Terdapat enam class yang dapat digunakan mulai dari Clown, Defender, Mechanic, Medic, Ninja, dan Scout. Clown memungkinkan kamu melemparkan Toy Robot yang dapat mengalihkan perhatian zombie dan meledak ketika disentuh.

Defender memungkinkan kamu meletakkan perisai besar di depan untuk menghalangi tembakan musuh. Ada juga Ninja yang dapat membuatmu naik ke atas bangunan atau berpindah tempat dengan cepat menggunakan grapple miliknya.

Review Call of Duty: Mobile ini juga menaruh perhatian besar pada class karakter ini membuatmu harus menentukan karakter dengan skill mana yang paling cocok dengan gaya bermainmu serta bagaimana menyesuaikan kerja sama antar tim dengan skill yang berbeda-beda.

Tampilan Grafis yang Lebih Ciamik

review-call-of-duty-mobile

Tidak diragukan lagi, CoD: Mobile memiliki tampilan grafis yang menawarkan pengalaman visual terbaik dibanding game battle royale lainnya di mobile.

Kamu bisa melihat sendiri perbedaan antara bangunan rumah, lingkungan seperti rumput, pohon, dan tanah, ledakan, dan masih banyak lagi yang terlihat lebih jelas.

Terlebih, pengalaman visual ini akan membangkitkan kenangan nostalgia bagi gamer veteran yang pernah memainkan franchise Call of Duty sebelumnya.

Mikrotransaksi untuk Kustomisasi Senjata

review-call-of-duty-mobile

Entah ini kabar baik atau buruk, CoD: Mobile memiliki mikrotransaksi yang dapat digunakan untuk melakukan kustomisasi senjata. Memang harus diakui bahwa hampir semua game battle royale selalu memiliki fitur mikrotransaksi.

Pertanyaannya adalah apakah fitur mikrotransaksi ini akan membuat pertarungan menjadi tidak adil? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Iya karena saat ini tidak ada senjata atau item yang benar-benar terlalu over power.

Sebagai catatan, ada senjata atau item yang bisa dibeli dan bersifat upgrade. Tidak karena terdapat item yang dapat menambahkan atribut atau status senjata.

Tidak Ada Mode Campaign

review-call-of-duty-mobile

Sayangnya, saat ini CoD: Mobile hanya menyediakan mode permainan untuk online multiplayer. Belum ada informasi apakah game ini akan memiliki mode campaign seperti seri Call of Duty sebelumnya yang dirilis di PC dan console.

Sebenarnya, mode campaign memang tidak diperlukan karena Gimbot yakin kedepannya game ini memang ditujukan sebagai game shooter selanjutnya di event esports. Tetapi memberikan opsi mode campaign pada game ini akan membuatnya lebih variatif dibanding kompetitor yang memang hanya berfokus pada multiplayer.

Entah itu mode campaign secara solo seperti di seri CoD: Modern Warfare atau co-op di CoD: Black Ops III. Langkah ini dirasa tepat untuk mengembalikan nostalgia bermain bagi pemain veteran Call of Duty dan memberikan pengalaman baru bagi pemain yang benar-benar baru mengenal franchise Call of Duty.

Tidak Support Bluetooth Controller

review-call-of-duty-mobile

Salah satu alasan mengapa game mobile ini begitu dinanti adalah karena dukungannya terhadap support bluetooth controller. Android atau iOS sejatinya telah mendukung koneksi dengan controller nirkabel melalui bluetooth baik itu melalui controller PS4 atau Xbox One.

Namun, fitur ini tidak lagi tersedia di update aplikasi yang terbaru di mana kolom controller di bagian setting telah berganti menjadi other. Tidak diketahui apakah hilangnya fitur ini bersifat sementara atau permanen.

Kehadiran dukungan controller di beberapa game battle royale pada platform mobile memang menuai pro dan kontra. Ada yang mengatakan bahwa game mobile cukup dimainkan seperti biasa tanpa tambahan perangkat.

Tidak ada salahnya jika CoD: Mobile ingin memberikan opsi tambahan bermain menggunakan controller karena terlalu banyak ikon menu di layar akan membuat tampilan UI game penuh dan jelek. Terlebih CoD: Mobile memiliki skill tambahan yang tidak ada di game lain yang akan membuat layar permainan semakin ramai dengan ikon tombol.

Kesimpulan

review-call-of-duty-mobile

CoD: Mobile menghadirkan pengalaman baru untuk game shooter di platform mobile karena memiliki opsi multiplayer yang beragam dan class karakter dengan skill tertentu.

Sekaligus mengobati kerinduan bagi para pemain veteran dari franchise Call of Duty. Selain itu, pemain yang baru memainkannya juga dapat merasakan keseruan game shooter yang satu ini.

Bagi kamu pecinta game mobile shooter dan battle royale seperti PUBG Mobile dan Free Fire, harus coba memainkan game ini karena ada banyak sekali pengalaman perang yang tidak dapat kamu temukan di game lain.

Spesifikasi minimal untuk dapat memainkan CoD: Mobile ini adalah dengan chipset Snapdragon 625 dengan RAM 3GB dan GPU Adreno 506.

Untuk visual yang lebih maksimal, setidaknya harus memiliki chipset Snapdragon 660 serta RAM 4GB ke atas.

Itu dia review Call of Duty: Mobile. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunduhnya di sini untuk Android dan di sini untuk iOS. Btw, kalo mabar, ajak Gimbot juga ya! Hehe.


Aria

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.