5 Cara Developer Membuat Loading Screen Dalam Game Lebih Menarik


Game mana yang punya loading screen paling unik dan berkesan buatmu hingga saat ini? Kenapa? Apa yang membuatnya unik?

loading-screen-unik-dalam-game-featured

Semua orang benci loading screen dan menunggu sampai kamu dibawa ke area berikutnya. Tapi suka tidak suka, kamu harus membiarkan area baru tersebut dimuat dan siap dimainkan. Jadi meskipun mungkin tidak terlalu lama, kamu harus disuguhi dengan loading screen sambil menunggu.

Developer pun sadar bahwa tidak ada yang suka melihat layar kosong dengan tulisan “Now Loading”. Karena itu loading screen kemudian dibuat unik dan menarik agar kamu tidak bosan selagi menunggu.

Berikut adalah beberapa cara developer membuat loading screen yang menarik agar kamu tidak bosan.

Tips/Panduan Bermain, Statistik, Trivia, Dan Teks Lainnya

loading-screen-unik-dalam-game-tips

Cara ini mungkin yang paling umum dan sering kamu temui di banyak game. Ketika berpindah dari satu area ke area berikutnya, kamu mungkin akan mendapatkan sebuah layar berisi teks.

Apa isi teksnya beragam mulai dari tips bermain, statistik karakter atau perjalananmu, trivia yang berhubungan dengan game tersebut, sinopsis singkat kejadian sebelumnya, dan masih banyak lagi. Tapi semuanya punya tujuan yang sama, yaitu memberikan sesuatu untuk dibaca selagi menunggu area berikutnya selesai dimuat.

Animasi Berpindah Tempat

Beberapa game membuat karaktermu pindah dari satu tempat ke tempat lain melalui cara yang spesifik. Misalnya, dalam seri Portal, untuk pindah dari satu level ke level berikutnya kamu harus masuk ke dalam elevator. Ini memang masuk akal dan sesuai dengan konteks cerita dalam game. Tapi selagi menunggu di dalam elevator, game tersebut sebenarnya dalam proses loading.

Tentu saja, elevator bukan satu-satunya cara developer menyembunyikan loading screen dengan cara ini. Ada banyak cara lain yang serupa, misalnya berjalan melewati koridor panjang, membuka pintu, atau melayang di atas langit sebelum akhirnya mendarat. Semuanya dilakukan untuk membuat seolah perjalanmu terus berlanjut tanpa dipotong loading screen sama sekali.

Bersiap Sebelum Pertarungan

Cara ini biasanya dilakukan oleh game yang memiliki PvP. Untuk membuat loading screen lebih menarik, game seperti Street Fighter atau fighting game lain memperlihatkan kedua karakter berhadapan satu sama lain. Game seperti Dota 2 juga menggunakan cara yang mirip dengan cara memperlihatkan hero kedua tim berlari atau berbaris sebelum kamu akhirnya dibawa ke arena permainan.

Melihat karaktermu berhadapan dengan lawan bisa memberikan hype dan antisipasi ke pemain (dan mungkin penonton) sebelum mulai bermain sebelum kamu akhirnya dibawa ke arena pertarungan.

Berinteraksi Dengan Objek Dalam Layar

Tiga cara di atas pada akhirnya tidak memaksamu melakukan apa-apa selain duduk dan melihat. Tapi ada juga game yang mengizinkanmu melakukan sesuatu dalam loading screen tersebut.

Apa yang bisa kamu lakukan tergantung dari game itu sendiri. Kamu mungkin diberikan model karakter yang bisa kamu gerakkan sesuka hati ala Skyrim, menggerakkan karakter mungil di bawah layar seperti Fire Emblem: Three Houses, atau membombardir kalimat “Now Loading” itu sendiri seperti dalam Devil May Cry 3. Objek tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan game yang kamu mainkan, tapi paling tidak kamu tetap bisa menekan tombol selagi menunggu.

Mini Game Atau Latihan

Beberapa game tidak puas dengan hanya membuat loading screen jadi interaktif. Tidak tanggung-tanggung, kamu diajak melakukan pemanasan atau latihan. Dengan begitu ketika area berikutnya selesai dimuat, kamu sudah siap beraksi.

Game FIFA selalu membawamu ke sebuah area latihan sambil menunggu. Latihan tersebut juga beragam, mulai dari dribble sampai tendangan bebas. Bayonetta memberikanmu ruangan kosong untuk melatih combo yang bisa kamu gunakan. Rocket League membawamu ke lapangan kosong dengan satu bola yang bisa kamu mainkan, dan masih banyak lagi.


Game apa yang memberikanmu loading screen paling menarik hingga saat ini?


Kaoru