Ragnarok Eternal Love baru-baru ini saja dirilis. Saking hype-nya para penggemar Ragnarok, menjadikan Ragnarok Eternal Love langsung diserbu oleh para gamer.

Ragnarok Eternal Love memiliki gameplay yang sama persis dengan gim sebelumnya, Ragnarok Online, yang dulu hadir di PC dan sekarang menjadi versi klasik dari seri Ragnarok Online.

Meskipun memiliki tema dan gameplay yang sama persis, tentu saja ada berbagai perbedaan di antara keduanya.

Nah apa saja itu perbedaannya? Kita langsung saja bahas yuk, apa saja perbedaan antara Ragnarok Eternal Love dan Ragnarok Online versi jadul. Cekidot!

1. PC vs Mobile

ragnarok eternal love

Jika kamu memainkan Ragnarok Online (RO) di PC, maka kini kamu memainkan Ragnarok M: Eternal Love (ROMEL) di gadget atau smartphone kamu. Ya dari namanya saja Ragnarok M yang artinya Ragnarok Mobile.

Meskipun memang dikhususkan untuk gadget mobile, ROMEL tetap bisa kok dimainkan di PC, dengan menggunakan emulator Android.

Apakah memainkan dengan emulator legal atau diperbolehkan? Gravity, pihak publisher dari gim ini bahkan menyarankan untuk menggunakan Mumu atau Nox jika kamu ingin memainkannya di emulator.

2. Kontrol yang Cukup Berbeda

ragnarok eternal love
Sumber: Harleth

Keduanya sebenarnya memiliki basis kontrol yang mirip, yaitu dengan menggerakkan atau memberi perintah kepada karakter dengan cara klik.

Hanya saja untuk ROMEL tidak sepenuhnya harus diklik. Kamu bisa melakukan drag hingga muncul virtual d-pad untuk menggerakkan karakter kamu.

Selain itu, kamu tidak bisa memutar arah pandang hingga 360° seperti yang bisa kamu lakukan di RO versi PC.

3. 3D vs 2,5D

ragnarok eternal love

Bersyukurlah, meskipun ROMEL memiliki gameplay dan tema yang sama, akan tetapi memiliki tampilan grafis yang lebih ciamik dibanding versi RO dahulu.

RO klasik versi PC memiliki tampilan 2D atau mungkin sudah termasuk 2,5D. Hal tersebut dikarenakan RO klasik masih menggunakan sprite dengan tampilan 2D, hanya saja ada beberapa sprite yang ditampilkan layaknya 3D tapi sebenarnya sprite tersebut berbentuk 2D.

Berbeda dengan ROMEL yang sudah memiliki tampilan 3D sepenuhnya sehingga gambarnya lebih “menarik” untuk para gamer awam.

4. Fitur Selfie

ragnarok eternal love
Sumber: Ragnarok Mobile PH

Jika kamu bermain RO PC, maka kamu akan menemukan fitur yang sangat berbeda. Yap, ROMEL memiliki fitur selfie, jadi kamu bisa memotret karakter kamu sendiri bahkan secara close-up.

Menariknya lagi, dalam ROMEL kamu memiliki quest di mana harus mengambil foto selfie di beberapa tempat tertentu. Sehingga mau tidak mau, kamu pasti setidaknya mencoba fitur ini sekali saja, untuk menyelesaikan quest.

Dengan fitur ini, foto satu guild tidak akan menjadi kaku lagi.

5. Combat Time/Stamina

ragnarok eternal love

Jika kamu bermain RO klasik, kamu bisa bermain hingga 24 jam nonstop jika memang kamu kuat. Meskipun secara pribadi saya, bermain dengan seperti itu sungguh tidak sehat.

Nah untuk di ROMEL kamu tidak perlu khawatir ketagihan seperti demikian. Sebab dalam ROMEL terdapat sistem Combat Time atau biasa disebut dengan stamina.

Sistem ini membatasi kita dalam memainkan ROMEL. Perhari kita akan diberi waktu memainkan game selama 300 menit atau 5 jam. Selama jam tersebut, kamu akan mendapatkan drop rate normal dan exp normal.

Jika sudah habis combat time, bukan berarti kamu tidak akan bisa memainkan ROMEL lagi.

 

Kamu tetap bisa bermain, hanya saja kamu akan kesulitan untuk mendapatkan drop dan exp. Bahkan lightning chain, sebuah item untuk penambah drop rate juga tidak berguna ketika combat time habis.

6. Auto Mode

ragnarok eternal love

Jika kamu memainkan RO klasik, maka dilarang keras untuk bermain secara auto atau biasa disebut dengan bot. Di mana karakter kamu bisa berjalan sendiri, hunting sendiri, leveling sendiri tanpa harus kamu menyentuh PC.

Nah hal tersebut ternyata tidak dilarang untuk ROMEL, selama memang memainkan auto mode tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tentu saja auto mode di sini hanya memiliki fitur untuk berburu monster saja.


Itu dia perbedaan antara Ragnarok M: Eternal Love dan Ragnarok Online klasik. Menurut kamu mana yang lebih menarik di antara keduanya?


Rizal Ziz