Produser Death Stranding Kenichiro Imaizumi Hijrah ke Tencent

Setelah bekerja bersama Kojima selama dua dekade, kini Imaizumi dikabarkan berpisah jalan dan bergabung bersama Tencent cabang Eropa.


Kalau kita membicarakan tentang seri Metal Gear Solid, pasti pikiran kita langsung tertuju pada sang director legendaris, Hideo Kojima. Memang benar Kojima adalah sosok yang sangat penting di balik dua judul game ini, tapi sebetulnya ada beberapa kreator lain yang punya andil besar. Salah satunya yaitu Kenichiro Imaizumi.

Imaizumi telah bekerja bersama Kojima selama lebih dari dua puluh tahun. Ketika masih di Konami, nama Imaizumi kerap muncul di beberapa judul Metal Gear Solid dengan jabatan sebagai produser. Ia sempat menangani Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots, Metal Gear Solid: Peace Walker, Metal Gear Solid V: Ground Zeroes serta The Phantom Pain, di samping judul-judul Konami lainnya.

Imaizumi (kiri) dalam kunjungan Conan O’Brien ke Kojima Productions | Sumber: VGC

Ketika Kojima berpisah dengan Konami dan mendirikan Kojima Productions pun, Imaizumi termasuk salah satu orang yang mendukung masa awal pendirian studio tersebut. Ia bisa disebut sebagai seorang founding member dari Kojima Productions, juga memegang posisi produser/corporate director untuk game pertama studio ini, Death Stranding.

Sayangnya, hanya satu bulan setelah Death Stranding dirilis di pasaran, Imaizumi tiba-tiba dikabarkan pergi meninggalkan Kojima Productions. Menurut laporan dari VGC, alasan kepergian ini adalah karena terjadi perselisihan antara Imaizumi dengan para director lain di Kojima Productions. Namun alasan ini tidak bisa kita nilai kebenarannya secara pasti karena tidak datang langsung dari Imaizumi.

Para founding member Kojima Productions | Sumber: NeoGAF

Kini VGC memberi update baru mengenai langkah Imaizumi berikutnya di industri game. Mereka mengabarkan bahwa Imaizumi telah bergabung dengan salah satu cabang Tencent, yaitu Tencent Europe yang bermarkas di Amsterdam, Belanda. Dibandingkan game, cabang Tencent ini lebih banyak bergerak di bidang investasi serta pengembangan aplikasi WeChat.

Baik Imaizumi maupun pihak Kojima Productions sama-sama belum memberi keterangan terkait kepindahan ini, dan memang selama ini developer asal Jepang cenderung enggan membicarakan soal relasinya dengan perusahaan mantan. Sementara itu Tencent beberapa waktu lalu telah merilis laporan keuangan yang menunjukkan performa kuat di bidang game mobile, fintech, dan advertising.

Sumber Gambar: Wikipedia


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.