Preview Sekiro: Shadow Die Twice – Diciptakan Bukan Buat Orang Lemah!


Gimbot akhirnya memberanikan diri untuk menjajal Sekiro: Shadow Die Twice. Berikut impresi kami di menit awal bermain Sekiro.

Preview Sekiro Shadow Die Twice - Featured2

Sekiro: Shadow Die Twice akhirnya dirilis ke pasaran pada 22 Maret 2019. Game besutan From Software ini langsung menjadi perbincangan ketika dirilis karena menyajikan tingkat kesulitan yang tidak manusiawi. Maklum, game besutan From Software memang terkenal karena tingkat kesulitannya yang gila. Sebut saja Bloodborne dan Dark Souls yang diakui sebagai salah satu game tersulit hingga saat ini.

Tak mau ketinggalan dengan yang lain, Gimbot akhirnya memberanikan diri untuk menjajal Sekiro: Shadow Die Twice. Gimana kira-kira pengalaman saya usai menjajalnya dan mengapa saya menyebutnya bukan untuk orang lemah, berikut paparannya.

Mati Adalah Sebuah Kewajiban

Preview Sekiro: Shadow Die Twice

Salah satu hal yang paling lumrah ketika memainkan Sekiro adalah kematian. Sang karakter utama, Wolf, memang dipersenjatai dengan beragam equipment, tapi meski begitu karakter ini sangat rentan.

Seakan menjadi keharusan, di menit-menit awal bermain, saya harus merasakan kematian berkali-kali. Di game ini serangan musuh memang mampu dibaca dengan mudah. Tapi meski begitu, sekali terkena damage, kalian bakal sekarat. Kejadian ini terjadi berulang-ulang di setiap langkah yang saya lalui.

Di beberapa momen saya sempat merasa frustrasi khususnya ketika bertempur dengan Mini Boss, namun saya kembali bangkit dan terus mencoba. Meski sulit, di sini From Software harus diakui berhasil. Ya, mereka berhasil mempertahankan reputasi mereka sebagai developer yang menciptakan game-game dengan tingkah kesulitan yang sinting.

Mekanik Gameplay yang Serba Cepat

Preview Sekiro: Shadow Die Twice

Meskipun tewas berkali-kali, Sekiro memiliki mekanik gameplay yang asyik. Kematian buat kami adalah hal yang wajar di sini dan karena mereka memililiki gameplay yang asyik, kami justru terus menerus ketagihan dan selalu penasaran untuk memainkannya.

Sekiro punya mekanik gameplay yang serba cepat mulai dari movement karakter, pertarungan, hingga scene instant kill. Semuanya digarap dengan cepat dan fluid.

Selain itu yang patut diperhatikan adalah fitur check point di mana saya bisa melakukan fast travel ke check point yang sudah kita temukan.

Di artikel terdahulu, saya sempat mengatakan bahwa stealth kill di Sekiro beragam dan hal tersebut terbukti benar. Berkali-kali kami melakukan stealth kill dari udara yang membuat pengalaman bermain sangat luar biasa.

Dari mekanisme gameplay, saya tak memiliki masalah sedikitpun. Justru dengan mekanik solid seperti ini jadi susah untuk bosan bermain Sekiro meski lawan yang dihadapi sangat sulit. Karena gameplay luar biasa ini juga saya terpacu untuk menyelesaikan game ini.

Punya Mekanik Khas RPG

Preview Sekiro Shadow Die Twice - Featured

Sekiro sudah diumumkan bahwa game ini bukanlah RPG. Tapi meski begitu, kalian bakal menemukan mekanisme RPG yang kental misalnya seperti upgrade senjata dan menerima misi seperti mengumpulkan barang contohnya.

Untuk informasi, sebelumnya Sekiro ini bukanlah game dengan genre RPG.

Saat ini saya hanya mengetahui sedikit mengenai mekanik yang ada di Sekiro. Mungkin jika sudah memainkannya hingga pertengahan game, kami bakal menemukan lebih banyak mekanisme menarik yang ada di game Sekiro.

Sejauh ini kami menganggap sistem upgrade dan percakapan yang ada di Sekiro benar-benar diimplementasikan cukup baik.

Parry Jadi Elemen yang Penting

Preview Sekiro Shadow Die Twice - Parry

Mekanisme gameplay yang wajib mendapatkan perhatian selanjutnya setelah kami menyicip Sekiro dalam waktu singkat adalah Parry menjadi salah satu elemen penting dalam pertarungan. Jika biasanya dodge menjadi hal paling menonjol, di Sekiro bisa dibilang dodge jadi pertahanan kedua untuk berlindung dari lawan setelah Parry.

Ketika menghadapi para samurai dan mini boss yang menggunakan senjata tajam, timing parry saya betul-betul diuji. Jika bisa melakukan timing parry dengan sempurna, kalian bisa melancarkan serangan balik.

BACA JUGA: Review Devil May Cry 5: Kegilaan Sampai Batas Maksimal!

Untungnya From Software membuat aksi Parry yang sangat epik sehingga kalian dijamin ketagihan untuk melakukannya terus menerus. Tapi ada juga beberapa musuh yang justru lebih mudah dikalahkan setelah melakukan dodge.

Voice Act yang Sempurna

Preview Sekiro: Shadow Die Twice

Salah satu yang harus dibahas dari kesan pertama saya setelah memainkan Sekiro adalah voice act Jepang yang menawan. Untuk mendapatkan pengalaman luar biasa, saya sengaja memasang voice act Bahasa Jepang dengan subtitle bahasa Inggris.

Dengan setelan ini harus diakui saya benar-benar merasakan seperti sedang menonton film aksi Jepang. Voice act bahasa Jepang ini benar-benar menggambarkan apa yang sedang terjadi di Sekiro. Selain itu voice act bahasa Jepang juga digarap dengan begitu luar biasa ketika narator menjelaskan cerita di awal-awal game Sekiro.

Sepanjang saya bermain, Sekiro benar-benar menyajikan voice act kelas atas yang bisa dinikmati dengan sempurna.


Selama saya mencicip game ini, saya tidak berhenti berdecak kagum. Game ini memiliki gameplay yang mengalir dengan cepat, solid, dan juga mengasyikan tentunya.

Meskipun sering dibunuh oleh musuh, elemen gameplay yang asyik tadi saya sebutkan berhasil membuat saya bangkit dan ketagihan untuk kembali bertarung di game ini.

Nantikan segera full review Sekiro: Shadow Die Twice di Gimbot.com ya!


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!