Terlepas dari Kontroversinya, Pokemon Sword and Shield Apakah Layak Beli Atau Tidak?

Game Pokemon akhirnya hadir di home console dan dengan berbagai ide baru. Tapi apakah game bernama Pokemon Sword And Shield Ini Layak Dibeli?


Setelah lebih dari 10 tahun hanya tersedia di perangkat handheld, game Pokemon untuk pertama kalinya hadir di home console. Sejak pertama kali diumumkan, Pokemon Sword And Shield di Nintendo Switch sudah dihujani dengan ekspektasi dan antisipasi. Tapi di saat yang sama game ini juga dihantam cukup banyak kontroversi terutama terkait dihapusnya banyak Pokemon serta kualitas visualnya yang cukup mengecewakan bahkan untuk ukuran Nintendo Switch.

Kontroversi tersebut tentu membuat beberapa orang ragu untuk membeli game ini hingga sekarang, dan kamu mungkin salah satu dari beberapa orang tersebut. Jadi jika kamu masih penasaran apakah Pokemon Sword And Shield layak dibeli dan sesuai dengan seleramu, simak pembahasan kami di bawah ini:

Formula Lama Dengan Sedikit Sentuhan Baru

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-awal-new

Pokemon Sword And Shield mengambil premis cerita yang sama dengan game sebelumnya. Kamu bermain sebagai seorang anak yang ingin menjadi Pokemon Champion alias trainer Pokemon terbaik. Dengan misi mengejar mimpi itu, kamu berpetualang, mengunjungi delapan kota untuk menantang Gym Leader yang ada di sana. Setelah itu kamu menantang empat trainer terbaik di wilayahmu dan kemudian merebut gelar menjadi “the very best like no one ever was”.

Formula tersebut hampir tidak pernah berubah sejak game Pokemon generasi pertama. Lalu seperti biasa, di tengah perjalanan kamu akan menemui beberapa rival serta sebuah kejadian yang mengancam keamanan dunia atau keselatan wilayahmu. Jadi dari segi premis cerita, Pokemon Sword And Shield tetap sama dengan game Pokemon yang sudah ada.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-gym-battle

Satu hal yang saya rasa berbeda dan menarik di Pokemon Sword And Shield adalah bagaimana petualangan menantang delapan Gym Leader ini jadi menarik. Perjalananmu adalah bagian dari sebuah festival musiman bernama Gym Challenge. Festival ini diperlakukan layaknya sebuah festival olahraga yang ditunggu semua orang. Tidak tanggung-tanggung, ketika menantang Gym Leader kamu juga bertarung di sebuah stadion, lengkap dengan seragam sepak bola.

Setup ini membuat membuat tiap Gym Battle menjadi sesuatu yang penting dan fokus utamamu dalam permainan. Ini tentu jauh berbeda dibanding dulu di mana perjalananmu sering diinterupsi karena kamu harus mencegah sebuah organisasi jahat berusaha merealisasikan rencana buruk mereka. Belum lagi karena keterbatasan visual tiap Gym juga biasanya hanya berubah sebuah gedung kosong.

Salah Satu Musik Terbaik

Dari segi presentasi, Pokemon Sword And Shield juga melakukan beberapa hal yang saya sukai. Pertama, desain karakter dalam game ini terlihat menarik, terutama para Gym Leader dan seragam khusus mereka. Selain itu kota-kota di game ini terlihat sangat indah dengan tema yang beragam, mulai dari metropolitan hingga tradisional. Satu yang jadi favorit adalah Ballonlea yang tersembunyi di sebuah hutan gelap tapi dilengkapi dengan jamur yang bersinar seperti lampu.

BACA JUGA: 6 Aktivitas Post-Game Yang Bisa Kamu Lakukan Di Pokemon Sword And Shield

Tapi jika kita membahas presentasi, satu yang tentu tidak boleh dilewatkan di Pokemon Sword And Shield adalah musiknya. Baik itu musik dalam kota, rute biasa, atau Wild Area (yang nanti akan kami bahas) sangat enak didengar dan sesuai dengan nuansa area tersebut. Namun musim yang paling keren tentu saja musik ketika bertarung, terutama saat menghadapi Gym Leader. Musik electro tempo cepat saat bertarung di sebuah Gym Battle terasa lebih hype.

Gunting-Batu-Kertas Rumit Yang Lebih Mudah Dipelajari

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-exp-share

Satu lagi yang tidak berubah di Pokemon Sword And Shield adalah apa yang kamu lakukan sepanjang permainan. Sepanjang perjalanan, kamu bisa menangkap Pokemon yang kamu temukan. Pokemon ini akan mendapatkan experience dan level tiap kali kamu memenangkan pertarungan.

Dalam hal menangkap dan membesarkan peliharanmu, Pokemon Sword And Shield punya beberapa peningkatan quality of life yang signifikan. Pertama, kali ini semua Pokemon kamu akan mendapatkan experience. Meskipun porsinya berbeda, ini paling tidak memudahkan kamu menaikkan level Pokemon yang mungkin sangat lemah di fase awal seperti membesarkan Magicarp agar bisa berubah jadi Gyarados.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-bertarung

Sementara untuk bertarung, kamu tetap harus memainkan sebuah jaringan gunting-batu-kertas yang cukup rumit. Tiap Pokemon dan gerakan punya tipe yang berbeda. Masing-masing tipe ini efektif menghadapi tipe tertentu tapi lemah menghadapi tipe lainnya.

Jika kamu pemain baru, mempelajari kekuatan dan kelemahan tipe ini mungkin akan jadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, hingga generasi ini kamu punya 18 tipe, masing-masing kekuatan dan kelemahannya tersendiri. Belum lagi tiap Pokemon mungkin punya dua tipe dan/atau gerakan yang mungkin berbeda dari tipe yang ia miliki.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-kelemahan

Untungunya, di Pokemon Sword And Shield kamu tidak harus menghafal kelemahan semua tipe setiap saat. Setelah menghadapi satu Pokemon dalam pertarungan, kamu akan mengetahui tipe serta kelemahan Pokemon tersebut. Ketika memilih akan memilih gerakan kamu juga melihat gerakan mana yang efektif menghadapi Pokemon tersebut. Bahkan ketika mengganti Pokemon kamu bisa melihat siapa di tim kamu yang punya gerakan efektif atas lawan.

Semua fitur tambahan ini akan memudahkan pemain baru untuk melewati cerita utama di Pokemon Sword And Shield. Tidak cuma itu, jika kamu berniat jadi pemain serius, kamu tentu tidak akan kesulitan mempelajari kekuatan dan kelemahan tiap Pokemon.

Kaya Fitur Untuk Para Pemain Hardcore

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-wild-area

Daya tarik utama di Pokemon Sword And Shield tentu saja Wild Area, sebuah tempat luas yang bisa kamu jelajahi dengan bebas. Area ini terbagi dalam sebuah area kecil, masing-masing dihuni oleh Pokemon yang berbeda. Tapi penghuni di area tersebut juga bisa berubah tergantung cuacanya yang juga terus berubah tiap beberapa jam.

Selain Pokemon liar yang jenisnya sangat banyak, Wild Area juga punya banyak lubang berisi Max Raid Battle. Dalam lubang ini, kamu bisa menemukan Pokemon Dynamax berukuran raksasa yang harus kamu kalahkan. Jangan khawatir, karena meskipun sulit dan punya mekanisme perisai yang sedikit menyusahkan, Max Raid Battle bisa kamu hadapi berempat dengan pemain lain atau NPC.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-imbalan-raid

Ketika berhasil mengalahkan Pokemon Dynamax di Max Raid Battle, kamu bisa menangkap Pokemon tersebut plus beberapa imbalan lain. Beberapa imbalan ini juga cukup berguna, terutama EXP Candy yang memberikan Pokemon kamu experience untuk mempercepat proses menaikkan level.

Jujur saja, Wild Area ini adalah salah satu alasan mengapa saya memakan waktu sangat lama sampai menamatkan Pokemon Sword And Shield. Mengikuti Max Raid Battle terasa sangat rewarding karena item yang kamu dapatkan sangat berharga. Belum lagi Pokemon yang kamu dapatkan juga sangat kuat.

Selain Wild Area, satu lagi fitur baru yang menarik adalah Battle Tower. Setelah menamatkan cerita utama Pokemon Sword And Shield, kamu bisa mengakses sebuah arena di mana kamu akan bertanding menghadapi NPC yang jauh lebih sulit dari biasanya.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-battle-tower

Dalam Battle Tower ini, semua Pokemon berada di level yang sama sehingga tidak ada cara mudah untuk menang melalui over level. Selain itu kamu juga tidak bisa menggunakan item maupun mengganti Pokemon setelah mengalahkan satu Pokemon lawan. Singkatnya, Battle Tower adalah sebuah pengantar untuk mode PvP untuk kamu yang belum percaya diri untuk terjun ke dunia kompetitif atau sekadar mencoba sebuah lineup baru.

Dua fitur di atas adalah daya tarik yang membuat Pokemon Sword And Shield tetap menarik dimainkan meskipun kamu sudah menamatkan cerita utamanya. Jika kamu adalah tipe pemain yang suka melakukan grinding atau ingin mulai terjun ke dunia kompetitif, saya jamin kamu bisa betah dengan game ini. Bahkan jika kamu bukan pemain hardcore, fitur-fitur baru di atas tetap menyenangkan untuk dinikmati.

Penuh Potensi, Tapi Tidak Disempurnakan

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-gym-leader

Sayangnya, meskipun punya banyak ide baru yang fresh, kebanyakan ide tersebut terlihat setengah jadi. Terlepas dari suka atau tidaknya kamu bermain game ini, sulit dipungkiri bahwa Pokemon Sword And Shield punya banyak potensi besar yang dilewatkan begitu saja dan berakhir sebagai game yang itu-itu saja dengan inovasi yang tanggung.

Pertama dari segi cerita, meskipun punya setup yang menarik dengan tema festival olahraga, cerita Pokemon Sword And Shield terasa sangat hambar. Tidak ada cut scene yang menarik, dialog yang penting, atau plot twist yang di luar dugaan. Kecuali cut scene di mana kamu bertemu dan berhadapan dengan rival, kamu bisa melewati cerita Pokemon Sword And Shield tanpa memperhatikan dialog dari para karakternya.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-nessa

Tentu saja, ini sangat disayangkan karena desain karakter seperti para Gym Leader di game ini sangat menarik. Bayangkan jika tiap Gym Leader ini memperlihatkan kepribadiannya lebih dalam lagi dalam sebuah percakapan yang bermakna atau punya character development yang signifikan berkat satu atau dua kejadian dalam cerita. Saya rasa itu akan membuat cerita di Pokemon Sword And Shield jadi lebih berkesan.

Kedua, cerita utama di game ini terasa sangat singkat dan ironisnya sangat mudah. Mekanisme di mana semua Pokemon kamu mendapatkan experience meskipun tidak ikut bertarung membuat tim kamu jadi terlalu kuat. Akibatnya Gym Leader yang harusnya memberikanmu tantangan jadi terasa sangat mudah.

Selain itu tidak seperti Battle Tower, tiap Gym ini hanya membawa Pokemon dengan tipe yang sama. Artinya jika kamu mengetahui kelemahan tipe tersebut, para Gym Leader ini jadi makin mudah dikalahkan. Tapi bahkan tanpa itu pun kamu tetap bisa mengalahkan mayoritas Gym Leader hanya karena kamu unggul jauh dalam level.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-beda-level

Satu-satunya cara untuk membuat petualangan utama di Pokemon Sword And Shield adalah kamu membuat tantanganmu sendiri. Misalnya dengan bermain mono-type alias membentuk tim yang berisi Pokemon dengan tipe yang sama, atau bermain nuzlocke di mana Pokemon kamu yang K.O. dianggap mati dan tidak bisa digunakan lagi.

Saya sendiri bermain dengan sebisa mungkin meminimalisir peroleh experience dengan hanya menghadapi Pokemon liar yang ingin ditangkap serta bertarung dengan trainer lain. Tapi dengan itu pun saya hanya sekali mendapatkan kesulitan di Gym terakhir, itu pun karena kesalahan tidak perlu yang saya lakukan.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-masuk-gym

Ditambah dengan rute perjalanan yang sangat singkat, petualangan utama di Pokemon Sword And Shield terasa sangat tidak berkesan. Sekali lagi, sangat disayangkan mengingat potensi yang jelas terlihat dan bisa diwujudkan.

Satu lagi yang juga tanggung di game ini adalah visual, terutama dalam hal animasi pertarungan. Memang, Galar Region adalah dunia yang indah. Tapi di luar itu Wild Area sendiri punya banyak objek yang terlihat murahan. Lalu yang saya rasa paling disayangkan adalah beberapa gerakan Pokemon punya animasi yang sepertinya malas. Ini kadang membuat beberapa pertarungan terasa sangat canggung karena meskipun menggunakan gerakan yang sangat kuat, Pokemon kamu mungkin melakukan gerakan yang aneh.

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-visual

Apakah dengan semua kekurangan di atas saya tidak menikmati Pokemon Sword And Shield? Tidak juga, karena saya tetap suka nuansa yang disajikan dalam Gym Battle dan/atau melihat desain karakter-karakter ini secara visual. Selain itu saya juga senang menghabiskan banyak waktu di Wild Area atau Battle Tower yang meskipun punya masalahnya sendiri, tapi tetap bisa diabaikan jika kamu bermain dengan teman atau anggota komunitas.

Itulah yang menurut saya jadi masalah Pokemon Sword And Shield. Hampir semua daya tariknya terletak pada Wild Area, konten post-game, atau PvP menghadapi orang lain. Semuanya adalah daya tarik untuk mereka yang mau menghabiskan waktu lama di game ini atau mereka yang ingin bermain kompetitif. Sementara cerita utamanya dipenuhi dengan ide-ide potensial yang sepertinya tanggung dan setengah-setengah dalam hal eksekusi.

Kesimpulan

pokemon-sword-and-shield-layak-beli-tidak-tamat

Pokemon Sword And Shield adalah game Pokemon pertama yang hadir di home console. Sebagai game mainline pertama di platform modern, Game Freak punya visi yang menarik dengan berbagai fitur dan ide-ide baru untuk dinikmati para penggemar Pokemon di seluruh dunia. Hanya saja visi tersebut tidak dibarengi dengan eksekusi yang matang, entah itu karena keterbatasan waktu atau kurangnya pengalaman dalam membuat game di home console.

Pada akhirnya, jika kamu adalah penggemar setia Pokemon, ingin mencoba bermain Pokemon secara kompetitif, atau suka melakukan grinding dengan berburu Shiny atau melengkapi PokeDex, Pokemon Sword And Shield mungkin adalah game yang tepat untukmu. Tapi jika kamu mencari game RPG dengan cerita yang berkesan atau petualangan yang menantang, saya rasa kamu harus mencari game lain dan menunggu sampai game ini mendapatkan diskon.


Kaoru