Spoiler Alert! Ini 5 Pilihan Moral Paling Intens di Video Game


Industri game dari tahun ke tahun selalu bergerak ke arah yang lebih baru. Bukan hanya dari segi visual, pergerakan ini juga merambah ke hal-hal lainnya seperti cerita, dialog, atau berbagai konten di dalam game itu sendiri. Yang sudah banyak diaplikasikan oleh banyak developer sejauh ini adalah beberapa pilihan moral di dalam sebuah cerita game. Ya,...

Moral Paling Intens di Video Game

Industri game dari tahun ke tahun selalu bergerak ke arah yang lebih baru. Bukan hanya dari segi visual, pergerakan ini juga merambah ke hal-hal lainnya seperti cerita, dialog, atau berbagai konten di dalam game itu sendiri.

Yang sudah banyak diaplikasikan oleh banyak developer sejauh ini adalah beberapa pilihan moral di dalam sebuah cerita game. Ya, pilihan moral ini bakal mengembangkan cerita dan biasanya, dalam pilihan tersebut tersedia konsekuensi yang berbeda.

Uniknya, pilihan moral ini terkadang berhubungan dengan nyawa karakter di dalam sebuah game. Kira-kira pilihan moral paling intens apa saja yang masuk ke dalam artikel ini? Mari kita ulas satu per satu!

Membunuh Lambert – Splinter Cell: Double Agent

Seperti judulnya, Splinter Cell: Double Agent bakal menjadikan kalian seorang agen ganda. Ya, kalian disuruh menyusup ke faksi teroris yang ditakuti sebagai seorang rekruter baru dan sebagai hasilnya, para anggota di sana selalu meminta kalian untuk melakukan hal yang gila agar kalian teruji sebagai agen yang loyal.

Pilihan penuh intensitas akhirnya datang ketika Lambert, seorang bos dinas rahasia di satuan kalian yang baik hati ditangkap, kalian diminta untuk membunuhnya. Hasilnya, jika kalian membunuh Lambert, posisi kalian di kelompok teroris itu semakin kuat atau kalian mengasihani Lambert serta bakal mengubah segalanya.

Sejak saat ini, jalan cerita di Splinter Cell: Double Agent yang kalian mainkan bakal berubah ke arah yang susah diprediksi.

Memotong Tangan Sendiri – The Walking Dead

The Walking Dead harus diakui merupakan sebuah game yang membuat gamer selalu merasa tidak aman. Pasalnya, banyak sekali pilihan-pilihan sulit dan memilukan yang harus kalian ambil di game ini. Di samping itu, pilihan yang diambil bakal berdampak pada jalan cerita di game nantinya.

Salah satu hal tentu saja saat Lee, salah satu karakter di game itu digigit oleh seorang zombie di akhir musim pertama. Pilihan yang diambil sudah jelas yakni memotong tangan demi menghentikan infeksi.

BACA JUGA: 5 PC Game Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan November 2019

Namun yang kemudian harus dipikirkan, apakah cukup hidup dan bertarung dengan zombie hanya menggunakan satu tangan saja? Apakah cukup satu tangan digunakan untuk menyelamatkan orang lain? Sejauh ini, pilihan memotong tangan sendiri menjadi salah satu pilihan paling intense di game.

Melempar Bayi ke Tungku – The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3: Wild Hunt adalah sebuah game fenomenal yang banyak dibicarakan gamer akibat banyak memberikan pilihan-pilihan di dalamnya. Setiap pilihan bakal mengubah arah jalan cerita yang berakhir dengan ending yang berbeda pula.

Salah satu pilihan paling intense yang terjadi adalah ketika kalian diminta untuk melemparkan seorang bayi ke dalam sebuah tungku. Saat itu kalian diminta untuk menyelamatkan seseorang dari sebuah entitas bernama Hym.

Kalian diberikan dua pilihan di tengah misi yakni melemparkan bayi ke tungku dan mempercayai teman kalian atau mengembalikan bayi itu kepada ayahnya yang menderita Hym. Tentu saja pilihan ini bakal berdampak pada akhir misi apakah bakal berakhir bahagia atau tragis.

Minum Racun – Heavy Rain

Minum Racun – Heavy Rain

Heavy Rain merupakan game buatan Quantic Dream yang bergenre thriller dan aksi. Ya, Quantic Dream membuat setiap langkah kalian di dalam game ini memiliki pilihan dan hampir semua pilihan di game ini cenderung intens. Salah satunya adalah ketika Ethan disuruh memilih antara meminum racun demi bisa menyelamatkan putranya atau tidak meminumnya demi menyelamatkan dirinya sendiri.

BACA JUGA: Terkenal dengan Ide Nyeleneh, Ini Profil Singkat Hideo Kojima

Jika gamer  emain memilih untuk minum racun, mereka akan diberikan informasi terakhir mengenai lokasi anak serta timer, menghitung mundur kapan racun Ethan akan bekerja. Namun, setelah 60 menit habis, terungkap bahwa racun itu tidak lain adalah tipu muslihat untuk menguji apakah pemain menghargai hidup orang lain daripada mereka sendiri.

Membunuh Penduduk atau Memperbaiki Vault – Fallout: New Vegas

pilihan moral

Fallout di masa lalu merupakan sebuah game yang terkadang memberikan di dalamnya. Salah satu game Fallout kesayangan gamer tentu saja Fallout: New Vegas. Nah, di game ini ada sebuah pilihan yang cukup gila di mana kalian harus memilih antara membiarkan penduduk tewas karena keracunan atau menyelamatkan hidup mereka dengan memperbaiki Vault yang berisikan reaktor nuklir.

Tapi sialnya, di akhir misi yang bernama Hard Luck Blues ini tidak diberitahu apakah tindakan kalian yang sudah dilakukan ini adalah tindakan baik atau tindakan buruk sehingga meninggalkan ketidakpastian.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.