[OPINI] Sederet Pengalaman Asyiknya Jadi Seorang PC Gamer


Bagi Gimbot, menjadi seorang PC gamer itu sangat asyik. Salah satunya adalah diskon yang besar ketika sedang ada event tertentu!

PC Gamer

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikan bagi sebagian orang. Untuk bermain game, seorang gamer biasanya memiliki alat khusus untuk memainkannya entah itu console maupun personal computer (PC). Pecahnya game ke dalam beberapa platform tentu saja menimbulkan perdebatan mengenai mesin mana yang paling layak dianggap sebagai mesin sejati untuk bermain game.

Para pengguna console mengklaim jika console adalah alat terbaik untuk bermain game. Banyaknya tersedia game eksklusif menjadi salah satu alasan kuat para pengguna console terkait alasan seseorang harus memiliki mesin yang satu ini untuk bermain game.

Tak hanya soal eksklusifitas, PC dianggap sebagai platform yang ribet dan dianggap tidak ada habisnya. Teman Gimbot mengatakan jika keinginan untuk melakukan upgrade PC tidak ada habisnya. Tak seperti console, yang sekali beli bisa bertahan sampai enam tahun.

BACA JUGA: Nostalgia Review Metro 2033 Redux: Tak Basi, Tetap Menawan!

Di sisi lain, bagi para pengguna PC menganggap jika bermain game di PC menawarkan pengalaman yang jauh lebih dahsyat dari console. Frame rate yang tinggi ditunjang dengan berbagai macam settingan serta resolusi untuk bermain membuat gamer PC kadang kala mengejek console user.

Bagi Gimbot pribadi, jelas bermain game di console atau PC itu sama saja yaitu sama-sama main game dan baik console maupun PC tidak bisa dibandingkan karena keduanya itu berbeda. Namun opini kali ini, Gimbot yang sudah cukup lama jadi PC gamer mau berbagi pengalaman mengenai asyiknya jadi seorang PC gamer.

Tapi sebelum mulai, pahami dulu, bahwa Gimbot tidak ingin mengaitkan atau membandingkan dengan console karena di sisi lain, Gimbot juga punya console serta sering memainkannya. Oke, lantas apa saja asyiknya jadi seorang PC gamer, berikut opini Gimbot!

Banyak Game Gratis

Banyak Game Gratis

Yang pertama, asyiknya menjadi seorang PC gamer adalah bahwa di PC, para publisher, developer, atau toko game digital sering menawarkan banyak game gratis. Saat ini yang konsisten melakukannya adalah Epic Games Store dengan kebijakan game gratis dua minggu sekali.

Tidak hanya game indie, yang digratiskan adalah game AAA yang dulunya merupakan game yang tren. Meski beberapa game sudah Gimbot miliki atau tamatkan, mengklaim game gratis ini tidak ada salahnya. Di Steam, yang merupakan toko game digital terbesar di planet bumi, mereka juga kerap menawarkan game gratis.

Khusus Steam, Valve selaku developer juga menawarkan game free to play mereka seperti DOTA 2 atau DOTA Underlords. Dengan banyaknya pilihan game gratis, seorang PC gamer bisa terus memainkan game original tanpa modal finansial sedikitpun. Enak? Jelas enak lah!

Multiplayer Tidak Perlu Bayar

Multiplayer Tidak Perlu Bayar

Hal yang paling Gimbot suka ketika menjadi PC gamer tentu saja gratisnya fitur multiplayer. Untuk multiplayer ini, kalian hanya perlu login saja dan kemudian bermain game multiplayer. Jika game tersebut free to play seperti Fortnite, Apex Legends, DOTA 2, kalian sudah jelas hanya perlu login lalu melakukan matchmaking.

Sejak lama, multiplayer memang sudah menjadi kekuatan PC yang patut diperhitungkan. Kemampuan bermain multiplayer secara cuma-cuma ini tentu saja menjadi salah satu pengalaman manis selama Gimbot memainkan game PC.

Mod dan Tweak Performance Secara Bebas

Mod dan Tweak Performance Secara Bebas

PC harus diakui merupakan platform yang hamper “tanpa batas”. Kalian yang sudah bosan dengan suasana di dalam game bisa melakukan mod dengan bebas. Biasanya para modder di internet sudah menyediakan file jadi dan kalian hanya perlu mengaplikasikannya pada game kalian dengan langkah yang juga sudah disediakan oleh si modder tadi.

Grand Theft Auto V sejauh ini menjadi salah satu game yang cukup menarik dan bebas untuk diaplikasikan mod mulai dari mod map, karakter, bahkan hingga mod yang berada di luar nalar kita sebagai gamer.

BACA JUGA: Game Bertema Perang Terbaik di PC

Bahkan game-game sekelas Sekiro: Shadow Die Twice atau Resident Evil 2: Remake juga dibuatkan mod-nya yang membuat pengalaman bermain game jauh lebih menarik. Selain mod, dengan PC, kalian juga bisa melakukan tweak performance.

Tweak performance ini berguna supaya PC kalian bekerja lebih cepat dibandingkan versi standarnya atau kita bisa sebut sebagai istilah overclocking. Melakukan tweak performance bisa berpengaruh cukup signifikan pada frame rate yang kalian dapatkan ketika bermain game.

Diskon Gila, Segila-gilanya

Diskon Gila, Segila-gilanya

Salah satu hal menarik ketika menjadi PC gamer tentu saja karena ketika masa diskon, diskon yang dihadirkan akan cukup besar. Ya, bahkan hingga mencapai 80%an. Bayangkan saja, Gimbot membeli game Metro Redux yang berisi Metro 2033 Redux plus Metro: Last Light Redux hanya mengeluarkan uang sekitar Rp35 ribuan saja.

Bahkan untuk game AAA seperti Far Cry 5, gamer bisa mendapatkan game ini hanya sekitar Rp270 ribuan, padahal dulu, game ini baru berusia sekitar 5 bulanan. Diskon yang besar seperti ini bisa didapatkan secara konsisten di setiap ada diskon besar.

Platform yang paling menarik untuk mendapatkan diskon sebesar ini sejauh pengetahuan Gimbot adalah Steam. Ditambah konversi yang dimiliki Steam sudah berupa mata uang Rupiah.

Banyak Pilihan Layanan-layanan Game Pass

Banyak Pilihan Layanan-layanan Game Pass

Origins Access, Xbox Game Pass, dan Uplay Plus merupakan layanan-layanan penyewaan game yang bisa kalian miliki di PC. Jika berlangganan langganan-langganan tersebut, kalian hanya perlu membayar sejumlah uang dan setelahnya, kalian bebas mengakses semua game yang ada di library para publisher tersebut.

Harga yang ditawarkan juga bisa dibilang tergolong murah. Xbox Game Pass PC, pada masa percobaannya memberikan gamer langganan harga US$1 untuk satu bulan. Setelahnya, mereka bisa mendapatkan promo berlangganan US$4,99 di bulan-bulan selanjutnya. Padahal, harga langganan ini jika sudah tidak promo adalah US$9,99 per bulannya.

BACA JUGA: Pendiri Salah Satu Franchise Terbaik, Ini Profil Singkat 4A Games

Contoh lainnya adalah Origins Access yang memberikan gamer harga langganan yang cukup murah yaitu US$6,45 per bulan dan US$34,90 per tahun. Dengan berlangganan itu kalian bakal mendapatkan 229 game EA baik yang lawas maupun paling baru. Kerennya, kalian bisa mendapatkan 10-jam trial untuk game-game baru yang bakal meluncur.

Dengan begini, gamer yang fokus bermain game single player jatuhnya akan mengeluarkan uang lebih hemat dibandingkan membeli game satu per satu. Dahsyat bukan? Fitur ini cocok untuk kere-hore!

Loading Screen Secepat Kilat!!

Loading Screen Secepat Kilat

Salah satu hal yang simpel namun memberikan dampak yang cukup menarik adalah cepatnya loading di PC. Kunci untuk cepat dalam hal loading ini adalah pengaplikasian SSD baik itu SSD SATA maupun SSD M.2 Nvme.

Memang pengalaman ini tak begitu signifikan, tapi sekali mencoba, gamer mungkin akan ketagihan dengan sistem loading cepat ini. Gimbot pribadi hanya perlu menunggu kurang dari lima detik untuk menunggu loading game Metro 2033 Redux.

Bisa Dapat Game Gratisan saat Beli Hardware

Bisa Dapat Game Gratisan saat Beli Hardware

Semakin fokusnya dan dekatnya PC dengan industry game membuat keuntungan bagi gamer, salah satunya adalah pembelian hardware yang dibundling dengan sebuah game. Tak tanggung, tanggung, terkadang ada sampai tiga pilihan game atau satu game namun yang paling baru.

Nvidia baru-baru ini melakukan bundling pembelian VGA seri RTX dengan Call of Duty Modern Warfare. Lantas beberapa hari lalu, AMD melakukan bundling hardware-nya dengan tiga game yakni Ghost Recon: Breakpoint, Borderlands 3, Gears 5, dan Xbox Game Pass selama tiga bulan.

Promo-promo seperti ini cocok bagi gamer yang sedang ingin melakukan upgrade PC namun sedang dalam keadaan berhemat. Biasanya promo modelan seperti ini terjadi dalam durasi waktu yang cukup lama.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.