5 Pelajaran Hidup yang Diajarkan Oleh Sebuah Game RPG


RPG sadar atau tidak sadar menyajikan sejumlah pelajaran hidup yang bisa kita terapkan di dunia nyata untuk jadi pribadi yang lebih baik.

Pelajaran Hidup dari Game RPG

RPG atau role playing games merupakan salah satu dari genre di game yang cukup digemari oleh banyak orang. Di RPG gamer sesuai namanya, akan bermain peran menjadi karakter yang sudah ada atau membuat karakter sendiri. Biasanya, RPG memiliki aspek yang cukup mendetail mulai dari kustomisasi karakter hingga jalan cerita yang dihadirkan.

BACA JUGA: Mengapa Mini-Game Memancing Selalu Jadi Fitur Menarik dalam Sebuah RPG

Sudah hadir di industri game dalam waktu yang cukup lama, RPG harus diakui menjadi primadona untuk para gamer bahkan hingga hari ini. Bicara mengenai RPG, jika kita mau meniliknya lebih jauh, ada pelajaran yang mampu untuk kalian petik.

Hal tersebut berhubungan dengan kehidupan di mana RPG nyatanya mampu membuat kita lebih mandiri dan siap dalam menerima tantangan. Gimbot sudah merangkum lima pelajaran hidup yang ternyata diajarkan oleh sebuah game RPG. Berikut ulasannya.

Disiplin Meraih Sesuatu

RPG

RPG mengajarkan kita sebagai manusia untuk terbiasa disiplin dalam meraih sesuatu. Di RPG, kita harus mempersiapkan segalanya dengan matang terutama untuk menghadapi pertarungan boss yang bisa akan sangat menyulitkan. Membawa medkit, senjata terbaik, dan langkah setiap turn wajib hukumnya, terutama untuk RPG zaman dulu yang memiliki gameplay turn-based.

Untuk RPG di era modern seperti sekarang yang lebih terbuka dan memiliki unsur action, kita juga dituntut untuk disiplin dalam menentukan langkah setiap serangan musuh. Di dunia nyata, kedisiplinan adalah sesuatu hal yang wajib.

Sama seperti RPG, gamer harus mempersiapkan diri dengan matang demi menghadapi sebuah tantangan misalnya saja ketika ujian berlangsung untuk mendapatkan hasil maksimal. Mereka bisa mempersiapkan diri dengan belajar misalnya. Tak cuma ujian, gamer juga harus siap serta disiplin untuk menyambut tantangan yang lainnya di dalam kehidupan.

Jangan Puas dengan Satu Hal

RPG

Salah satu hal yang diajarkan RPG kepada kita selanjutnya adalah jangan pernah puas dengan satu hal. RPG menawarkan banyak sekali jumlah item dan senjata yang cukup beragam. Kita bisa mendapatkan dari yang paling jelek hingga yang paling bagus. Biasanya, ketika sudah menemukan senjata yang cukup bagus, gamer bakal puas. Namun tentu kalian tak boleh puas begitu saja.

Jika bermain RPG offline, mungkin hal ini bisa dimaklumi. Tapi bagaimana dengan MMORPG? Kalian sejatinya tak bisa berpuas diri.

Hal inilah yang harus dimiliki seorang gamer di dunia nyata di mana setelah mendapatkan apa yang mereka mau atau berhasil mendapatkan achievement yang mereka targetkan, mereka harus menentukan target baru untuk didapatkan. Terlena dengan pencapaian atau berhenti ketika mendapatkan achievement adalah sesuatu yang sejatinya tak boleh dilakukan khususnya bagi kalian yang ingin menjadi manusia lebih baik di bidang-bidang yang kalian minati.

Belajar untuk Menerima Hasil Buruk

jangan menyerah

Belajar menerima hasil buruk adalah pelajaran selanjutnya yang bisa dipetik ketika bermain RPG. Ya, ini berlaku untuk RPG zaman dulu yang susahnya minta ampun. Bagaimana dengan RPG zaman sekarang? Gimbot pribadi tak melihat kesulitan yang sama dengan zaman dulu.

Di zaman dulu, setiap ingin menghadapi boss atau secret boss atau ingin mendapatkan item legendaris, gamer dipaksa untuk mempersiapkan diri dengan sangat matang. Hal inilah yang kemudian menjadi sulit di mana terkadang persiapan yang sudah kita bangun untuk menyelesaikan tantangan justru gagal ketika dieksekusi. Hasilnya, gamer harus mengulangnya lagi demi mendapatkan kemenangan.

BACA JUGA: Sundered! Metroidvania Cantik ini Gratis di Epic Games Store

Bagi gamer yang sudah biasa dengan RPG zaman dulu, mungkin ini merupakan hal yang biasa di mana mereka memang benar-benar mengulang menghadapi tantangan itu. Bahkan tak jarang ada yang berkali-kali gagal.

Hal ini mengajarkan jika sejatinya, seorang manusia di dalam kehidupan harus menerima risiko yang terpahit yaitu kegagalan meski mereka telah mempersiapkan segalanya dengan matang. Yang jadi hal terpenting adalah apakah mereka siap mengulang untuk bangkit sampai berhasil atau justru malah menyerah begitu saja.

Beristirahat Demi Berpikir Jernih

Beristirahat

Kesusahan-kesusahan yang ada di RPG tak cuma membuat gamer siap untuk kemungkinan terburuk yaitu kegagalan namun juga membuat gamer harus beristirahat demi mampu berpikir jernih. Susahnya menghadapi boss atau mendapatkan item legendaris terkadang membuat kita frustrasi. Di titik itulah gamer harus mematikan console mereka untuk kemudian melupakannya sejenak.

Setelah pikiran fresh, mereka bisa memulai untuk memikirkan langkah konkret dan berbeda untuk bisa menyelesaikan tantangan tersebut. Begitupun dengan dunia nyata di mana gamer memiliki tugas atau pekerjaan yang tak pernah berakhir plus susah untuk dikerjakan. Tak ada salahnya mereka di satu titik berhenti sejenak, rehat, agar mendapatkan pemikiran-pemikiran positif.

Cuti tentu menjadi solusi untuk bisa memulai kembali semuanya dengan pikiran yang positif serta segar. Karena jika dipaksa pun, gamer akan menjalani semuanya dengan tekanan yang membuat segalanya menjadi lebih sulit.

Jangan Terburu-buru Mengambil Tindakan

Slowly

Hal terakhir yang diajarkan RPG pada gamer adalah jangan pernah terburu-buru dalam mengambil tindakan. Ya, RPG membuat kalian harus sabar dalam menentukan segala aspek yang ada. Misalnya, gamer ingin agar mendapatkan happy ending di game yang mereka mainkan. Syaratnya adalah memikirkan dengan matang tanpa terburu-buru di pemilihan dalam dialog.

Selain itu misalnya saja, gamer sedang menghadapi musuh kuat, solusinya tentu saja memikirkan setiap langkah dengan matang tanpa terburu-buru. Hal-hal seperti ini juga sejatinya bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari di mana biasanya gamer diberikan pilihan yang cukup sulit.

Untuk menentukan pilihan itu, kita harus menimbang-nimbang atau mengkalkulasi apa saja faktor yang mengharuskan kita mengambil pilihan tersebut. Karena terburu-buru sendiri adalah hal yang tidak baik serta terkadang bakal menjerumuskan kita ke dalam hal yang tak pernah kita duga sebelumnya.                                                                   


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.