PC Mati dan Tidak Mau Menyala? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya!


pc mati
Sumber: TheKoalition

Pertama kali rakit PC adalah pengalaman menegangkan! Terkadang ada saja hal-hal yang konyol tapi setelah itu hal tersebut bisa menjadi pelajaran setelahnya.

Salah satu contoh pengalaman tersebut seperti PC mati tidak mau menyala, PC menyala tapi ada error dan lain sebagainya.

Nah mengantisipasi hal tersebut, kita akan membahas mengenai apa sih penyebab PC mati dan tidak mau menyala ketika pertama kali rakit PC? Ada berbagai penyebab dan yang akan kita bahas adalah penyebab umum yang sering terjadi.

Kira-kira apa saja ya penyebab umum yang menjadikan PC mati dan tidak mau menyala? Yuk cekidot!

1. Salah Pasang Kabel Panel Motherboard

pc mati

Kabel panel antara motherboard dan PSU (Power Supply Unit) adalah bagian yang sangat penting. Selain penting, untuk para pemula beberapa slot kabel PSU terkesan rumit.

PSU yang baik biasanya memiliki tanda di setiap kabel panel apa saja fungsi dari kabel-kabel tersebut. Selain itu, para pemula juga bisa membaca buku petunjuk dalam memasang motherboard yang biasanya sudah tersedia dengan penjualan motherboard.

Salah memasang kabel ke dalam slot tersebut akan menjadikan motherboard tidak hidup. Parahnya lagi, jika pemasangan kabel tersebut menyebabkan korsleting dan akan merusak motherboard.

Oleh karena itu, membaca buku petunjuk adalah hal yang paling penting dalam memasang motherboard.

2. RAM Tidak Tertancap Kuat

pc mati

Ini adalah kesalahan yang sering terjadi. PC tidak mau menyala atau setidaknya menyala tapi tidak mau boot ke sistem operasi. Memori RAM yang tidak tertancap dengan baik, akan menyebabkan error ketika PC akan booting.

Bahkan separah-parahnya, memori RAM yang tidak tertancap kuat bisa menyebabkan arus listrik pendek atau korsleting dan menyebabkan PC tidak mau menyala. Oleh karena itu pastikan RAM tertancap dengan kuat.

3. Kabel PSU Salah di Motherboard

pc mati
Sumber: Emo Images

Pemasangan kabel PSU yang salah, juga sering menjadi penyebab mengapa PC mati dan tidak mau menyala. Biasanya hal ini terjadi ketika ada kesalahan pemasangan tipe kabel PSU.

Biasanya orang lupa untuk menancapkan kabel dengan pin 24-ATX ke motherboard. Selalu cek apakah kabel tersebut tertancap dengan baik dan benar. Terkadang ada juga motherboard yang menggunakan kabel dengan pin 20-ATX.

Jika ternyata kabel tidak cocok, kamu bisa menggunakan converter yang biasa dijual di berbagai toko aksesoris komputer. Atau mungkin ganti dengan PSU baru yang cocok.

4. Lupa Memasang Pengganjal Motherboard

pc mati
Sumber: Wikipedia

Nah ini paling sering dilakukan oleh para pemula. Motherboard untuk dipasang di casing PC, membutuhkan sebuah mur yang memiliki lubang atau biasa disebut dengan pengganjal motherboard.

Mur ini dipasang di bagian casing yang biasa dipasang motherboard. Setelah dipasang mur tersebut, barulah kamu memasang motherboard ke casing PC.

Apa penyebab yang membuat PC tidak mau menyala? Hal ini dikarenakan adanya arus pendek antara sirkuit di motherboard terhadap casing PC yang biasa terbuat dari material yang bersifat konduktor.

Oleh karena itu, posisi pengganjal motherboard ini sangatlah penting.

5. Prosesor “Kebakaran”

Prosesor yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebab umum mengapa PC tidak mau menyala. Mungkin kamu lupa untuk memberikan thermal paste pada prosesor sebelum dipasang kipas.

Keadaan suhu prosesor memang harus dijaga kestabilannya jangan sampai terjadi perubahan ke panas dan dingin yang begitu cepat. Hal tersebut akan mempengaruhi performa dan keawetan dari prosesor.


Nah itu dia berbagai penyebab umum mengapa PC tidak mau menyala. Kira-kira kamu pernah mengalami yang mana nih? Yuk kita coba share!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz