Papers, Please akan Hadir di Smartphone Tanggal 5 Agustus 2022


Saatnya untuk sekali lagi stress memeriksa berkas-berkas dari imigran, tapi kali ini dalam layar yang lebih kecil.

papers-please-rilis-mobile

Sudah sembilan tahun sejak Papers, Please pertama kali rilis di PC. Tapi meskipun sederhana dari segi presentasi, game ini belum pernah hadir di platform lain selain PS Vita. Nah, kabar baiknya, Lucas Pope akhirnya akan merilis salah satu game buatannya ini di mobile tanggal 5 Agustus nanti.

Dibuat seorang diri oleh developer asal Amerika bernama Lucas Pope, Papers, Please adalah game simulasi inspeksi imigrasi. Bertugas sebagai inspektur imigrasi, kamu harus memeriksa berkas imigran yang ingin masuk ke negaramu. Imigran yang berkasnya lengkap dan benar akan diterima masuk, sementara yang tidak lengkap atau datanya tidak sesuai akan ditolak atau bahkan ditangkap. Kamu digaji berdasarkan jumlah orang yang kamu proses dengan benar, dan akan mendapatkan denda jika melakukan terlalu banyak kesalahan.

Sekilas, game ini terlihat dan terasa terlalu sederhana dan bahkan membosankan. Tapi seiring waktu game ini akan memberikanmu tantangan lebih. Berkas yang kamu periksa semakin banyak, dan hal kecil seperti berat badan pun harus kamu perhatikan. Setiap kesalahan juga terasa berat karena gajimu sangat kecil dan satu kesalahan bisa membuat keluargamu kelaparan dan/atau sakit.

Tapi tantangan dari Papers, Please tidak berhenti di situ saja. Suatu waktu kamu akan menemui imigran yang unik, mulai dari wanita yang tidak punya berkas lengkap tapi tidak punya siapa-siapa selain kekasihnya yang ada di negaramu, orang tua yang lucu dan baik tapi menyelundupkan narkoba, hingga mata-mata tentara revolusi yang ingin memulai utopia di negaramu. Semuanya menantangmu untuk memilih apakah kamu mau taat peraturan demi negara dan keluargamu, atau melanggar peraturan demi membantu orang lain. Singkatnya, Papers, Please menantang moralitasmu dalam banyak situasi, dan semuanya terjadi lewat stempel di atas paspor.

Semua konten di Papers, Please versi mobile tidak akan mendapatkan perubahan sama sekali. Artinya cerita dan interaksi menarik yang hadir di game ini di versi PC akan tetap ada di versi mobile. Hanya saja untuk menyesuaikan layar dan penggunaan smartphone, ada beberapa perubahan yang akan kamu dapatkan dari segi gameplay.

Pertama, kecepatan jalannya waktu dalam permainan disesuaikan dengan pemain smartphone pada umumnya. Selain itu upgrade booth kerjamu juga dikurangi jadi hanya satu. Jika kamu melihat gambar di tas, tentu saja posisi tiap panel dalam permainan juga akan berbeda.

Papers, Please akan hadir di semua platform mobile termasuk tablet. Namun satu hal yang belum dipastikan adalah harganya di Play Store atau Apple Store nanti.


Kaoru

Hmmm...